Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Kandungan Alami yang Ditonjolkan di Produk Skincare Korea

KOMPAS.com - Produk skincare Korea Selatan semakin diminati karena dipercaya dapat membantu banyak perempuan mendapatkan kulit yang glowing, sehat dan bercahaya, seperti para bintang drakor.

Popularitas produk kecantikan asal negeri ginseng ini bukan hanya mendominasi di Indonesia saja.

Skincare Korea juga semakin digemari dan dipakai banyak orang di berbagai negara barat termasuk Eropa dan Amerika Serikat.

Kandungan alami dalam skincare Korea adalah salah satu yang paling ditonjolkan. Dengan berbagai inovasi dalam teknologi kecantikannya, bahan alami ini dapat memberikan efek yang menakjubkan.

Merek-merek K-Beauty juga terus berinovasi untuk menciptakan produk yang lebih baik termasuk berupa masker, serum sampai essence. Meski demikian, kandungan natural yang dipakai masih tetap dipertahankan dan menjadi kunci kesuksesannya. 

Kandungan alami yang banyak dipakai di skincare Korea

Skincare Korea menggunakan banyak bahan-bahan alami, mulai dari yang umum sampai sangat asing di telinga banyak orang. Misalnya saja popularitas aloe vera gel yang merupakan produk lidah buaya murni, sampai serum yang dibuat dari lendir siput.

Meskipun terasa sangat out-of-the-box, buktinya skincare Korea selalu laris di pasaran. Dari beberapa produk paling populer dari brand negeri ginseng, ada beberapa bahan alami yang paling sering ditonjolkan antara lain.

Propolis

Sarah Lee, K-beauty expert dari Glow recipe menjelaskan, propolis adalah bahan yang secara alami terbentuk di dinding sarang lebah yang berguna untuk membantu menahan air dan mencegah pertumbuhan bakteri.

"Pada kulit, ini diterjemahkan menjadi pembangkit tenaga antioksidan kuat yang melawan tanda-tanda penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari," kata Lee. Manfaat utamanya dalam skincare termasuk sebagai anti mikroba, penyembuhan, melembabkan dan mengobati jerawat.

Propolis banyak dipakai sebagai kandungan utama toner, serum, ampul sampai dengan sheet mask. Dalam produk Korea, propolis digunakan sebagai booster dalam rutinitas perawatan kulit, karena membuat kulit lembut dan bercahaya.

Mutiara

Mutiara terbukti memiliki banyak manfaat untuk wajah termasuk mempercepat pertumbuhan kulit baru, menyembuhkan jerawat, dan noda, dan meminimalkan pori-pori besar.

Bahan alami ini sudah lama dipakai dalam perawatan kecantikan tradisional di Korea Selatan yang kemudian diadopsi brand modern.

"Mineral dan sifat aktif dalam mutiara menjaga kulit tetap asam, yang memperlambat proses penuaan sambil tetap menjaga kulit tetap terhidrasi dan kencang," jelas ahli kimia kosmetik, Ginger King.

Royal honey

Royal honey dianggap paling berkhasiat sebagai anti-penuaan untuk membantu menghaluskan garis dan kerutan. Bahan alami ini juga sangat berharga karena tercipta lewat proses fermentasi 60 hari yang menyisakan lebih sedikit air.

Royal honey juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kulit seperti vitamin, mineral dan asam amino. Selain itu, skincare dengan jenis madu ini juga berguna sebagai humektan alami yang dapat mengikat kelembaban pada kulit.

Yuza

Yuza, atau dikenal juga dengan yuja atau yuzu, merupakan buah jeruk yang tumbuh di Pulau Jeju, Korea Selatan. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang amat tinggi, hingga tiga kali lipat dari lemon.

Kandungan yuzu di dalam skincare bermanfaat untuk merangsang produksi kolagen, mencerahkan bintik hitam dan meratakan warna kulit. Yuzu sering dipakai dalam produk pelembab, serum hingga cleansing oil.

Bambu

Kita mengenal berbagai produk skincare Korea populer yang memiliki kandungan alami berupa bambu. Bahan natural ini terbukti mengandung antioksidan yang baik dan berkelanjutan.

Selain itu, bambu juga bagus untuk eksfoliasi serta mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Kaktus

Minyak dan ekstrak tanaman kaktus sempat hits dan menjadi favorit di kalangan pengguna produk skincare Korea. Hal ini karena kandungan alami ini terbukti dapat mengikat kelembaban dan menjafa kondisi kulit.

Selain itu, produk dengan bahan kaktus juga dikatakan mampu menyerap ke kulit lebih cepat sehingga memberikan efek yang optimal. Hasilnya, kulit menjadi lebih kencang dan lembab sekaligus memberikan efek anti inflamasi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/28/163109120/6-kandungan-alami-yang-ditonjolkan-di-produk-skincare-korea

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke