Salin Artikel

Surat Tulisan Tangan Steve Jobs saat 19 Tahun Dijual Rp 4,2 Miliar

Surat tersebut diperkirakan bakal terjual hingga harga 300 ribu dollar AS atau sekitar Rp 4,2 miliar.

Surat satu halaman yang digambarkan sebagai ungkapan sisi spiritual Steve Jobs itu ditulis pada 23 Februari 1974, dan dikirim untuk sahabat masa kecilnya, Tim Brown.

Menurut rumah lelang tersebut, Jobs telah putus kuliah pada saat itu dan tinggal di sebuah kabin di pegunungan Santa Cruz setelah bekerja di sebuah kebun apel.

"Jobs terkenal karena pengejarannya yang tiada henti terhadap inovasi dan kesempurnaan ketika masih berusia remaja, yang sedang mencari makna hidup," kata pihak Bonhams.

Dalam surat tersebut, salah satu pendiri Apple tersebut membahas Buddhisme Zen dan keinginannya melakukan perjalanan ke India demi sebuah festival besar Hindu bernama Kumba Mela.

"Aku -entah bagaimana, di balik itu semua tidak berubah, kau mengerti?" begitu salah satu penggalan kalimat dalam surat itu.

"Aku akan mengakhirinya, tapi tidak tahu harus mulai dari mana," kata dia, sebelum menandatanganinya dengan salam Shanti, dan bubuhan nama Steve Jobs.

Surat itu adalah bagian dari penjualan Sejarah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bonhams pada 3 November mendatang di Los Angeles, Amerika Serikat.

Lelang tersebut bakal mencakup prototipe Apple Macintosh, prototipe iPad generasi pertama, serta barang-barang terkait teknologi lainnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/25/171802620/surat-tulisan-tangan-steve-jobs-saat-19-tahun-dijual-rp-42-miliar

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.