Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Aktivitas Rumah Tangga yang Bantu Membakar Kalori

Untuk seseorang dengan berat badan sekitar 70 kg, misalnya, jalan kaki 30 menit membakar sekitar 149 kalori.

Meski manfaat jalan kaki 30 menit sangat baik bagi kesehatan, sebagian orang kurang menyukai jenis aktivitas ini atau mungkin tak punya waktu untuk melakukannya.

Kabar baiknya, beberapa aktivitas rumah tangga ternyata bisa membakar kalori seperti jalan kaki 30 menit atau bahkan lebih.

Aktivitas Rumahan yang membakar kalori

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menuliskan ada sejumlah pilihan aktivitas berbeda yang dapat membakar kalori seperti jalan kaki 30 menit, seperti mendaki, lari, berkebun, dan menari.

Sementara artikel yang dipublikasikan Harvard Medical School menyebut aktivitas tersebut bisa berupa aktivitas luar ruangan maupun aktivitas rumah tangga.

Berikut sejumlah aktivitas rumah tangga yang dapat membakar kalori seperti jalan kaki 30 menit atau bahkan lebih, antara lain:

Dengan berkebun, kita juga cenderung tidak merasa seperti melakukan olahraga. Ini adalah cara yang baik untuk menjaga rutinitas aktivitas fisik tanpa merasa terbebani.

Nilai tambahnya, kita bisa memiliki kebun yang cantik!

Apalagi jika anak senang bermain petak umpet atau aktivitas permainan lain. Bermain dengan anak selama 30 menit diperkirakan dapat membakar sekitar 149-186 kalori.

Bahkan, melakukan aktivitas permainan yang lebih bersemangat, yang melibatkan gerakan seperti melompat, dapat membakar hingga 186 kalori per 30 menit.

Memotong rumput selama 30 menit diperkirakan dapat membakar sekitar 167 kalori.

Namun, aktivitas memotong rumput dengan mesin tak masuk hitungan ini, meskipun tetap bisa membakar sedikit kalori ketika kita merawat tanaman setelah memotongnya.

Sebagai bonus, membakar kalori dengan memotong rumput sekaligus membantu kita mendapatkan halaman rumah yang lebih rapi.

Namun, aktivitas membersihkan rumah ternyata bisa membakar lebih banyak kalori daripada jalan kaki.

Menurut Verywell Fit, menyapu lantai atau membersihkan menggunakan penyedot debu dapat membakar sekitar 4 kalori per menit.

Untuk menambah jumlah kalori yang dibakar, kita bisa menyertakan gerakan olahraga, seperti melakukan lunge ketika membersihkan lantai.

Gerakan lunge tak hanya melatih kelompok otot di bagian bawah tubuh, tetapi juga membantu mengencangkan otot perut untuk membantu kita menyeimbangkan tubuh saat mempraktikannya lunge.

Naik tangga sambil membawa beban ekstra 0,5-6,5 kg dapat membakar sekitar 6 kalori per menitnya.

Semakin cepat kita bergerak, akan semakin tinggi intensitas dari aktivitas tersebut. Jadi, bergeraklah dengan gesit sambil menjaga postur tubuh tetap baik demi mencegah cedera dan meningkatkan pembakaran lemak.

Merapikan tempat tidur bahkan bisa membakar sekitar 2 kalori per menit.

Lagi-lagi, untuk membuat aktivitas ini membakar lebih banyak kalori, kita bisa menyertakan aktivitas olahraga seperti lunge, terutama side lunge.

Gerakan side lunge melibatkan sebagian besar otot tubuh bagian bawah, terutama menargetkan otot adduktor dan abduktor di bagian dalam dan luar paha.

Setiap individu diperkirakan dapat membakar sekitar 200 kalori dengan melakukan aktivitas rumah tangga. Variasi aktivitas dapat membantu membakar lebih banyak kalori.

Meskipun banyak pakar kebugaran tidak akan merekomendasikan aktivitas rumah tangga sebagai bentuk olaraga rutin, namun aktivitas ini bisa membantu kita membakar lebih banyak kalori di sela rutinitas olahraga harian.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/31/110201520/6-aktivitas-rumah-tangga-yang-bantu-membakar-kalori

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke