Salin Artikel

7 Cara Mengatasi Rambut yang Mengembang dan Sulit Diatur

Namun, ada beberapa trik yang dapar dicoba untuk mengatasi rambut mengembang dan sulit diatur.

Menurut Healthline, rambut yang mengembang biasanya dalam kondisi kering dan sering kali rusak. Ketika dalam kondisi rusak, kelembapan keluar dari batang rambut, sementara kelembapan dari udara masuk ke batang rambut, menyebabkan batang-batang rambut membengkak dan berubah bentuk menjadi mengembang dan keriting.

Tapi, tak hanya individu dengan rambut keriting yang bisa mengalami masalah rambut mengembang.

Bahkan, individu dengan rambut lurus sering kali lebih menyadari jika rambutnya mengembang, terlalu kering, atau tengah berada di cuaca yang sangat panas.

Beberapa faktor lain juga menjadi penyebab rambut kering dan mengembang, seperti penggunaan alat styling, keramas terlalu sering, dan penggunaan produk rambut, seperti pewarna rambut yang keras.

Cara agar rambut tidak mengembang

Berikut sejumlah cara agar rambut tidak mengembang dan sulit diatur, yang dapat kita praktikkan di rumah:

Pikirkan produk perawatan rambut holistik untuk mengatasi rambut mengembang. Misalnya, menggunakan sampo khusus rambut mengembang, leave-in conditioner, dan gel untuk rambut keriting.

Beberapa produk tersebut seperti pelembap, masker rambut, kondisioner, atau serum yang dapat melindungi dan membuat rambut menjadi lebih lembut.

Menurut Glamour, cobalah menggunakan handuk microfiber untuk mengeringkan rambut demi meminimalkan rambut mengembang.

Kemudian, cobalah bungkus rambut dengan handuk atau kain kaus. Diamkan untuk sementara waktu.

Hal ini dapat membantu air di rambut meresap ke dalam handuk microfiber atau kain kaus sehingga menghindari gesekan yang dapat ditimbulkan handuk biasa.

Menurut Reader's Digest, jika ingin menata rambut, biarkan rambut kering sekitar 60 persen terlebih dahulu dan gunakan produk pelembap sebelum memulai styling.

Pengering rambut berkualitas dibuat dengan material terbaik dan menyediakan fitur terbaik, sehingga membantu menjaga rambut tetap halus dan meminimalkan kerusakan.

Menurut Swirlster, mencuci rambut menggunakan air panas akan menghilangkan minyak alami dan kelembapan dari batang rambut. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kulit kepala dehidrasi dan rambut lebih mengembang.

Terus-menerus menyentuh rambut seiemring waktu akan membuat rambut kita lebih mudah mengembang dan sulit diatur.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/02/114406820/7-cara-mengatasi-rambut-yang-mengembang-dan-sulit-diatur

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.