Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali, 5 Tanda Penyakit Jantung yang Sering Tak Disadari

Tak mengherankan memang, pasalnya, beberapa gejala penyakit jantung mirip dengan gangguan pernapasan atau masuk angin.

Nah, sebelum penyakit jantung bertambah parah, ada baiknya kita segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami tanda-tanda berikut ini.

Rasa tidak nyaman di dada

Gejala yang paling umum dari penyakit jantung adalah rasa tidak nyaman di dada, yang meliputi rasa nyeri, tekanan tidak nyaman, serasa diremas, atau sesak.

"Nyeri jantung klasik ditandai dengan ketidaknyamanan di dada, yang terasa seperti mengencang atau tengah diremas."

Demikian kata Robert Greenfield, MD, ahli jantung dan lipidologis bersertifikat di MemorialCare Heart & Vascular Institute di Fountain Valley, California.

Menurut Greenfield, rasa sakit itu bisa menyebar ke lengan kiri atau kedua lengan, dan mungkin saja mengakibatkan gangguan sesak napas serta keringat dingin.

Lalu, jika nyeri dada datang saat beraktivitas dan hilang dengan istirahat, itu disebut angina, yang bisa menjadi tanda peringatan kritis bahwa jantung kita bermasalah.

Biasanya, nyeri angina berlangsung beberapa menit saja. Namun, jika rasa sakitnya berkepanjangan, sebaiknya langsung hubungi paramedis.

Selain itu, masih ada beberapa tanda lainnya, seperti berikut ini.

Rasa tidak nyaman saat berolahraga

“Saya biasanya memberi tahu pasien bahwa gejala baru apa pun yang terjadi dengan olahraga adalah sesuatu yang harus diperhatikan."

Demikian penuturan Nicole Weinberg, MD, ahli jantung di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California.

"Misalnya, kita baru saja merasa mual saat berolahraga. Itu adalah sesuatu yang perlu diperiksa lebih jauh dan lebih dekat untuk mencari tahu apa penyebabnya,” tambah dia.

Karena itu, Weinberg menekankan, jika gejala muncul, terutama saat berolahraga, dan tidak mereda selama lima menit, kita harus menghubungi dokter atau melapor ke UGD.

Sulit bernapas

Jika harus sering istirahat atau berhenti untuk mengatur napas saat melakukan hal-hal yang sebelumnya bisa diakukan dengan mudah, itu bisa menjadi tanda masalah jantung.

Misalnya, jika kita merasa terengah-engah setelah menaiki tangga, itu mungkin terkait dengan jantung.

Kelelahan

Jika terus-menerus lelah tanpa penyebab yang jelas, itu bisa menjadi tanda jantung kita tidak mampu memompa dengan benar.

Jadi, jika mengalami kelelahan kronis meski aktivitas normal sehari-hari kita belum meningkat, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter.

Nyeri di beberapa area tertentu

Nyeri di lengan, punggung, leher, rahang, dan perut mungkin bukan hal pertama yang kita pikirkan saat mendeteksi gejala penyakit jantung.

Namun, menurut American Heart Association, gejala atipikal itu bisa menjadi tanda pertama dari masalah jantung atau serangan jantung, terutama pada wanita.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/05/111132320/kenali-5-tanda-penyakit-jantung-yang-sering-tak-disadari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke