Salin Artikel

Kenali, Tanda-tanda Awal Lemak Perut dan Bahayanya bagi Kesehatan

Hal ini disebabkan karena lemak perut menumpuk di sekitar organ-organ penting di dalam perut, yang dapat berefek yang serius dan luas.

Tanda-tanda awal

Tanda awal bahwa kita memiliki lemak perut adalah peningkatan lingkar pinggang. Celana terasa lebih ketat atau ikat pinggang yang melonggar saat memakai celana.

Untuk menentukan ukuran pinggang, kita bisa menggunakan pita pengukur kain, dan ukurlah dari sekitar pusar ke arah pinggang.

Lemak perut akan menempatkan kita pada risiko tinggi untuk serangan jantung atau stroke jika ukuran lingkar pinggang di atas 101 cm untuk pria, dan di atas 88 cm untuk wanita.

Selain itu, kita juga berada pada risiko menengah jika memiliki ukuran lingkar pinggang 93-99 cm untu pria, atau 78-86 cm untuk wanita.

Menurut Harvard Medical School, cara lain memeriksa adanya lemak perut adalah dengan menghitung rasio pinggang ke pinggul.

Dengan perut yang rileks, ukur pinggang mulai di pusar. Kemudian, ukur pinggul pada titik terlebar. Bagilah ukuran pinggang dengan ukuran pinggul.

Peluang serangan jantung atau stroke akan meningkat untuk pria ketika rasio itu melebihi 0,95. Sementara, untuk wanita, risiko meningkat lebih dari 0,85.

Bahaya 

Lemak perut dianggap aktif secara metabolik, dan dapat menghasilkan hormon maupun zat inflamasi yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Karena lemak perut terletak dekat dengan hati dan pankreas, diyakini itu bisa menumpahkan asam lemak bebas dan sitokin inflamasi langsung ke organ-organ penting tersebut.

Sehingga, lemak perut sangat berbahaya karena dapat meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik.

Kemudian, mencegah tubuh memecah lemak, dan berkontribusi pada resistensi insulin.

Cara mengurangi

Cara termudah untuk mengurangi lemak perut adalah dengan menurunkan berat badan.

Para ahli mengatakan, penurunan berat badan saja dapat secara efektif mengurangi lemak perut.

Dengan kehilangan 10 persen dari berat badan, kita mungkin akan kehilangan hingga 30 persen dari lemak perut.

Singkirkan minuman manis seperti soft drink dan makanan olahan. Makan lebih banyak buah, sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian.

Para ahli juga menyarankan pentingnya berolahraga untuk memangkas lemak perut.

Aktivitas fisik sedang yang dikombinasikan dengan latihan kekuatan tampaknya paling efektif.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/10/113937820/kenali-tanda-tanda-awal-lemak-perut-dan-bahayanya-bagi-kesehatan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.