Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Transaksi Digital Jadi Gaya Hidup Ibu-ibu saat Berbelanja

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret tahun lalu, telah menyebabkan perubahan cara hidup kita. Salah satunya adalah cara masyarakat bertransaksi.

Bank Indonesia (BI) mencatat sampai dengan kuartal III tahun ini, terjadi peningkatan transaksi digital banking sebesar 46,72% year-on-year atau senilai Rp 28.685,48 triliun.

Peningkatan itu dapat terjadi karena masyarakat banyak menghabiskan waktunya di rumah. Sehingga, untuk keperluan berbelanja hingga memesan makanan, semua dilakukan melalui e-commerce.

Cindy Candiawan,Head of Campaigns and Growth Marketing ShopeePay turut membenarkan hal ini. Dia mengatakan, pihaknya melihat peningkatan penggunaan transaksi digital melalui layanannya pada tahun 2021.

“Jadi bisa dilihat bahwa sepanjang Agustus 2021, terjadi kenaikan transaksi elektronik sebesar hampir 45% per year-on-year. Kami melihat hal ini serupa, dan di mana-mana pengguna dua kali lebih banyak menggunakan layanan kami,” ujar Cindy dalam Konferensi Pers Shopee 11.11 Big Deals, Rabu (21/10).

Dia menambahkan, peningkatan transaksi digital juga didorong oleh banyaknya promo dan kampanye yang ditawarkan layanan keuangan digital maupun e-commerce.

Masyarakat, khususnya ibu-ibu, juga merasa transaksi melalui layanan keuangan digital maupun e-commerce lebih nyaman dan praktis.

Oleh sebab itu, ShopeePay sebagai salah satu layanan keuangan digital di Indonesia, pada 28 Oktober-11 November 2021 memberikan penawaran khusus bagi masyarakat untuk banyak jenis produk di berbagai merchant.

Penawaran itu antara lain voucher cashback 100% seharga Rp100, Late Night Deals Rp 11 menggunakan voucher cashback 100% seharga Rp 11 spesial di merchant pilihan, dan paket Voucher ShopeeFood Rp 1 yang merupakan paket bundling berisi berbagai voucher potongan harga ShopeeFood senilai total Rp150.000 dengan harga Rp1.

Tujuannya, selain untuk memberikan berbagai kemudahan berbelanja dengan harga murah kepada masyarakat, juga untuk mendongkrak peningkatan UMKM di berbagai daerah.

Aktris dan presenter Mona Ratuliu juga mengungkapkan bahwa sebagai seorang ibu, kebutuhan untuk menghemat pengeluaran saat berbelanja dan memesan makanan adalah hal yang utama.

Dia menyampaikan, ibu-ibu di zaman sekarang –-terlebih karena pandemi-- lebih suka bertransaksi secara digital karena kemudahan pembayaran.

Selain itu, banyaknya promo dan kampanye yang ditawarkan juga menjadi cara untuk membeli barang kebutuhan hidup dan makanan dalam jumlah banyak dan dengan harga murah.

Bahkan, di luar keperluan berbelanja, Mona menyebut ibu-ibu sudah menggunakan layanan keuangan digital untuk membayar les anak maupun membayar THR bagi karyawannya.

“Hampir di semua transaksi pakai digital. Caranya juga gampang banget, cukup bawa hape tidak perlu tas apalagi juga bisa mengurangi kontak fisik. Dan, sudah ada QRIS, promo juga jadi salah satu faktor penentu untuk berbelanja,” katanya.

Berbagai promo dan kampanye yang memberikan kemudahan dan keuntungan berbelanja bagi masyarakat, disebut Julius Putranto Komang, Founder & Owner Penyetan Cok dapat memberikan stimulus bagi UMKM.

Sebagai pemilik bisnis makanan, Julius merasakan perubahan perilaku konsumen, yang awalnya melakukan transaksi secara tunai, berubah menjadi transaksi secara digital.

“Apalagi kalau ada promo ini akan menjadi daya tarik dan stimulus bagi pelanggagn kami untuk lebih sering bertransaksi.”

“Kami sebagai merchant akan mendapat keuntungan karena customer baru bisa datang. Karena digitalisasi, uang cash yang diterima sehari-hari berkurang jauh dan ini benefit sebagai FnB company karena secara pencatatan lebih tranparan. Dengan pembayaran digital tentunya accounting menjadi lebih nyaman,” tambahnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/28/085449620/transaksi-digital-jadi-gaya-hidup-ibu-ibu-saat-berbelanja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke