Salin Artikel

11 Tanda Pria Setia dan Serius Jalin Hubungan

KOMPAS.com – Bertahun-tahun pacaran tetapi punya kecemasan apakah si dia memang serius untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan? Sebenarnya kita bisa melihat apakah si dia adalah tipe yang setia dan berkomitmen dalam hubungan jangka panjang dari perilakunya sehari-hari.

Walau kita tak bisa membaca pikiran orang, tetapi setidaknya ada tanda-tanda yang menunjukkan pasangan merupakan orang yang setia dan merasa kita memang orang yang tepat untukknya.

Memiliki hewan peliharaan

Pria yang menyukai hewan peliharaan biasanya memiliki sisi lembut dan sensitif

Bahkan, menurut penulis artikel kesehatan dan hubungan Stacey Laura Llyod, pria penyayang hewan biasanya penyayang, penuh belas kasih, bertanggung jawab, dan dapat menjalin komitmen jangka panjang.

“Dia sangat mementingkan persahabatan, yang merupakan pertanda baik jika menyangkut teman lain dalam hidupnya, yaitu Anda,” ujarnya.

Tak hanya itu, Cherie Burbach, penulis dan pakar hubungan, mengatakan bahwa memelihara hewan dapat memperlihatkan bagaimana seorang pria akan bertindak ketika ia harus mengutamakan mahluk hidup lain.

Memperlakukan pelayan dan petugas parkir dengan baik

Menurut pakar hubungan ahli psikoterapi Mami Feuerman, cara terbaik untuk melihat apakah seorang pria baik atau tidak adalah dengan melihat caranya memperilakukan orang lain, terutama mereka yang berada di industri jasa.

Ahli percintaan dan pernikahan Charles Schmitz and Elizabeth Schmitz juga mengatakan hal serupa.

“Jika kita memperhatikan pasangan selalu melakukan kebaikan dan selalu memperlakukan orang lain dengan cara sebagaimana kita ingin diperlakukan, itu merupakan indikasi bahwa ia adalah pria yang baik,” ujar  Schmitz.

Memiliki kredit yang baik

Federal Reserve Board of Governors menemukan bahwa pasangan dengan tingkat kredit bank tertinggi biasanya akan lebih langgeng.

Bahkan, para peneliti juga berspekulasi bahwa seseorang yang cerdas dalam membayar tagihan adalah pasangan yang bisa diandalkan dalam keuangan.

Lalu, Davis Edwards, pendiri eFlirt, sebuah layanan layanan pramutamu kencan online, dan penulis Love @ First Click, mengatakan bahwa kredit yang baik berbicara banyak tentang bagaimana pasangan akan menangani dirinya sendiri ketika masalah muncul dalam hubungan.

“Saat beberapa hal mulai menantang, baik secara finansial maupun emosional, ia kemungkinan akan lebih mampu menghadapinya jika ia telah menjadi ‘dewasa,’ ujarnya.

Berdiskusi tentang kesehatan seksual

Jika kita dan pasangan terbuka tentang membicarakan seks dan kesehatan reproduksi, artinya ia berani mempertanggung jawabkan kesehatannya dan kesehatan orang lain. 

Ingat, komunikasi yang baik adalah inti dari suatu hubungan. Jadi, jika ia bersedia untuk mendiskusikan topik yang sulit, bisa menjadi pertanda baik bahwa ia bisa mendiskusikan tentang masalah lain yang akan datang dalam hubungan.

Sangat penting untuk membuat kita nyaman untuk membicarakan tentang seks sebelum melakukannya.

Bersemangat untuk menemui orang tua

Jika ia ingin terus bersama kita di masa depan, ia tentu akan menunjukkan ketertarikan dan antusias untuk mengenal dan menghabiskan waktu bersama keluarga kita.

“Itu memberi sinyal bahwa ia peduli terhadap orang di sekitar kita dan ingin memberi impresi baik bagi orang terdekat kita,” ujar coach kencan Neely Steinberg. 

Saat pasangan memprioritaskan pertemuan dengan orang tua kita, dia juga memprioritaskan hubungan kita,” kata Lloyd.

Mau bergaul dengan teman kita

Jika ia mengapresiasi teman-teman kita, karena ia paham bahwa teman adalah bagian penting dari kehidupan kita dan ingin mengenal mereka lebih dekat, artinya ia tertarik untuk menjadi bagian dari hidup kita.

Tidak ada dalam mimpi buruk kita

Menurut Feueurman, jika pasangan kita muncul dalam mimpi, perhatikan apakah itu mimpi buruk atau bukan.

Pasalnya, jika ia bukan pria baik dan melakukan hal buruk seperti selingkuh, kemungkinan otak akan merespon hal tersebut dengan membuatnya menjadi mimpi buruk.

Namun, jika kita ada dalam hubungan yang sehat, kemungkinan besar kita tidak akan mendapat mimpi buruk tentang pasangan.

Memahami kita saat menstruasi

Menstruasi biasa membuat kita memiliki mood buruk atau merasa kembung dan mual. Jadi, jika si dia mampu menerimanya, bisa menjadi sinyal bahwa ia mampu menghadapi pasang surut dalam hubungan kita.

Kita memang tidak bisa berharap ia akan memahami benar apa yang harus dilakukan ketika kita PMS, namun, menurut ahli kencan online Julie Spira, pria dengan selera humor yang baik akan memberi kita izin sementara untuk “berperilaku gila.”

Tidak memiliki kepribadian ganda

Feuerman berpendapat bahwa kita harus memperhatikan apakah si dia memiliki perilaku yang tak konsisten atau tidak. Menurutnya, jika ia memperlakukan kita dengan baik namun memperlakukan orang lain dengan buruk, dia bukanlah orang yang tepat.

Sebaliknya, jika perilaku pasangan selalu konsisten, kemungkinan besar ia tak akan berubah dan tetap menjadi orang yang sama dalam waktu jangka panjang.

Hubungan tetap berkembang meski terpisah

Jika kita terpisah dengan pasangan namun hubungan tetap berjalan dan bertahan dengan baik karena komunikasi yang lancar, tandanya kita berada dalam hubungan yang sehat.

“Jika ia terlihat tak ingin mempertahankan kontak, mungkin saja ia berpaling pada orang yang lebih dekat atau selingkuh,” ujar konselor pernikahan Jim Walkup.

Namun perlu diingat, jika si dia tidak menghubungi kita terus menerus, bisa saja ia berusaha memberi kita waktu ntuk diri sendiri karena ingin kita bahagia.

Membuat rencana masa depan

Jika berkali-kali si dia membuat berbagai rencana untuk masa depan, tandanya ia berencana untuk menjalin hubungan jangka panjang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/09/173548820/11-tanda-pria-setia-dan-serius-jalin-hubungan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.