Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Selebritas Hollywood Rilis Merek Kecantikan, Bukan Cuma Cuan

KOMPAS.com - Berada di puncak karier tidak membuat para selebritas mudah puas. Dengan ketenaran dan pundi-pundi uang, selebritas Hollywood merambah dunia bisnis, salah satunya dengan membuat lini kecantikan.

Banyak selebritas Hollywood meluncurkan merek kecantikan dengan rangkaian lengkap produk perawatan kulit, mulai dari skincare, rias wajah, hingga perawatan tubuh.

Fenomena ini tidak semata-mata dilandasi keinginan untuk meraup cuan dan meningkatkan popularitas mereka. Beberapa mengaku punya idealisme untuk produknya. Mereka pun menjadikan pengalaman hidupnya sebagai dasar ketika membuat sebuah produk.

Ada beberapa alasan yang membuat selebritas Hollywood merilis merek kecantikan, apa saja?

Menciptakan terobosan

Pada 2017, penyanyi Rihanna meluncurkan Fenty Beauty dengan lini produk yang mencakup 40 warna alas bedak atau foundation, serta 30 warna makeup stick.

Fenty Beauty berusaha menghadirkan produk kecantikan untuk setiap orang dalam arti yang sesungguhnya.

Juga, rangkaian foundation yang ditawarkan hadir dengan lebih banyak varian warna untuk beragam jenis kulit.

Sebuah laporan menyebutkan jika sang pelantun Umbrella itu benar-benar terlibat dalam pengembangan produk Fenty Beauty.

Selain membuat terobosan dalam produk riasan, wanita berusia 33 tahun itu memperluas bisnis kecantikannya dengan merilis Fenty Skin pada Juli 2020.

Sama seperti yang dia lakukan untuk Fenty Beauty, produk perawatan kulit dan perawatan tubuh di Fenty Skin juga netral gender.

Artinya, merawat kulit adalah kebutuhan pria dan wanita, bukan hal prerogatif jenis kelamin tertentu.

Saat ini, sekitar 1,4 miliar dollar AS (setara Rp 19,9 triliun) dari total kekayaan yang dimiliki Rihanna 1,7 miliar dollar AS (lebih kurang Rp 24,2 triliun) berasal dari Fenty Beauty.

Membuat perubahan

Lady Gaga memanfaatkan popularitasnya untuk membuat perubahan dengan merilis merek kecantikan.

Penyanyi yang sering membicarakan masalah terkait kecemasan dan depresi ini menempatkan self love atau cinta diri sebagai nilai utama dari merek yang dibangunnya, Haus Laboratories. Brand ini diluncurkan eksklusif di Amazon pada September 2019.

Dalam sebuah unggahan di Instagram yang membahas peluncuran brand miliknya, dia menuliskan betapa pentingnya riasan karena menginspirasi dirinya untuk menjadi lebih berani.

"Saya memiliki kemampuan untuk menemukan diri saya sendiri dan berubah," tulis Gaga ketika itu.

Melalui Haus Laboratories, penyanyi berusia 35 tahun ini bertujuan memudahkan setiap orang untuk mengakses produk riasannya.

Berbagai produk vegan yang dia tawarkan dipatok dengan harga terjangkau, seperti mini eyeliner yang dibanderol sekitar 20 dollar AS.

Seperti yang pernah dikatakan oleh Gaga, Haus Laboratories berfokus menciptakan riasan warna untuk mengekspresikan diri.

Menariknya, satu dollar AS dari setiap pembelian produk di situs web merek (hauslabs.com) akan diberikan kepada Born This Way Foundation,  lembaga amal yang didirikan Gaga bersama sang ibunda, Cynthia Germanotta pada tahun 2012.

"Tujuan didirikannya lembaga ini adalah menantang kekejaman dengan menginspirasi kaum muda untuk menciptakan sistem pendukung di komunitas mereka masing-masing," ucap Gaga.

Selebritas lain yang menggunakan ketenarannya untuk tujuan perubahan adalah Selena Gomez.

Ia dengan tegas menentang standar kecantikan saat ini dan memperjuangkan perlunya menghilangkan stigma negatif seputar kesehatan mental melalui merek kecantikan Rare Beauty.

Merek kecantikan tersebut diluncurkan pada September 2020, dan menghadirkan rangkaian makeup termasuk foundation dalam 48 warna.

Produk alas bedak itu dibuat untuk merangkul keunikan yang dimiliki setiap orang.

Mantan kekasih Justin Bieber ini berharap Rare Beauty tidak hanya menjadi merek kosmetik, tetapi juga sebuah wadah bagi orang-orang dari segala usia, gender, orientasi seksual, ras, dan budaya.

Dia menekankan pentingnya berbicara secara terbuka terkait kecantikan, penerimaan diri (self acceptance), dan kesehatan mental.

Demi menegaskan upayanya untuk membuat perubahan, Gomez merilis Rare Impact Fund untuk mereka yang sulit mendapatkan akses ke layanan kesehatan mental.

Setiap satu persen dari seluruh hasil penjualan Rare Beauty nantinya akan disumbangkan ke lembaga tersebut.

Orang bebas berargumen bahwa selebritas Hollywood hanya memanfaatkan pamor mereka untuk meraup untung lebih besar.

Tetapi jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda, kita akan mengetahui perjalanan hidup serta masalah yang dialami para selebritas yang kita sendiri mungkin belum tentu sanggup menghadapinya.

Selebritas Hollywood hanya menggunakan popularitas mereka sebagai "kendaraan" untuk menciptakan perubahan agar orang lain tidak mengalami hal yang sama seperti mereka.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/10/153745220/alasan-selebritas-hollywood-rilis-merek-kecantikan-bukan-cuma-cuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke