Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Minuman untuk Menghilangkan Nyeri Haid dengan Ampuh

Nyeri haid sangatlah mengganggu aktivitas. Jika terjadi di malam hari, nyeri haid juga bisa membuat kita sulit tertidur.

Ahli gizi dari Mountainside, Joyce Faraj, PhD, RDN, CDN menjelaskan kepada Bustle, tepat sebelum haid tiba, sel-sel yang membentuk lapisan di rahim mulai memproduksi prostaglandin. Ini merupakan bahan kimia hormon yang berkaitan dengan respons peradangan tubuh.

Selama haid, prostaglandin dilepaskan saat sel-sel rusak di lapisan rahin. Prostaglandin juga terlibat dalam menyempitkan pembuluh darah di rahim dan memicu kontraksi otot rahim.

Semakin banyak prostaglandin yang kita miliki, semakin parah kemungkinan nyeri atau kram haid yang dirasakan.

Meski ada beberapa obat di pasaran yang dapat dikonsumsi, beberapa minuman untuk menghilangkan nyeri haid juga dapat dicoba sebagai solusi yang lebih alami.

Minuman untuk menghilangkan nyeri haid

Berikut beberapa minuman untuk menghilangkan nyeri haid yang dapat dicoba:

Minum air putih dalam jumlah cukup tidak hanya mengurangi kembung dan menjadi minuman untuk menghilangkan nyeri haid, tetapi juga dapat mempersingkat periode haid.

Selain itu, teh peppermint juga nikmat dan karena merupakan bahan herbal, minuman untuk menghilangkan nyeri haid ini tidak mengandung kafein yang dapat mengganggu sistem.

Minum teh hijau hangat akan membantu menenangkan dan minuman ini juga kaya antioksidan yang akan membantu menjaga sistem berfungsi dengan baik bahkan saat rahim sedang berkontraksi.

Jahe adalah anti-inflamasi yang kuat dan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri otot. Pilihan lainnya adalah mengombinasikan lemon dan kunyit untuk membantu mengurangi respons peradangan tubuh dan bisa meredakan kram.

Jahe, lemon, dan kunyit juga bisa membantu masalah pencernaan.

Nanas akan membantu meredakan nyeri ketika otot-otot rahim berkontraksi dan menimbulkan nyeri serta ketika sakit punggung melanda karena terlalu banyak jam meringkuk di sofa atau remat tidur.

6. Teh chamomile

Ahli gizi teregistrasi Joy Bauer mengatakan kepada Insider, teh chamomile tak hanya terasa nikmat dan bebas kafein, tetapi bisa menjadi minuman untuk menghilangkan nyeri haid dengan mengurangi kejang otot.

Sebagai bonus, teh chamomile juga bisa memberi efek menenangkan.

Peterseli, misalnya, mengandung bahan aktif carnosol yang dapat membantu mengurangi peradangan. Kita juga bisa menambahkan jahe ke dalam smoothies kesukaan.

Tambahkan sumber vitamin B, seperti apel dan pisang, yang membantu melawan PMS dan kram menstruasi.

Gunakan susu kedelai atau Greek yogurt untuk menambahkan sedikit kalsium dan tsburan kacang mete yang mengandung magnesium untuk mengurangi kram.

Bahan bermanfaat lainnya termasuk bayam dan kangkung, yang tinggi kalsium sehingga dapat membantu mengatasi kram. Biji rami, blueberry, dan cokelat hitam juga baik untuk disertakan dalam smoothie karena berfungsi sebagai pengangkat suasana hati dan kaya antioksidan yang membantu meredakan nyeri haid.

Selain mengonsumsi minuman untuk menghilangkan nyeri haid, kita juga bisa mengupayakan hal lainnya, seperti menggunakan kompres hangat untuk perut, mengurangi makanan olahan, dan berolahraga.

Menurut Healthline, olahraga intensitas moderat, seperti jalan kaki atau yoga bisa bermanfaat untuk membantu meredakan kram haid.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/02/092510520/8-minuman-untuk-menghilangkan-nyeri-haid-dengan-ampuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke