Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

14 Pilihan Makanan Penambah Berat Badan, Baik untuk Dikonsumsi

KOMPAS.com - Ada sejumlah makanan penambah berat badan yang baik dikonsumsi.

Ketika mencari cara menaikkan berat badan, makan lebih banyak adalah salah satu usaha yang dapat dilakukan.

Namun, bukan berarti kita bisa sembarang mengasup makanan.

Menurut WebMD, makan lima atau enam kali sehari dengan porsi kecil lebih baik untuk menaikkan berat badan daripada tiga kali makan besar.

Cara ini juga memungkinkan kita mengasup lebih banyak kalori.

Namun, pastikan kalori bersumber dari makanan penambah berat badan yang bernutrisi, seperti sayur-sayuran, buah, susu, daging, dan kacang-kacangan.

Hindari mengasup kalori "kosong" atau makanan tinggi kalori tetapi rendah nutrisi, seperti makanan tinggi garam, gula, dan lemak tidak sehat.

Makanan penambah berat badan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, penting untuk mengonsultasikan rencana menaikkan berat badan dengan dokter.

Namun, secara kasar, menurut Verywell fit, menambah asupan 500 kalori per hari seharusnya sudah cukup memberikan kalori tambahan untuk menaikkan berat badan. Kalori tambahan bisa didapatkan dari mengonsumsi makanan dan camilan padat nutrisi.

Berikut sejumlah pilihan makanan penambah berat badan yang baik untuk dikonsumsi dan bisa membantu mendapatkan berat badan lebih ideal:

Menurut Healthline, porsi 158 gram nasi putih matang mengandung sekitar 204 kalori, 44 gram karbohidrat, dan sedikit lemak.

Nasi juga padat nutrisi. Artinya, kita bisa mendapatkan cukup banyak asupan karbohidrat dan kalori hanya dengan mengonsumsinya.

Makan nasi membantu kita makan lebih banyak. Ini terutama sangat membantu bagi orang-orang yang nafsu makannya buruk atau mudah kenyang.

Porsi segenggam kacang almond mentah mengandung sekitar 170 kalori, 6 gram protein, 4 gram serat,dan 15 gram lemak sehat.

Karena sangat padat nutrisi, konsumsi dua genggam kacang per hari sebagai tambahan makanan atau camilan sudah cukup menyumbang kalori dalam jumlah besar.

Tapi, pastikan memilih selai kacang 100 persen tanpa tambahan gula atau minyak tambahan.

Porsi 170 gram steak, misalnya, mengandung sekitar 5 gram leusina.

Leusina adalah asam amino kunci yang dibutuhkan tubuh untuk menstimulasi sintesis protein dan menambah jaringan otot baru.

Daging merah juga mengandung sekitar 456 kalori dan hampir 49 gram protein.

Dua cangkir spageti masak mengandung hampir 400 kalori, sementara satu cangkir saus bolognese pendamping spageti mengandung setidaknya 160 kalori.

Untuk menambah lebih banyak kalori, kita juga bisa menambahkan taburan keju parmesan, sehingga total sepiring spageti bisa mencapai 600 kalori.

Salmon dan ikan berlemak lainnya mengandung asam lemak omega-3 yanh baik untuk kesehatan dan membantu melawan penyakit.

Porsi 170 gram filet salmon mengandung sekitar 250 kalori dan 12 gram lemak sehat. Porsi saji yang sama menyediakan 37 gram protein berkualitas yang sangat baik untuk membentuk otot dan menaikkan berat badan.

Buah kering tersedia dalam berbagai jenis dan rata-rata tinggi gula alami. Artinya, kandungan ini baik untuk seseorang yang sedang mencari makanan penambah berat badan, terutama jika mencari makanan yang praktis dan rasanya enak.

Meski sebagian orang menganggap nutrisi buah akan hilang jika dikeringkan, buah kering tinggi serat dan kebanyakan vitamin dan mineralnya tetap ada.

Untuk asupan nutrisi yang maksimal, kita bisa mengonsumsinya bersama sumber makanan lain, seperti daging, keju, atau protein shake.

Satu buah alpukat ukuran besar mengandunf sekitar 322 kalori, 29 gram lemak, dan 14 gram serat.

Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, dan komponen menyehatkan lainnya.

Namun, hindari menjadikannya pengganti makanan pokok. Siapkan protein bar sebagai alternatif camilan sehat ketika kelaparan.

Cokelat hitam dengan sedikitnya 70 persen kakao disebut dapat membantu mengelola hormon stres dan kadar gula darah, serta manfaat kesehatan lainnya.

Seperti makanan sumber lemak tinggi lainnya, cokelat hitam juga sangat padat kalori. Porsi 100 gram cokelat hitam batang dengan 60-75 persen kakao mengandung sekitar 600 kalori serta mengandung mikronutrien dan komponen menyehatkan seperti serat, magnesium, dan antioksidan.

Porsi 28 gram keju cheddar atau seukuran dadu mengandung sekitar 110 kalori dan 7 gram protein.

Namun, rasanya yang lezat membuat keju dapat dipadukan hampir dengan berbagai jenis menu masakan.

Sebutir telur mentah mengandung sekitar 74 kalori. Telur juga bisa menjadi salah satu makanan penambah berat badan.

Untuk mendapatkan nutrisi secara maksimal, penting untuk memakan keseluruhan telur, yakni putih dan kuningnya. Sebab, kebanyakan nutrisi terkandung dalam kuning telur.

Selama tidak memiliki intoleransi terhadap telur, tidak ada batasan untuk mengonsumsinya. Kita bisa makan sekitar tiga butir telur per hari.

Setiap porsi yogurt bisa mengandung sekitar 165 kalori dan 15 gram protein, yang bisa kita konsumsi sendiri atau dijadikan topping.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/15/120502920/14-pilihan-makanan-penambah-berat-badan-baik-untuk-dikonsumsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke