Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gara-gara Film Eternals, Minat Belajar Bahasa Isyarat Meningkat 250 Persen

KOMPAS.com - Kehadiran film Marvel Cinematic Universe (MCU) terbaru, Eternals, memicu kenaikan minat banyak orang untuk mempelajari bahasa isyarat.

Tak main-main, kenaikan minat tersebut bahkan mencapai 250 persen berdasarkan data terbaru dari aplikasi Preply. Aplikasi tersebut merupakan layanan pembelajaran bahasa dan platform e-learning asal Ukraina.

Platform tersebut menganalisis berbagai istilah pencarian yang berkaitan dengan bahasa isyarat menggunakan sejumlah keywords yang dipakai penggunanya.

Menurut data tersebut, ada lonjakan untuk pencarian dengan kata kunci "belajar bahasa isyarat untuk pemula" di situsnya. Kenaikan ini bermula sejak promosi film besutan Chloé Zhao mulai gencar dilakukan sejak akhir tahun lalu.

Bisa dipastikan, hal ini merupakan dampak dari karakter Makkari, yang diperankan oleh Lauren Ridloff, yang sebelumnya membintangi The Walking Dead.

Keberadaanya menjadikan Eternals sebagai film superhero inklusif pertama di Hollywood. Ia memiliki kekuatan super berupa kecepatan yang didapat dari kosmik.

Penampilannya dianggap sangat mengesankan meski berbeda dari karakter aslinya di komik.

Selain itu, karakter Makkari juga sekaligus mempopulerkan bahasa isyarat dan pentingnya orang lain untuk memahami pola komunikasi yang menekankan pada bahasa tubuh dan gerak bibir ini.

Pemerannya, Lauren Ridloff sendiri merupakan aktris difabel yang merupakan penyandang tuna rungu. Ia tuli sejak lahir meskipun orangtuanya memiliki pendengaran yang sempurna.

Ia menyambut kenaikan minat dengan antusias, dibuktikan dengan cuitannya di Twitter.

"Ini hal yang bagus. Belajar lah bahasa isyarat dari guru Tuli/HoH/pembuat konten." ujarnya via akun @LaurenRidloff.

Ia juga berharap Google akan menawarkan kursus belajar bahasa isyarat langsung dari guru tuna rungu. Menurutnya, yang terbaik adalah belajar langsung dari orang yang mempraktikkan bahasa isyarat setiap hari.

Sejumlah kru produksi dan aktor pendukung Eternals juga telah mempelajari bahasa isyarat tersebut selama proses pembuatan film. Hal ini untuk memastikan gerakan yang dipakai tepat dan sesuai dengan naskah.

Tim produksi mempekerjakan Douglas Ridloff, suami Lauren, sebagai konsultan bahasa isyarat untuk memastikannya.

Selain itu, ada sejumlah rangkaian gerakan tangan bahasa isyarat baru yang khusus diciptakan untuk film yang baru saja tayang di bioskop ini. Pasalnya, ada nama sejumlah karakter yang tidak ada dalam ASL (American Sign Language) atau bahasa isyarakat yang dipakai di AS.

"Dia dan saya bekerja dengan Chloé untuk memberikan nuansa apa yang tampak bagus di layar dan untuk menghasilkan tanda-tanda spesifik untuk setiap karakter, yang dapat digunakan oleh seluruh pemain dan Chloé," jelas Lauren.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/12/161623220/gara-gara-film-eternals-minat-belajar-bahasa-isyarat-meningkat-250-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke