Salin Artikel

10 Manfaat Susu Almond, Tak Hanya Lezat Rasanya

Melansir Medical News Today, susu almond adalah susu yang dibuat dengan mencampurkan almond dan air, kemudian disaring untuk menghilangkan padatannya.

Susu almond juga bisa dibuat dengan menambahkan air ke mentega almond sehingga memberikan rasa kacang yang menyenangkan dan tekstur krim yang mirip dengan susu biasa.

Susu almond kini mudah didapatkan di pasaran serta tersedia dalam berbagai merek dan rasa.

Untuk alasan kesehatan, yang terbaik adalah memilih susu almond yang tidak diberi tambahan gula.

Sebagian besar merek susu almond juga diperkaya dengan vitamin, mineral, atau protein. Jika Anda tidak minum susu, pilihan susu terbaik mungkin adalah produk yang diperkaya dengan kalsium.

Manfaat susu almond

Berikut sejumlah manfaat susu almond yang sayang untuk dilewatkan:

Meski nutrisinya tidak sekaya susu sapi, namun kita tetap mendapatkan nutrisi yang kaya dari konsumsi susu almond.

Sebagai perbandingan, kalori segelas susu almond berkisar 39 kalori, sementara susu sapi 102 kalori. Kemudian kandungan proteim susu almond berkisar 1,05 gram, sementara susu sapi 8,2 gram, dan kandungan karbohidratnya 3,43 gram, sementara susu sapi 12,2 gram.

Susu almond yang diperkaya mengandung vitamin D, kalsium, dan protein, membuat jenis susu ini mirip dengan susu sapi dalam hal kandungan nutrisi.

Meski begitu, susu almond kaya akan beberapa vitamin dan mineral, terutama vitamin E.

Namun, tubuh tidak menyerap beberapa mineral dalam susu almond seperti halnya dari susu sapi. Hal ini sebagian karena susu almond mengandung asam fitat, antinutrisi yang mengurangi penyerapan zat besi, seng, dan magnesium.

Karena nutrisinya masih di bawah susu sapi, susu almond tidak cocok sebagai pengganti susu untuk bayi.

Lifehack menyebutkan, satu cangkir susu almond hanya mengandung sekitar 60 kalori, sementara susu murni 146 kalori dan susu skim 86 kalori.

Itulah mengapa, salah satu manfaat susu almond adalah membantu menjaga berat badan ideal.

Namun, tidak semua susu almond sama. Susu almond buatan rumahan dan beberapa merek susu almond mungkin mengandung kalori lebih tinggi, tergantung dari berapa banyak jumlah kacang almond per cangkirnya.

Selain itu, beberapa produk susu almond juga diberi tambahan gula, yang sebaiknya dihindari.

Sebagai perbandingan, susu sapi rendah lemak mengandung sekitar 5 persen karbohidrat, dengan total 12 gram dalam 1 cangkirnya.

Dibandingkan kandungan karbohidratnya, protein dan lemak dalam susu almond juga lebih tinggi.

Oleh karena itu, salah satu manfaat susu almond termasuk tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah, sehingga cocok untuk penderita diabetes dan orang-orang yang menerapkan pola diet rendah karbohidrat.

Namun, pastikan untuk membaca label kemasan dan memilih produk yang semurni mungkin. Sebab, banyak pula susu almond di pasaran yang ditambahkan dengan gula.

Ini karena susu almond tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh di dalamnya. Susu almond juga rendah sodium dan tinggi lemak sehat, seperti asam lemak omega-3 yang biasanya ditemukan pada ikan. Asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Selain itu, para ahli gizi meyakini, vitamin E dam senyawa tanaman bioaktif, termasuk polifenol, yang terkandung di dalam almond bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan dari almond.

Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

Susu adalah sumber makanan kaya kalsium. Sayangnya, susu almond tidak mengandung kalsium sebesar susu sapi.

Biasanya, produsen akan memformulasikan susu almond agar mirip dengan susu sapi, misalnya memperkayanya dengan kalsium.

Misalnya, secangkir susu almond komersial mungkin mengandung sekitar 37 persen dari kebutuhan harian kalsium, tergantung pada jenis dan mereknya.

Susu almond yang diperkaya merupakan sumber kalsium yang sangat baik untuk orang yang tidak mengonsumsi produk susu, seperti vegan dan mereka yang tidak toleran terhadap laktosa atau alergi terhadap susu.

Padahal, kalsium sangat penting untuk membangun dan memelihara tulang. Asupan kalsium yang cukup dapat mengurangi risiko osteoporosis, suatu kondisi yang terkait dengan tulang yang lemah dan patah tulang.

Ini karena susu almond mengandung banyak vitamin B, seperti zat besi dan riboflavin. Keduanya penting untuk pertumbuhan dan penyembuhan otot.

Jumlah vitamin D dalam susu almond bisa bervariasi antar produk.

Misalnya, 1 cangkir susu almond mungkin mengandung 2,62 mikrogram, yang merupakan 13 persen dari rekomendasi asupan vitamin D harian.

Secangkir susu sapi yang diperkaya vitamin mengandung jumlah yang sama. Hal ini membuat susu almond yang diperkaya menjadi sumber vitamin D yang baik dan dapat mencegah kekurangan vitamin D jika dikonsumsi secara teratur.

Sebab, susu almond mengandung 50 persen dari rekomendasi asupan vitamin E harian.

Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit, seperti melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari.

Pada orang-orang yang tidak toleran terhadap laktosa atau gula susu, laktosa tidak tercerna turun ke usus besar untuk difermentasi oleh bakteri. Kondisi tersebut dapat menyebabkan gas berlebihan, kembung, diare, dan ketidaknyamanan.

Karena bebas susu, susu almond tidak mengandung laktosa sama sekali, menjadikannya pengganti susu yang cocok untuk orang dengan intoleransi laktosa.

Susu almond punya rasa yang berbeda dengan susu sapi. Rasa memang selera. Namun, susu almond punya karakteristik raaa nutty yang lezat.

Rasa unik susu almond banyak digambarkan sebagai rasa yang ringan dan gurih.

Selain diminum, kita juga bisa menggunakannya sebagai pengganti susu sapi dalam resep yang membutuhkan susu.

Meski tidak memiliki rasa yang sama, tetapi akan memberi konsistensi yang sama.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/01/094953020/10-manfaat-susu-almond-tak-hanya-lezat-rasanya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.