Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bearbrick, Action Figure Sederhana dengan Harga Fantastis

Action figure unik itu rupanya memiliki nama, yaitu Bearbrick.

Menariknya, action figure yang pertama kali dibuat sekitar 21 tahun lalu ini rupanya bukan action figure biasa.

Sebab, Bearbrick merupakan ikon besar, baik di dunia seni maupun fesyen, dengan memadukan kesederhanaan mainan plastik dengan kesan estetika seni modern dan mode mewah yang dinamis.

Bahkan, figurine ini kerap diincar oleh berbagai rumah mode dan desainer besar dunia untuk berkolaborasi.

Tak hanya itu, Bearbrick juga merupakan ikon yang sangat disukai para kolektor, meski harganya tak bisa dibilang murah.

Lihat saja, beberapa desainnya terjual dengan harga puluhan ribu dollar AS di situs pelelangan.

Bearbrick juga hadir dalam berbagai ukuran. Ukuran normal atau lebih dikenal dengan 100 persen, memiliki tinggi 70mm.

Sementara Bearbrick yang berukuran 35mm atau 50 persen biasa dijual sebagai gantungan kunci.

Jika ingin yang lebih besar, Bearbrick memiliki ukuran 280 mm (400 persen), 700 mm (1000 persen).

Nah, dua ukuran terbesar ini yang biasanya jadi barang incaran para kolektor.

Akashi awalnya membuat Bearbrick untuk 2001 World Character Convention di Tokyo.

Setelah event itu, penyelenggara acara memintanya untuk membuat ratusan mainan sebagai souvenir bagi para pengunjung dalam waktu singkat.

Mengingat tahun 2000 merupakan hari ulang tahun teddy bear yang ke-100, Akashi pun mendapat ide untuk menempelkan kepala beruang di badan Kubrick.

Akhirnya, Medicom Toy pun resmi meluncurkan Bearbrick pada 27 Mei 2001.

Dalam sebuah wawancara bersama Otaku Mode pada tahun 2017, Akashi mengaku tidak melakukan riset pasar untuk kreasinya itu.

Dia juga mengatakan, Bearbrick tidak akan lahir jika ia melakukan riset pasar semacam itu.

Kolaborasi Bearbrick

Seperti sudah disebutkan di atas, Bearbrick berkolaborasi dengan berbagai brand. Misalnya saja, dengan toko musik asal Tokyo, HMV, saat pertama kali diluncurkan.

Setelah itu, Bearbrick mulai memproduksi mainan edisi khusus pada musim-musim tertentu dan berkolaborasi dengan berbagai kartun dan karakter komik, mulai dari Winnie the Pooh hingga Avengers milik Marvel.

Di bidang fesyen dan musik, Bearbrick juga sempat berkolaborasi dengan Chanel, Nike, X-Large, Hermès, Comme Des Garçons, Bape, CLOT, Levis, Stüssy dan Undercover.

Desainer seperti Yue Minjun, Takashi Murakami, KAWS dan Hebru Brantley serta grup musik seperti Daft Punk dan Sandaime J Soul Brothers, juga memiliki Bearbrick edisi spesialnya masing-masing.

Berabrick memang hadir “polos,” membuatnya bisa dimodifikasi sesuka hati, layaknya sebuah karakter dalam video game yang bisa diubah semaunya.

Namun, Bearbrick hasil kolaborasi dengan merek tertentu memiliki desain masing-masing, berbeda dengan Bearbrick edisi standar.

Biasanya, Bearbrick edisi standar memiliki bentuk yang dibuat mirip dengan karakter dalam genre science ficton atau horror, pahlawan, bintang, pola umum, bendera, atau hanya terlihat imut saja.

Sementara itu, seri “secret” alias “rahasia” biasanya memiliki tema yang langka dan hanya digunakan untuk promosi tanpa dijual, membuatnya makin langka.

Perbedaan itulah yang membuat setiap edisi Bearbrick memiliki ciri khas masing-masing, membuat Bearbrick menjadi semacam barang berharga yang diinginkan banyak orang, namun sulit dimiliki.

Harganya sekitar 126.000 poundsterling atau sekitar Rp 2,4 miliar saat terjual di pelelangan.

Lalu, ada Bearbricks yang bisa dibilang merupakan Bearbrick paling mudah dikenali, yaitu edisi 'Chomper' berbentuk beruang biru KAWS, dan memiliki tanda “X” yang khas di matanya.

Lalu, butik Paris Colette juga menciptakan Bearbrick khusus untuk merayakan hari jadinya yang ke-10 pada tahun 2007 silam.

Kreasi ini berupa beruang putih sederhana, dan menampilkan tanda tangan 12 seniman jalanan, termasuk Michael Lau dan KAWS.

Colette juga terlibat dalam pembuatan Bearbrick edisi spesial yang dikenal sebagai My First Bearbrick B@BY.

Dirancang oleh aktris Jepang Chiaki Kuriyama, Bearbrick ini memiliki perut transparan yang diisi dengan manik-manik berwarna.

Saat diguncang, Bearbrick ini membuat suara berderak yang sangat disukai bayi.

Untuk Bearbrick terlangka, ada Bearbrick yang dirancang oleh Karl Lagerfeld pada 2007. Bearbrick ini hanya dibuat sebanyak 1.000 buah saja dan dipajang di butik rumah mode itu.

Bearbrick terkenal lainnya adalah Bearbrick yang “didandani” dalam dress khas Coco Chanel, berupa sebuah setelan tweed yang dilengkapi dengan berlian.

Bearbrick ini diluncurkan untuk disumbangkan bagi Hong Kong Blood Cancer Foundation dalam acara bernama “Love is Big, Love is Bearbrick.”

Salah satu dari koleksi ini berhasil terjual dengan harga 30.000 dollar AS atau sekitar Rp 423 juta di situs lelang Christie pada November 2019 silam.

Dan yang terbaru, ada Readymade x Mickey Mouse 1000 persen Bearbrick, yang tentu saja menampilkan Mickey Mouse.

Fitur unik dari seri ini adalah figurine yang bisa didandani untuk mengenakan setelan Ghillie, seragam militer yang mencerminkan pakaian surplus militer daur ulang dari Readymade.

Lalu, ada juga Bearbrick kayu spesial yang dibuat untuk kolaborasinya bersama produsen furniture ikonik Jepang, Karimoku.

Meski Karimoku sempat meluncurkan Bearbrick bersama Medicom, ini pertama kalinya mereka merilis sebuah Bearbrick dengan ukuran 1000 persen.

Tips mengoleksi Bearbrick

Pertama-tama, tetaplah bersiaga saat ada pelelangan. Sebab, Bearbrick paling langka biasanya akan muncul di pelelangan itu. Namun, kamu juga bisa membeli seri regular-nya dari situs resmi Bearbrick.

Lalu, Bearbrick diluncurkan berdasarkan “series” dan “type”, di mana setiap series memiliki empat type. Kini, Series 42 merupakan yang terbaru.

Situs resmi Bearbrick juga membuat kita dapat memilh Bearbrick berdasarkan tahun dan ukurannya.

Kita bisa memilih Bearbrick yang diinginkan mulai dari tahun 2001 dari menu drop down pada situsnya.

Di tahun 2021, ada beberapa Bearbrick edisi spesial yang dirilis. Ada Anne Valérie Dupond Bearbrick yang bertema tekstil, atau pun Bearbrick tembus pandang Jimmy Choo yang dilengkapi dengan bohlam di dalamnya.

Ada juga Bearbrick yang didedikasikan untuk Lightning McQueen, karakter utama dari film animasi Cars.

Namun hati-hati, saat mulai mengoleksi, biasanya akan sulit berhenti. Apalagi, nampaknya Medicom akan terus merilis Bearbrick langka lainnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/18/162511120/bearbrick-action-figure-sederhana-dengan-harga-fantastis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke