Salin Artikel

Seberapa Sering Kucing Peliharaan Boleh Dimandikan?

Mandi adalah salah satu perawatan yang diberikan pemilik pada kucing peliharaannya. Ketika memelihara hewan peliharaan berbulu, merawat bulunya adalah hal penting.

Ini dilakukan tak hanya agar bulunya tetap tampak cantik, tapi juga berfungsi dengan baik.

Menurut AnimalPath, merawat bulu kucing juga penting untuk menjaga hewan berbulu ini dari panas maupun dingin, serta memastikannya mendapatkan perawatan kesehatan dan kesejahteraan.

Kucing dewasa bahkan menghabiskan hingga 50 persen waktu bangunnya untuk merawat diri. Tapi, kucing tetap perlu mandi.

Menurut The Spruce Pets, mandi membantu merangsang kulit dan menghilangkan minyak berlebih, ketombe, dan rambut rontok.

Mandi juga memberikan kesempatan untuk mengajari kucing bahwa sahabat berbulu kita itu ditangani dengan cara yang tidak akan menyakiti mereka.

Memandikan kucing perlu dilakukan oleh dokter hewan, teknisi dokter hewan, atau setidaknya oleh pengasuhnya di rumah.

Memberikan pengalaman mandi yang menyenanhkan akan membantu kucing mengenali peristiwa tersebut sebagai situasi menyenangkan di masa depan.

Rekomendasi National Cat Groomers, kucing sebaiknya dimandikan setiap 4-6 minggu sekali.

Meski begitu, para pakar punya pandangan yang berbeda-beda soal perlu atau tidaknya kucing mandi.

Selain itu, frekuensi mandi sebetulnya juga tergantung sejumlah faktor.

Kucing yang banyak beraktivitas di luar ruangan, misalnya, perlu mandi lebih sering daripada kucing yang beraktivitas di dalam ruangan. Sebab, kucing yang bermain di luar ruangan lebih mungkin membawa bau, kotoran, dan kuman, dan lebih cepat kotor.

Kucing yang punya masalah kesehatan, misalnya iritasi kulit atau infestasi kutu memerlukan lebih banyak perhatian. Sedangkan beberapa kucing yang sudah tua mungkin mengalami arthritis sehingga lebih sulit untuk merawat dirinya sendiri dan lebih butuh mandi agar tetap bersih.

Selain itu, beberapa kucing berbulu pendek mungkin jarang perlu mandi, sementara kucing dengan bulu yang lebih panjang sering kali perlu sedikit bantuan ketika mandi.

Hindari memandikan kucing lebih sering daripada 4-6 minggu sekali karena dapat mengeringkan kulitnya.

Kucing akan lebih mudah diajari mandi ketika masih kecil. Jadi, mulailah memandikannya sejak kecil, setidaknya ketika kucing berusia 4 minggu.

Memandikan kucing pertama kali ketika sudah dewasa berpotensi membuatnya stres dan tidak nyaman, apalagi kebanyakan kucing tidak suka air.

Sementara kucing tua atau kucing yang sangat sakit tidak dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan, bahkan jika hanya bersifat sementara. Kucing-kucing ini mungkin akan stres jika dimandikan, jadi ikuti rekomendasi dokter hewan untuk memandikannya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/11/190228520/seberapa-sering-kucing-peliharaan-boleh-dimandikan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.