Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cegah Komplikasi, Penyandang Diabetes Harus Kontrol Gula Darah

KOMPAS.com - Menjalani gaya hidup sehat dan disiplin mengonsumsi obat merupakan kunci untuk mengontrol kadar gula darah penyandang diabetes. Gula darah yang terkendali akan mencegah timbulnya komplikasi diabetes.

Penyakit diabetes yang tidak dikendalikan menyebabkan berbagai komplikasi seperti penyakit jantung, ginjal, hingga kerusakan saraf.

Ketua Umum Pengurus Besar Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni) Prof.Ketut Suastika Sp.PD-KEMD mengatakan, kondisi pandemi dengan berbagai pembatasan aktivitas membuat kegiatan penanganan diabetes yang biasa dipusatkan di rumah sakit mengalami hambatan.

"Penyandang diabetes membutuhkan pelayanan kesehatan yang optimal untuk mengontrol gula darah mereka," katanya dalam webinar yang diadakan Diabetasol memeringati Hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 November setiap tahunnya.

Ia menambahkan, Covid-19 sendiri merupakan penyakit yang lebih sering menyerang pasien diabetes, sehingga mereka diwajibkan dan diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin untuk mencegah terpapar Covid-19 dan mencegah penyakit menjadi lebih parah.

Untuk mengendalikan gula darah, selain mengonsumsi obat, penyandang diabetes dianjurkan untuk membatasi asupan karbohidrat, mengurangi asupan gula, dan menurunkan berat badan.

Ketua Persaturan Diabetes Indonesia (Persadia) dr.Sony Wibisono Sp.PD-KEMD mengatakan, kerentanan infeksi virus pada penyandang diabetes bisa dicegah dengan menjaga protokol kesehatan secara disiplin dan menjaga kondisi kesehatan.

Selain itu, ia menekankan pentingnya penanganan diabetes yang tepat untuk mencegah komplikasi.

“Diet 3J yaitu jumlah kalori yang dikonsumsi tiap hari, jadwal makan, dan jenis makanan yang dikonsumsi perlu terus diperhatikan oleh penyandang diabetes. Bukan hanya itu, penyandang diabetes juga harus olahraga 30 menit sehari, terapi obat minum dan suntik, serta mendapatkan penyuluhan yang memadai,“ lanjut Sony.

Webinar di 12 kota

Tahun ini, Diabetasol menggelar rangkaian webinar di 12 kota dengan pakar diabetes yang berbeda di setiap daerah. Webinar berlangsung pada 10, 11, dan 22 November di Medan, Palembang dan Lampung, Bandung, Jabodetabek, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Balikpapan, Makassar, dan Manado.

Webinar ini diikuti lebih dari 4.000 peserta dari seluruh tanah air.

"Bekerja sama dengan tim dokter spesialis, nutrisionis, dan dietisien di berbagai kota, kali ini Diabetasol mengajak masyarakat melakukan kontrol gula darah secara mandiri di tengah kondisi pandemi," kata Director of Special Needs and Healthy Lifestyle Nutrition KALBE Nutritionals, Tunghadi Indra.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/16/120909820/cegah-komplikasi-penyandang-diabetes-harus-kontrol-gula-darah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke