Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rekomendasi Minyak Esensial yang Bermanfaat bagi Kulit

KOMPAS.com – Saat ini, minyak esensial cukup digandrungi karena diyakini memiliki banyak manfaat bagi kulit.

Minyak esensial memang diketahui memiliki fungsi beragam, mulai dari mengobati jerawat, luka, hingga keriput. Belum lagi, minyak esensial juga memiliki manfaat aromaterapi, yang memberi kita ketenangan.

Cara menggunakannya pun mudah, campur saja beberapa tetes minyak esensial ke dalam pelembap kita atau encerkan dalam minyak pembawa untuk mendapatkan manfaatnya.

Namun, ada baiknya kita memahami penggunaan dan manfaat minyak ini dengan baik sebelum memakainya, agar tidak ada masalah.

Nah, agar lebih mudah memahami manfaat dari berbagai minyak esensial yang cocok untuk kulit, simak paparan dari Surbhi Bansal, CBO, Nirmalaya, berikut ini.

Minyak argan murni

Dengan antioksidan dan kaya vitamin, minyak argan terbukti mampu menghidrasi dan memberi kulit nutrisi, menjadikannya minyak yang cocok untuk digunakan dalam rutinitas jika kita mengalami kulit kering dan keriput.

Tak mengherankan memang, sebab, kolmbinasi vitamin E dan asam lemak mudah diserap, membuat efeknya terlihat langsung.

Cedarwood organic essential oil

Pernah menderita jerawat yang membandel? Solusinya mudah, pakai saja minyak cedarwood.

Tambahkan beberapa tetes minyak ini pada minyak non-comedogenic (tak memicu komedo), lalu kita akan mendapatkan formula anti jerawat, bahkan bagi jerawat paling membandel.

Bagi mereka yang tinggal di daerah dengan polusi tinggi, akar wangi atau vetiver akan sangat membantu.

Pasalnya, tidak hanya dikenal memiliki sifat anti-penuaan dan sangat menghidrasi, meski hanya digunakan sedikit saja, minyak ini juga memiliki sifat regeneratif yang dapat mengurangi munculnya bekas jerawat dan stretch mark.

Thieves essential oil blend

Minyak Thieves adalah campuran kuat dari beberapa minyak esensial, seperti cengkeh, kulit kayu manis, kayu putih, rosemary, dan lemon.

Melihat campurannya, selain memiliki banyak manfaat, minyak thieves juga memiliki sifat antimikroba yang bagus untuk menghilangkan bakteri atau jamur berbahaya yang hidup di permukaan kulit.

Minyak peppermint

Minyak peppermint yang menyegarkan dapat membantu meredakan nyeri otot atau persendian, sekaligus membantu mengurangi keparahan pruritus, sebuah kondisi kulit gatal kronis, dan membantu menenangkan iritasi.

Tak hanya itu, menghirup aroma minyak peppermint juga dapat membantu mengurangi stres dan kelelahan.

Minyak lavender

Lavender adalah opsi minyak esensial yang bagus bagi kulit karena selain menenangkan dan lembut, minyak ini dapat mengurangi munculnya noda dan membuat kulit tampak awet muda.

Minyak lavender juga dapat membantu jika kita rentan terhadap iritasi kulit atau luka bakar akibat sinar matahari.

Karena itu, tak mengherankan bila minyak lavender sangat direkomendasikan untuk membantu menenangkan iritasi kulit ringan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/07/083519920/rekomendasi-minyak-esensial-yang-bermanfaat-bagi-kulit

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.