Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Manfaat Pull Up bagi Tubuh

Untuk melakukannya, kita bisa mulai dengan bergelantungan pad pull up bar dengan telapak tangan menghadap ke luar tubuh kita dan tubuh terentang sepenuhnya.

Kemudian, tarik tubuh ke atas hingga dagu berada di atas palang.

Pull up sering dikira sama dengan chin up, namun keduanya berbeda. Pada chin up, telapak tangan dan tangan menghadap ke tubuh.

Meski tergolong latihan lanjutan karena lebih sulit daripada chin up, namun para pemula bisa mencoba pull up modifikasi yang dilakukan dengan mesin dan tetap mendapatkan manfaat pull up bagi tubuh.

Manfaat pull up bagi tubuh

Melansir Healthline, berikut beberapa manfaat pull up bagi tubuh yang bisa kita dapatkan dengan mempraktikannya secara rutin:

Beberapa otot punggung yang dilatih ketika melakukan pull up antara lain latissimus dorsi yang membentang dari punggung tengah ke bawah ketiak dan tulang belikat, trapezius yang terletak dari leher hingga kedua bahu, spinae erektor toraks yang membentang di sepanjang tulang belakang dada, dan infraspinatus yang membantu merentangkan bahu dan terletak di tulang belikat.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kita perlu mempraktikannya secara teratur.

Jika kesulitan melakukan pull up penuh, kita bisa melakukan dengan bantuan atau cukup berada pada posisi pull up, yakni menggantung tubuh dari bar, sudah dapat meningkatkan kekuatan sambil kita belajar melakukan gerakan lengkap.

Kekuatan cengkeraman penting untuk beberapa hal, seperti mengangkat beban dan meningkatkan kinerja di banyak olahraga, seperti golf, tenis, panjat tebing, dan bowling.

Dalam kehidupan sehari-hari, cengkeraman yang kuat juga penting untuk melakukan tugas-tugas seperti membuka wadah makanan yang sulit, mengajak hewan peliharaan berkeliling, dan membawa barang makanan.

Studi menunjukkan bahwa latihan kekuatan penting untuk mendorong perkembangan tulang dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, cobalah melakukan latihan kekuatan dengan gerakan seperti pull up dua hingga tiga kali seminggu.

Sejumlah studi menemukan bahwa melakukan latihan kekuatan secara teratur dapat membantu mengurangi lemak viseral dan membantu mengelola diabetes tipe 2.

Latihan kekuatan, termasuk pull up, juga dapat membantu mengurangi tekanan darah saat istirahat serta mengurangi nyeri punggung dan ketidaknyamanan yang terkait radang sendi dan fibromyalgia.

Namun, sebelum memulai latihan, penderita penyakit yang disebut di atas perlu berbicara dengan dokter sebelum memulai latihan, untuk mengonsultasikan apakah latihan ini aman. Selain itu, konsultasi dengan dokter juga penting untuk memastikan hasilnya optimal.

Sebuah tinjauan studi di 2010 menemukan korelasi positif antara latihan kekuatan dan kondisi seperti mengurangi gejala kecemasan, meningkatkan fungsi kognitif, mengurangi kelelahan, mengurangi depresi, serta dan meningkatkan kepercayaan diri.

Meski dampaknya terdengar positif, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi hasil ini lebih lanjut.

Menantang otot dengan gerakan yang sulit juga merupakan salah satu manfaat pull up bagi tubuh untuk membantu meningkatkan tingkat kebugaran secara keseluruhan.

Jika belum pernah melakukan pull up sebelumnya, menambahkannya ke rutinitas olahraga harian dan melihat adanya peningkatan yang besar terhadap kekuatan.

Untuk mendapatkan manfaat pull up bagi tubuh, penting untuk memerhatikan postur yang tepat.

Menurut Well and Good, sebelum mencobanya, pastikan tidak memiliki cedera pergelangan tangan atau bahu, karena sendi keduanya sangat digunakan ketika mempraktikkan pull up.

Selain itu, pastikan mengetahui postur yang tepat untuk menghindari cedera. Pastikan leher rileks, sebab banyak orang cenderung menegangkan leher ketik Melakukan pull up.

Mulailah dengan perlahan. Jika belum sanggup melakukan gerakan pull up penuh, mulailah dengan gerakan modifikasi seperti menggunakan mesin di pusat kebugaran.

Selain itu, bar pull up harus berada pada ketinggian yang pas, di mana kita bisa melompat untuk meraihnya dan kaki harus tergantung secara bebas.

Melansir Verywell Fit, berikut cara melakukan pull up yang dapat dipraktikkan:

- Berdiri selebar bahu, kemudian melompat dan genggam bar selebar bahu pula.

- Rentangkan lengan sepenuhnya sehingga kita berada pada posisi bergelantungan sepenuhnya.

- Tekuk lutut dan silangkan pergelangan kaki untuk menyeimbangkan posisi.

- Ambil napas ketika tubuh berada di posisi bawah, lalu buang napas sambil menarik diri ke atas hingga dagu sejajar dengan palang.

- Jeda beberapa detik ketika berada di atas. Kemudian, turunkan tubuh perlahan hingga siku lurus kembali. Saat menurunkan tubuh kita bisa sambil menarik napas.

- Ulangi gerakan tanpa kaki menyentuh lantai dan lakukan pengulangan sesuai kebutuhan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/22/080927020/7-manfaat-pull-up-bagi-tubuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke