Salin Artikel

6 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan dan Dapat Dicoba

KOMPAS.com - Manfaat kunyit untuk kecantikan bisa diperoleh baik dengan cara dikonsumsi maupun dioleskan secara topikal.

Beberapa manfaat kunyit untuk kencantikan termasuk membantu kulit tampak lebih berkilau, menyamarkan bekas luka, melawan kerusakan kulit dan tanda penuaan karena sinar matahari, dan lainnya.

Menurut Healthline, manfaat kunyit dalam hal kesehatan, termasuk kecantikan, kemungkinan karena kandungan komponen bioaktif kurkumin yang terkandung di dalamnya. Kurkumin memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Sejumlah penelitian modern masih terus mempelajari dampak positif kunyit. Tapi, sebagian masyarakat sudah meyakini manfaat kunyit terhadap kecantikan sejak dulu.

Jika kita memiliki masalah kulit, tak ada salahnya jika mencoba perawatan menggunakan kunyit.

Manfaat kunyit untuk kecantikan

Berikut sejumlah manfaat kunyit untuk kecantikan yang sayang jika dilewatkan:

Kunyit diyakini dapat kembali menyegarkan kulit dengan mengeluarkan cahaya alaminya.

Untuk mendapatkan manfaat kunyit untuk kecantikan yang satu ini, kita bisa mencoba masker wajah kunyit.

Caranya, campurkan sedikit Greek yogurt, madu, dan kunyit bersama-sama, kemudian oleskan ke seluruh wajah. Diamkan masker selama 15 menit sebelum dibilas.

Studi menemukan bahwa manfaat kunyit untuk kecantikan juga termasuk memengaruhi jaringan dan kolagen secara positif juga.

Jurnal Life Sciences merekomendasikan pengaplikasian kurkumin sebagai formula yang dioptimalkan sehingga memberi hasil terbaik pada luka kulit.

Menurut Greatist, jerawat pada umumnya disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes.

Ini biasanya diobati dengan antibiotik, yang seiring waktu bisa menjadi kurang efektif akibat dari resistensi obat.

Namun, sebuah studi di 2013 menunjukkan bahwa kurkumin yang dikombinasikan dengan asam laurat bisa menjadi cara efektif untuk memerangi bakteri penyebab jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat kunyit untuk kecantikan yang satu ini, kita bisa menggunakan bubuk kunyit dan mengombinasikannya dengan berbagai bahan masker wajah rumahan, seperti madu, cuka sari apel, yogurt, atau lidah buaya.

Sebagai alternatif, kita juga bisa membeli minyak atsiri kunyit.

Minyak atsiri sangat terkonsentrasi sehingga perlu diencerkan dalam minyak pembawa sebelum dioleskan ke kulit.

Minyak atsiri bukan untuk ditelan. Jadi, memilih kunyit dalam bentuk bubuk mungkin membuat resep lebih mudah.

Jika ingin membuat masker kunyit, kita bisa menyampurkan satu sendok makan madu mentah dan satu sendok teh bubuk kunyit.

Kemudian, tambahkan beberapa tetes lemon jika diperlukan. Aduk campuran tersebut hingga membentuk tekstur pasta, kemudian oleskan ke kulit.

Setelah didiamkan 10-15 menit, bilas dengan air hangat.

Kualitas antioksidan dan anti-inflamasi yang terkandung dalam kunyit dapat membantu meredakan psoriasis dengan mengendalikan flare dna gejala lainnya.

National Psoriasis Foundation mengatakan, kita bisa menggunakan kunyit sebagai suplemen atau menambahkannya ke dalam makanan.

Tapi sebelum mencobanya, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter untuk menemukan dosis yang tepat.

Pada studi, minyak temulawak, yang juga dari keluarga kunyit, dioleskan ke ketiak 60 orang wanita selama 10 minggu studi.

Studi tersebut menemukan bahwa mengoleskannya dapat memperlambat pertumbuhan rambut di area yang diuji.

Waktu yang diperlukan tergantung pada tekstur rambut masing-masing orang. Sebab, rambut yang lebih tipis akan bereaksi lebih cepat daripada rambut kasar. Harapkan minyak kunyit bekerja kurang dramatis daripada waxing atau cukur.

Untuk mendapatkan manfaatnya, cobalah menyampurkan setengah cangkir susu dingin, setengah cangkir tepung, 2 sendok makan bubuk kunyit, dan 1 sendok makan garam laut. Jika memiliki eksim, tinggalkan bahan yang terakhir disebut karena rentan membuat kulit kering.

Kemudian, campur semua bahan hingga menjadi tekstur pasta dan aplikasikan ke area yang kita ingin pertumbuhan rambutnya berhenti.

Biarkan kering selama 10-15 menit dan masker tersebut akan mulai hancur.

Bilas dengan air hangat dan keringkan area tubuh tersebut menggunakan handuk bersih.

Jika warna kuning kunyit masih bersisa, kita bisa menggunakan witch hazel atua cuka sari apel untuk menghilangkannya.

Sinar ultraviolet dapat menyebabkan kulit terbakar (sunburn), kanker kulit, garis-garis halis, hiperpigmentasi, dan kerutan. Namun, kunyit mungkin dapat mengembalikan kulit menjadi lebih sehat dan segar.

Sebuah studi yang dipublikasikan papda 2018 menemukan bahwa komponen antioksidan dalam kunyit dapat secara signifikan memperbaiki kerusakan pada kulit tikus akibat paparan sinar matahari. Ini memberikan indikasi awal tentang potensi memperlambat efek penuaan pada manusia.

Antioksidan mencegah radikal bebas seperti polusi dan sinar UV memengaruhi elastisitas kulit. Elastisitas kulit adalah hal yang sangat kita butuhkan untuk membuat kulit terasa lembut dan kenyal.

Hal terpenting, kunyit dapat memblokir enzim elastase, yang mengganggu kemampuan kulit untuk memproduksi elastin, zat yang memberi struktur kulit.

Jika elastase dibiarkan, tubuh tidak dapat memproduksi protein yang dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap elastis, sehingga menimbulkan kerutan.

Demi mendapatkan manfaat kunyit untuk kecantikan yang satu ini, campurkan empat sendok makan gel lidah buaya dengan 10 tetes minyak atsiri kunyit dan 1 sendok teh minyak argan.

Setelah dicampurkan, aplikasikan ke wajah sebelum waktu tidur dan bilas di pagi hari.

Namun, sebelum mencoba perawatan ini, pastikan melakukan tes alergi dengan mengaplikasikan minyak atsiri kunyit pada bagian kecil kulit semalaman. Jika tidak timbul reaksi, maka kita bisa mengaplikasikannya pada area kulit yang lebih luas.

Kunyit memiliki bioavailabilitas yang rendah. Maksudnya, metabolisme tubuh kita akan membakarnya dengan cepat sehingga tubuh tidak menyerap banyak.

Hindari mengonsumsi terlalu banyak kunyit pada satu waktu dan tunggu bagaimana reaksi tubuh sebelum menggunakannya lebih banyak.

Jika sedang mengonsumsi obat lain, diskusikan penggunaan kunyit dengan dokter terlebih dahulu.

Ketika dioleskan ke kulit, kunyit dapat menodai kulit atau meninggalkan residu kuning untuk sementara.

Ini adalah reaksi normal. Namun, jika memiliki alergi, kontak langsung kunyit dengan kulit dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan pembengkakan.

Lakukan uji kunyit terlebih dahulu di lengan bawah dengan mengoleskan sedikit saja.

Tunggu selama 24-48 jam untuk melihat apakah kulit bereaksi sebelum menggunakannya di wajah.

Jangan gunakan kunyit pada kulit jika alergi terhadap kunyit sebagai bumbu dalam makanan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/27/092308620/6-manfaat-kunyit-untuk-kecantikan-dan-dapat-dicoba

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.