Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inilah Rahasia di Balik Tubuh Kekar James Bond

KOMPAS.com - Agen rahasia paling terkenal di dunia adalah James Bond. Semua orang mengetahuinya. 

Namun kita umumnya mengenal Bond berdasarkan pemerannya. Ada yang menganggap Bond itu Sean Connery, George Lazenby, Roger Moore, Timothy Dalton, Pierce Brosnan, atau Daniel Craig.

Yang jelas, sejak karakter sang agen 007 diperankan oleh Daniel Craig, popularitas James Bond semakin meroket.

Tiap film yang dirilis selalu dinantikan oleh jutaan penikmat layar lebar di seluruh dunia dan masuk dalam jajaran film terlaris.

Usai didapuk memerankan James Bond tahun 2005 silam, Craig sukses merebut hati penggemar James Bond berkat sejumlah aksi heroik dan berbahaya yang dilakoninya.

Namun, di balik semuanya itu, sosok James Bond semasa diperankan oleh Craig, tak bisa dilepaskan dari aura maskulin dan bentuk tubuhnya yang kekar, bukan sekedar flamboyan.

Craig terbukti mampu mempertahankan bentuk badannya itu selama 15 tahun memerankan James Bond. Sehingga karakter yang dia perankan makin hidup.

Tentu, publik dan penggemar James Bond bertanya-tanya bagaimana cara aktor asal Inggris tersebut mempertahankan bentuk tubuhnya yang kekar di lima film James Bond yang berbeda.

Ternyata jawabannya ada pada latihan fisik di bawah pendampingan pelatih khusus yang dilakukan Craig sebelum terjun dalam proses pengambilan gambar film James Bond.

Sosok pelatih itu ialah Simon Waterson. Dia sudah melatih Craig di semua film James Bond. Mulai dari Casino Royale, Quantum of Solace, hingga No Time to Die yang menjadi film perpisahan Craig dengan James Bond.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan baru-baru ini, Waterson mengungkapkan dia meminta Craig untuk berlatih melakukan gerakan-gerakan eksplosif

"Salah satu hal mendasar yang saya coba ajarkan kepada Craig adalah ini semua tentang gerakan eksplosif. Turun, bangun dari lantai secepat dan seefisien mungkin," kata Waterson.

Dia mengatakan, Craig juga menjalani circuit training. Tujuanya agar sang aktor dapat melakukan pergerakan yang cepat.

Selain itu, Craig menjalani latihan ketangkasan dan latihan kardio untuk pengembangan kekuatan beban dan resistensi sehingga dapat membentuk dada dan punggung yang ideal.

"Kamu mungkin memerlukan peralatan gym yang lengkap di semua tahap latihan. Dan, mungkin itu yang terbaik untuk mencoba semuanya," tambah Waterson.

1. Ketangkasan dan cardio circuit

Penting untuk dicatat bahwa latihan ini harus dilakukan selama 3 putaran.

Waterson menyarankan agar orang yang mengikuti latihan ketangkasan dan cardio circuit untuk istirahat selama 30 detik di setiap putaran.

2. Slider mountan climbers

Latihan ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Latihan ini terinspirasi dari gaya memanjat.

Bila tidak sempat pergi ke gym, latihan ini dapat dilakukan di rumah dengan peralatan yang ada.

Cukup sediakan dua handuk yang ditaruh di masing-masing kaki. Kemudian posisikan badan seperti push up dengan tangan yang tegak untuk menopang badan.

Selanjutnya, gerakan kaki seolah-olah sedang berlari, tarik satu lutut ke arah dada, dan ulangi untuk kaki lainnya.

Saat mendorong kaki itu ke belakang, tarik lutut lainnya ke depan. Cepat terus berlari seperti memanjat di tempat selama satu menit.

3. Cone shuffle

Latihan ini sudah umum diketahui oleh orang banyak. Cukup letakkan cone secara berjarak dan kamu bisa memulainya dengan berlari secara cepat secara zig-zag hingga ke batas cone terakhir.

Lakukan latihan ini selama 30 detik.

4. BOSU reverse lunge ke high knee

Latihan ini dapat dilakukan dengan berdiri di atas bola yang berada di permukaan keras.

Berdirilah dengan satu kaki sebagai tumpuan, sedangkan kaki lainnya bergerak ke belakang kemudian ayunkan ke depan sambil menekuk lutut. Lakukan ini sebanyak 10 kali per kaki.

5. The dumbbell clean and press

The dumbbell clean and press adalah latihan angkat besi untuk mengaktifkan otot-otot di seluruh tubuh.

Lakukan latihan ini dengan memakai sepasang dumbbell. Mulailah dalam posisi berdiri dengan kaki dibuka selebar pinggul. Pegang dumbbell di samping lutut, pinggul, dan pergelangan kaki.

Pada gerakan ke atas, angkat dumbbell ke atas kepala dengan gerakan eksplosif, mirip dengan push press atau shoulder press. Turunkan dumbbell setinggi bahu dan turunkan ke posisi jongkok.

Lakukan dumbbell clean and press sebanyak 8 kali pengulangan.

6. Box jump

Latihan yang satu ini sudah umum dilakukan banyak orang.

Cukup dengan berdiri di depan permukaan yang lebih tinggi (usahakan tidak melebihi 12 cm) kemudian kamu bisa melompat kecil ke arah permukaan yang tinggi tersebut.

Saat menapak, posisikan telapak kaki menapak sempurna dengan posisi lutut menekuk.

7. Battle rope waves

Latihan ini bisa dilakukan dengan tali berukuran berat dan tebal. Caranya, kamu bisa menggerakan tali ke atas-bawah setinggi perut.

Gerakan tangan kanan dan kiri harus berlawanan seperti sedang membentuk gelombang. Kamu bisa melakukan latihan ini dengan cepat.

8. Strength superset

Latihan ini dapat dilakukan dengan gerakan pertama dan kedua tanpa istirahat.

Waterson menyarankan latihan strength superset dilakukan sebanyak 3 putaran dengan waktu istirahat 30 detik di setiap putaran.

9. Low cable fly

Latihan yang satu ini sebaiknya dilakukan di gym dengan peralatan yang memadai. Latihan low cable fly dapat dilakukan sebanyak 25 kali pengulangan.

10. Rear Delt Flys

Rear delt flys dapat dilakukan dengan bantuan dumbel. Dalam hal ini masing-masing tangan memegang 1 dumbel sebagai bantuan alat beban.

Waterson menyampaikan, rear delt flys dapat dilakukan sebanyak 25 kali pengulangan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/30/093039720/inilah-rahasia-di-balik-tubuh-kekar-james-bond

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke