Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Merawat Aglonema, Penting Diketahui Pemula

Menurut Apartment Therapy, jika kita lupa menyiram aglonema selama seminggu, misalnya, tanaman ini akan segera tumbuh kembali. Kekurangan cahaya alami juga tidak akan membunuh tanaman ini begitu saja.

Aglonema memiliki bentuk daun oval yang besar, ramping, dan mengkilap. Tampilannya yang cantik membuatnya menjadi salah satu tanaman hias yang paling populer saat ini.

Namun, berhati-hatilah dalam merawat aglonema karena tanaman ini dapat beracun bagi anjing maupun kucing.

Meski perawatannya mudah, pemula tetap perlu mengetahui cara merawat aglonema agar tanaman peliharaannya tumbuh dengan sehat dan subur.

Selain itu, menurut The Spruce, penting untuk menjaga aglonema dalam tetap dalam lingkungan yang lembap dan hangat agar tanaman tahan lama dan stabil, serta tidak akan tumbuh melebihi ukuran potnya dalam waktu dekat.

Untuk lebih rinci, berikut cara merawat aglonema yang perlu diperhatikan, terutama oleh para pemula yang baru memulai hobi merawat tanaman:

  • Cahaya

Varietas aglonema dengan daun yang lebih gelap dapat tumbuh di dekat naungan, sementara varietas dengan daun beraneka warna membutuhkan sedikit lebih banyak cahaya terang.

Sebagai bagian dari cara merawat aglonema, berhati-hatilah untuk tidak membiarkannya terpapar sinar matahari langsung. Sebab, paparan sinar matahari yang terlalu kuat dapat dengan mudah membakar daun aglonema yang halus.

Biasanya, tanah pot yang kering dengan baik dan sedikit asam sangat cocok untuk tanaman aglonema. Jika mencari cara merawat aglonema, penting untuk mempertimbangkan aspek ini.

Jika tanah menahan terlalu banyak air, coba campurkan dengan pasir atau perlit untuk membantu drainase.

Kita juga perlu menanam aglonema dalam pot dengan lubang drainase yang baik di dasarnya.

  • Air

Penyiraman adalah hal penting lainnya dalam rangkaian cara merawat aglonema.

Aglonema tumbuh subur di tanah yang lembap, tetapi tidak tergenang air.

Untuk mencapai keseimbangan ini, upayakan menyirami tanaman secara menyeluruh, lalu biarkan mengering sebelum disiram lagi.

  • Suhu dan kelembapan

Aglonema lebih menyukai suhu yang tidak lebih dari 16 derajat Celcius, dengan suhu dalam ruangan rata-rata berkisar antara 21-22 derajat Celcius. Namun, tanaman ini bisa menoleransi suhu hingga sekitar 10-13 derajat Celcius.

Karena syarat kelembapannya lumayan tinggi, beberapa pencinta tanaman mempertimbangkan merawat tanaman ini di rumah kaca yang hangat, lembap, dan cerah.

Jika mau menanamnya sebagai tanaman dalam ruangan, pertimbangkan untuk menyediakan lingkungan yang sedekat mungkin dengan kriteria tersebut.

Untuk meningkatkan tingkat kelembapan di sekitar tanaman, semprot tanaman secara teratur, dan pertimbangkan untuk menempatkannya di area yang lembap, dapur atau kamar mandi.

Jika rumah sangat kering, kita dapat berinvestasi menggunakan pelembap ruangan.

  • Pupuk

Memberi pupuk juga msnjadi aspek penting dalam rangkaian cara merawat aglonema.

Untuk hasil terbaik, beri makan aglonema dengan pupuk lepas lambat atau pupuk cair dua kali setahun, di awal dan akhir musim tanamnya.

  • Perawatan daun

Perawatan daun mungkin tak selalu menjadi perhatian, padahal ini merupakan bagian dari cara merawat aglonema.

Jika aglonema thmbuh menjadi terlalu besar, pangkas segera tanaman tersebut.

Kita juga mungkin menyimpannya dalam bentuk stek selama proses perbanyakan tanaman baru. Stek sangat mudah berakar di air.

Untuk membatasi akumulasi penumpukan debu, bersihkan daun secara berkala dengan menyekanya menggunakan kain lembut yang lembap. Cara lain, cukup letakkan tanaman di bawah pancuran dan biarkan mengering setelahnya.

Pertumbuhan aglonema dapat dipengaruhi oleh tungau laba-laba, kutu putih, dan kutu daun. Memeriksa daun secara rutin dapat membantu mencari tanda-tanda adanya hama untuk membantu mencegah potensi masalah di kemudian hari.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/05/120637520/6-cara-merawat-aglonema-penting-diketahui-pemula

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke