Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Intip Luasnya Peluang Kerja Lulusan Fashion Design

KOMPAS.com – Jurusan fashion design saat ini menjadi salah satu favorit banyak generasi Z saat akan melanjutkan pendidikan di Universitas. Tidak terbatas untuk menjadi desainer, banyak peluang kerja yang terbuka bagi lulusan jurusan fashion.

Pakar pendidikan dari USG College, Aime Sukesa mengatakan, jurusan fashion design menjadi salah satu minat studi generasi Z karena prospek kerjanya yang terbuka lebar.

“Peluang sebagai Entrepreneur dengan mengembangkan merk fashion sendiri, atau pun bekerja dengan perusahaan-perusahaan besar yang telah memiliki merk ternama di dunia pun menjadi pilihan kawula muda saat ini,” kata Aime dalam webinar yang diadakan USG Educatioan bersama Manchester Metropolitan University (4/11).

Ia mengatakan, USG College memiliki jurusan fashion dengan pilihan program pathway untuk mendapatkan gelar sarjana dari United Kingdom.

Dalam program ini siswa akan berkuliah selama dua tahun pertama di Indonesia dan menyelesaikan satu tahun terakhirnya di UK untuk program bachelor atau S1.

“Untuk jurusan Fashion kurikulum kami di buat agar siswa tidak saja belajar teori dan praktek tetapi juga membekali dengan ilmu bisnis,” kata Aimee yang juga menjabat sebagai USG Head of BSD Campus ini.

Menurutnya, ketika lulus dari program fashion, profesi yang akan disandang pun cakupannya lebih luas dan tidak terbatas sebagai fashion designer, tetapi bisa juga yakni sebagai fashion business owner, fashion merchandiser, fashion buyer, fashion stylist, textile designer, fashion PR dan fashion marketing.

Selama perkuliahan, para mahasiwa akan mendapatkan ilmu begaimana menjadi pelaku industri. Misalnya saja untuk jurusan fashion, siswa akan memelajari tidak hanya teknis seputar dunia fashion, tetapi juga creative entreprenurship, advanced fashion studies, hingga soal branding dan projek kolaboratif.

Menurut Aimee, talenta berkualitas yang dapat membuat industri kreatif Indonesia semakin mendunia menjadi salah satu kebutuhan pasar.

Akan semakin banyak fashion brand Indonesia yang di kenal secara internasional. Karena itu ilmu yang mumpuni dengan kualitas global akan menjadi satu nilai tambah bagi siswa Indonesia.

“Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa dari sisi budaya dan kekayaan alam. Masih banyak kekayaan terpendam di Indonesia yang belum terekspos dimata dunia. Dengan kemampuan kreatifitas dengan wawasan global diharapkan para siswa kami akan menjadi salah satu anak Indonesia yang menembus pasar internasional.” kata Aimee.

Ditambahkan oleh konsultan karier Ariyani Mawardi, siswa yang memiliki kemampuan global dan keterampilan yang mumpuni merupakan salah satu kompetensi yang dicari pasar saat ini.

“Apa pun jurusannya, yang terpenting para siswa juga harus ingat bahwa role kerja di era sekarang sangatlah dinamis. Jangan hanya fokus pada akademis perkuliahan saja, tapi juga perlu mengembangkan soft skill dan hard skill yang berguna untuk karir di masa depan,” katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/06/104243620/intip-luasnya-peluang-kerja-lulusan-fashion-design

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke