Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Idol Korea Ini Ternyata Fasih Berbahasa Inggris, Siapa Saja?

KOMPAS.com - Ketika mendengar seorang idol Korea fasih berbahasa Inggris, banyak orang mengira mereka adalah keturunan Korea-Amerika atau pernah tinggal di luar negeri.

Meski dugaan itu mungkin saja benar untuk beberapa orang, banyak juga idol Korea yang fasih berbahasa Inggris walau mereka bukanlah keturunan Korea-Amerika dan tidak pernah belajar di luar negeri.

Semakin banyak selebriti yang mempelajari bahasa dan berusaha untuk fasih tentu harus diapresiasi.

Sebab, mereka bisa berbahasa Inggris di usia yang tidak lagi muda dan bisa mempermudah mereka untuk menemukan peluang karier, serta memperlancar komunikasi dengan orang asing.

Deretan idol Korea yang bisa berbahasa Inggris

Nah, untuk kamu yang penasaran siapa saja idol Korea yang lancar berbahasa Inggris, simak daftarnya yang berikut ini, ya! Siapa tahu ada idol favortimu.

1. Gong Yoo

Pertama ada bintang The 1st Shop of Coffee Prince, Gong Yoo. Meski belum pernah belajar di luar negeri, aktor yang satu ini cukup fasih berbahasa Inggris.

Bahkan, ia memiliki acara radio ketika berdinas di kemiliteran, di mana Gong Yoo mengajar percakapan dasar dalam bahasa Inggris melalui pelajaran berbasis skenario.

Gong Yoo bahkan pernah melakukan wawancara penuh dengan BBC dalam bahasa Inggris, yang membuat banyak orang terkesan.

2. Lee Byung Hun

Lee Byung Hun pernah mengatakan dalam wawancara bahwa ia mulai belajar bahasa Inggris ketika masih muda karena kerabatnya di Amerika.

Ia mulai mengasah keterampilannya berbahasa Inggris ketika debut di Hollywood. Lee Byung Hun mengatakan kepada media Korea pada konferensi pers untuk film yang dibintanginya, G.I. Joe bahwa akting menggunakan bahasa Inggris berbeda dan lebih sulit daripada berbicara bahasa Inggris biasa.

Aktor Joint Security Area ini juga menceritakan, ketika salah satu kru mengetahui salah pengucapan, ia malah fokus pada pengucapan daripada fokus berakting.

3. RM BTS

Leader BTS favorit ARMY ini ternyata sangat fasih berbicara bahasa Inggris. Ia terlihat seperti orang yang pernah tinggal di negara yang berbahasa Inggris setidaknya selama beberapa tahun.

Namun, tahukah kamu kalau RM justru belajar bahasa Inggris dari menonton serial komedi, Friends?

Kepada Yahoo Music, RM mengatakan serial itu menampilkan pertunjukkan yang sangat bagus dan berjalan seperti hidupnya.

"Pertama, saya tidak tertarik, karena saya tidak bisa mengerti sepatah kata pun. Tapi [ibuku] untungnya membiarkan saya menontonnya dalam bahasa Korea, seperti, subtitle," kata RM.

"Jadi, saat saya menonton pertunjukannya, dan saya sangat menyukai pertunjukan itu karakternya, kisah cintanya. Ia membeli DVD, musim 1 sampai 10 dan saya mengulanginya seperti belasan kali."

"Saya pikir itu sebabnya [saya belajar bahasa Inggris dengan sangat baik]. Percakapan mereka jelas dan mudah dimengerti," tambahnya.

4. Rain

Rain bisa disebut idol Korea yang cukup banyak dikenal masyarakat Indonesia. Ketika Rain menikmati popularitasnya di Asia, ia mendapat tawaran sebagai pemeran utama film Hollywood, Ninja Assassin.

Secara jujur ia mengakui mengakui bahwa baru mulai belajar bahasa saat berakting di film tersebut. Meski begitu, penampilannya membuat penonton bioskop terkesan.

Rain mengungkapkan, ia belajar bahasa Inggris dengan cara berbicara pada dirinya sendiri. Misalnya, saat akan duduk di kedai kopi, ia bertanya pada dirinya sendiri dan menjawabnya sendiri.

5. SHINee Key

Meskipun Key berada di Amerika hanya selama enam minggu untuk exchange programme, ia terus belajar bahasa sampai mahir saat percakapan bahasa Inggris.

Key terkadang menggunakan bahasa Inggris di caption Instagram-nya untuk berkomunikasi dengan penggemar di seluruh dunia.

6. Yeon Jung Hoon

Aktor film seri televisi East of Eden ini saat tahun pertama di SMP, pindah ke AS untuk tinggal bersama bibinya dan sekolah di California.

Ia bersekolah di sana sebelum kembali ke Korea Selatan untuk kuliah. Yeon Jung Hoon mengungkapkan dalam sebuah wawancara bahwa kefasihannya berbahasa Inggris adalah salah satu alasan istrinya yang sekarang, Han Ga In, tertarik padanya

Yeon Jung Hoon juga mengatakan bahwa pernah mendengar dirinya berbicara dengan sepupunya yang tinggal di AS dan di telepon dan berpikir ia terlihat menawan saat berbicara bahasa asing.

7. Choi Siwon

Di urutan idol Korea selanjutnya yang fasih berbahasa Inggris ada Choi Siwon. Masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan ketampanan member Super Junior ini yang pernah menghiasi iklan salah satu produk mi instan.

Choi Siwon sering mewakili boyband-nya untuk berbicara saat mengunjungi negara yang berbahasa Inggris.

Rekan-rekannya Super Junior pernah mengungkapkan dalam sebuah variety show bahwa Choi Siwon cenderung menyelipkan kata-kata bahasa Inggris setiap kali dia marah.

8. Song Seung Heon

Walau Song Seung Heon adalah orang asli Korea dan tidak pernah belajar di luar negeri, kemampuan bahasa Inggrisnya tak bisa dianggap sebelah mata.

Ia memamerkan sedikit kemampuan berbahasanya saat menyapa media dalam bahasa Inggris di Singapura. Selain itu, Song Seung Heon juga pernah terlihat berkomunikasi dengan aktris Tiongkok dan mantan pacarnya Liu Yifei dalam bahasa Inggris.

9. Taecyeon 2pm

Taecyeon belajar di Amerika mulai dari sekolah menengah hingga sekolah menengah atas.

Maka tidak mengherankan lagi jika ia fasih berbahasa Inggris dan bahkan bisa berbicara dengan aksen Amerika.

Aktor Vincenzo ini mengungkapkan di sebuah variety show bahwa kadang-kadang staf agensinya akan meminta bantuannya untuk memeriksa lirik bahasa Inggris untuk memastikan mereka secara tata bahasa terdengar secara jelas.

10. Kang Dong Won

Ketika aktor itu berada di Singapura, ia membuat awak media terkesan dengan kefasihannya dalam bahasa Inggris.

“Saya telah belajar bahasa Inggris selama lima tahun terakhir. Saya ingin bepergian sendiri dan ingin berkomunikasi tanpa bantuan penerjemah. Saya berharap bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja di luar negeri suatu hari nanti," ucap Kang Dong Won kepada The Straits Times.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/16/200902720/10-idol-korea-ini-ternyata-fasih-berbahasa-inggris-siapa-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke