Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Asal, Ini 7 Cara Merawat Kaus agar Tak Cepat Rusak

Meski sederhana, cara merawat kaus yang tidak tepat bisa membuatnya lebih mudah rusak. Apalagi, kaus cenderung lebih sering digunakan daripada item pakaian lainnya.

Menyadari hal itu, merek basic apparel lokal dan produsen kaus polos premium, Koze Indonesia, misalnya, memberikan petunjuk perawatan kaus pada produk mereka sehingga pelanggan bisa dengan mudah mengetahui cara merawat kaus yang benar.

"Pada label produk, kami memberikan petunjuk tata cara merawat pakaian. Hal ini bertujuan agar baju kaus bisa lebih awet dan mungkin bisa menghindari kerusakan pada jenis pakaian lainnya," kata Brand founder KOZE INDONESIA, Hendry Liauw, seperti dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis.

Cara merawat kaus

Berikut adalah beberapa cara merawat kaus yang dapat dilakukan agar kaus tidak mudak rusak dan lebih tahan lama:

Hal ini penting untuk menghindari baju terkena lunturan dari warna baju lain, karena pewarna pada pakaian tersebut kemungkinan besar akan keluar saat dicuci.

Usahakan suhu maksimum air yang digunakan ketika mencuci kaus adalah 40 derajat Celcius, serta mencuci, membilas, dan memutarnya dengan kecepatan normal.

Suhu air sangat penting karena mencuci dengan air melebihi suhu 40 derajat Celcius dapat membuat kaus lebih cepat memudar dan menciut.

Padahal faktanya, membersihkan dan mencuci kaus dengan pemutih tidak dianjurkan karena dapat merusak bahan baju.

Menyikat kaus dapat membuat bahan menjadi mudah rusak dan membuat pori-pori kaus membesar sehingga dapat membuatnya bolong.

Jika terdapat noda, kita bisa memberikan sabun dan mengucek kaus dengan perlahan atau menggunakan sikat gigi yang lembut.

Sayangnya, tidak semua pakaian baik untuk dikeringkan dengan mesin pengering, salah satunya adalah kaus. Menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan kaus malah dapat membuatnya cepat rusak.

Mencuci t-shirt dengan cara dry clean atau cuci kering dapat merusak bahan baju karena formula yang digunakan.

Pastikan menyetrika kaus dengan suhu maksimal 150 derajat Celcius. Sebab, menyetrika dengan suhu lebih dari itu dapat merusak kaus, terlebih jika kaus memiliki sablon di bagian depan.

Terakhir, selain tips yang dibagikan di atas, jangan lupa memerhatikan label perawatan yang ada pada kaus sehingga kita bisa mengetahui cara merawat kaus yang tepat, sesuai dengan bahan kaus yang kita miliki.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/31/190923220/jangan-asal-ini-7-cara-merawat-kaus-agar-tak-cepat-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke