Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Binaragawan Konsumsi 9.700 Kalori dalam Satu Hari

KOMPAS.com – Umumnya, orang dewasa hanya membutuhkan asupan kalori sekitar 1.600 hingga 3.000 per harinya. Nah, bagaimana jika mengonsumsi kalori jauh lebih banyak dari jumlah tersebut, sekitar 9.700 kalori, misalnya?

Baru-baru ini, ada dua orang yang melakukannya.

Pertama, strongman Brian Shaw yang mengatakan bahwa ia mengonsumsi sekitar 9.700 kalori per harinya untuk mempersiapkan keikutsertaannya di kompetisi strongman Rogue Invitational.

"Artinya, aku akan banyak makan. Aku merasa ini akan membantu performa dan kepulihanku,” ujarnya.

Bagi kebanyakan orang, tentu saja kalori sebesar itu mengerikan, mengingat berapa banyaknya makanan yang harus dikonsumsi per harinya untuk mencapai jumlah tersebut.

Namun bagi binaragawan dan YouTuber Zac Perna, itu merupakan sebuah tantangan. Ya, Zac Perna adalah orang kedua yang mencoba mengonsumsi 9.700 kalori itu.

Dalam sebuah video baru di kanal YouTube miliknya, Perna meniru menu milik Shaw, mulai dari sarapan besar yang terdiri dari 8 ons patty bison dengan 4 telur orak-arik dan bayam, serta satu porsi wafel (berjumlah empat buah) dengan mentega, sirup, dan blueberry.

"Aku rasa, ini hampir sama dengan asupan kalori harianku," kata Perna.

"Sebenarnya tidak seburuk itu. Aku sempat ragu, tetapi wafel itu habis dengan mudah, meski perutku sedikit tak nyaman selama sekitar dua menit. Namun, kini aku benar-benar merasa lebih baik. Sepertinya, aku siap untuk meal 2," tambahnya setelah ia menyantap habis makanannya.

Sesi makan kedua terdiri dari semangkuk oatmeal dan shake dengan 3 sendok protein whey. Nah, pada titik inilah Perna mulai mengalami sensasi kembung karena banyaknya makanan yang ia masukkan ke dalam perutnya.

Lalu, sesi selanjutnya adalah makanan pra-olahraga Shaw, yang terdiri dari lebih banyak bison patty dengan lemak bebek di atasnya, serta kentang goreng di sampingnya dan 2 camilan berupa rice crispy.

"Aku sangat kenyang sekarang. Ayo hentikan saja, aku sangat, sangat kenyang. Bahkan, berlatih adalah hal terakhir yang bisa ku pikirkan saat ini,” ujarnya.

Setelah menjalani sesi angkat beban tanpa muntah, Perna menyiapkan makanan pasca-olahraga, yang terdiri dari lebih banyak patty bison, lengkap dengan nasi dan bayam.

"Aku benar-benar takut. Lihat, betapa padat dan beratnya makanan itu,” komentarnya.
Untuk sesi makan kelima, ada 14 ons salmon dengan sweet potato mash dan salad.

"Ini benar-benar gila, semakin lama, porsi makannya semakin besar," kata Perna.

Kemudian saat tiba sesi makan keenam sekaligus terakhir pada hari itu, ada tiga sendok protein shake dan setengah potong strawberry cheesecake.

"Aku berhasil, meski ini hampir membunuhku,” ujarnya menyimpulkan.

"Ini sangat menyakitkan... Brian, aku tidak tahu bagaimana kamu melakukan ini," tutupnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/28/210157220/cerita-binaragawan-konsumsi-9700-kalori-dalam-satu-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke