Salin Artikel

8 Tips Awet Muda Wanita Jepang, Mudah Ditiru

Beberapa kebiasaan positif yang dapat dipraktikkan termasuk menjalani pola makan sehat dan seimbang, rajin merawat kulit, dan mandi air panas.

Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal, penting untuk menjalaninya secara konsisten dan bersabar. Sebab, hasil mungkin tidak didapatkan secara instan.

Tips awet muda wanita Jepang

Berikut beberapa tips awet muda wanita Jepang yang dapat kita praktikkan dalam keseharian.

Pakar kecantikan Jepang dan CEO Yibu Beauty, Steve Jan meyakini kulit yang cantik juga ditentukan dengan apa yang ada di dalam tubuh.

Ia mengatakan kepada Byrdie, pola makan ala orang Jepang kaya akan sayuran dan ikan, serta konsumsi daging dan makanan tinggi gula yang sangat rendah.

Para wanita Jepang juga meyakini teh hijau adalah salah satu sumber kulit yang cantik dan bercahaya.

Skincare memang faktor penting jika mencari tahu tips awet muda wanita Jepang. Namun, Jan mengatakan, bagaimana kita mengaplikasikannya juga sama pentingnya.

Wanita Jepang meyakini pijat wajah adalh kunci kulit yang bebas kerutan.

Untuk melakukannya, aplikasikan produk sambil memijat lembut wajah dengan gerakan memutar.

Trik antipenuaan ini juga bisa membantu membuat otot wajah rileks dan meningkatkan sirkulasi.

Pijat dengan gerakan ke arah atas untuk membantu mengangkat kulit yang turun.

Penggunaan alat pijat wajah juga dapat membantu.

Rutin menjalani ritual skincare bertahap juga merupakan salah satu tips awet muda wanita Jepang.

Menurut HealthSite, tahapan skincare ala wanita Jepang meliputi empat tahapan, yakni double cleansing (pembersihan ganda) dan double moisturising (pelembap ganda).

Pembersihan ganda menargetkan pembersihan menyeluruh pada kulit dengan menghapus semua riasan dan penumpukan sel kulit mati, sebum dan kotoran lingkungan dari wajah menggunakan dua pembersih.

Pembersih pertama adalah pembersih berbasis minyak, diikuti dengan pembersih berbahan dasar air yang berbusa.

Untuk kelembapan ganda, losion dapat digunakan untuk melembutkan dan menghidrasi kulit, mempersiapkannya untuk menerima pelembap berikutnya yang membantu mengunci hidrasi di kulit.

Kebanyakan wanita Jepang melakukan pembersihan wajah di malam hari sebelum tidur dan ini adalah tahapan penting. Mereka bahkan melakukannya meskipun tidak memakai riasan wajah.

Tips awet muda wanita Jepang lainnya adalah mengaplikasikan tabir surya secara rutin, tak peduli seperti apapun cuacanya.

Menurut dokter kulit tersertifikasi badan dan juru bicara Tatcha, Jenny Liu, MD, banyak tabir surya yang digunakan para wanita Jepang dan Korea diformulasikan dengan tekstur yang lebih ringan serta mudah diserap kulit agar nyaman digunakan sehari-hari dan terasa lebih bagus di bawah riasan.

Tips awet muda wanita Jepang yang lainnya adalah mandi air panas.

Mandi beruap dalam waktu cukup lama serta diperkaya dengan minyak, essense, dan teh adalah bagian rutin dari ritual kecantikan wanita Jepang.

Logikanya adalah menyiapkan diri yang lebih tenang sebelum siap merawat kulit agar lebih cantik dan indah.

Menurut Stylist, sebuah studi dari Ehime University di Matsuyama, Jepang menemukan bahwa mandi air panas secara teratur selain membantu membantu mengendurkan otot juga berkaitan dengan kesehatan jantung dan peredaran darah yang lebih baik.

Orang yang rajin mandi air panas setidaknya lima kali seminggu menunjukkan penanda aterosklerosis, atau penumpukan plak di arteri, lebih rendah.

Para peneliti bertanya kepada lebih dari 800 orang tua Jepang tentang praktik mandi air panas mereka. Mereka mendefinisikan air panas sebagai air dengan suhu lebih dari 41 derajat Celcius dan mereka rata-rata mandi selama 12,4 menit.

Minum dua hingga empat cangkir kecil teh hijau setiap hari adalahs alah satu tips awet muda wanita Jepang.

Sebab, teh hijau tinggi akan antioksidan yang sangat baik dan membantu melindungi tubuh dari kerusakan lingkungan dan penuaan dini.

Di Jepang, kebanyakan keluarga fokus ketika makan dengan duduk dan makan bersama.

Mereka juga mengikuti adagium lama, "hara, hachi, bu", yang artinya adalah makan hingga delapan bagian penuh. Maksudnya, ini mengingatkan orang untuk berhenti makan ketik perut mereka baru penuh 80 persen atau berhenti makan sebelum kenyang.

Dosen imunologi dari University of Sussex, Dr Jenna Macciochi menjelaskan, usus dan proses pencernaan adalah stres peradangan pada tubuh dan peradangan adalah pendorong utama penuaan.

Maka tak heran jika berhenti makan sebelum kenyang menjadi salah satu tips awet muda wanita Jepang.

Jadi, semakin banyak kita makan, semakin besar peradangan yang harus dihadapi tubuh.

Biasanya, otak butuh waktu sekitar setengah jam untuk mengenali kapan kita merasa kenyang setelah makan. Jadi, lebih baik berhenti lebih awal sebelum kekenyangan.

Banyak bergerak atau beraktivitas fisik adalah salah satu tips awet muda wanita Jepang dan tips sehat secara umum.

Seiring bertambahnya usia, kebayakan dari kita sulit untuk berolahraga secara rutin. Padahal, olahraga tak mesti berat.

Para lansia di Jepang justru memprioritaskan untuk terus bergerak alih-alih fokus pada aktivitas fisik yang intens. Misalnya, bersepeda saat pergi ke toko, banyak berjalan kaki, atau rutin melakukan tai chi di taman.

Kepala petugas medis di Now Patient, Dr Andrew Thornber menyarankan untuk mengubah posisi duduk kita di kursi setiap 30 menit atau berjalan kaki singkat untuk mengendurkan persendian.

Thornber juga merekomendasikan untuk memulai hari dengan peregangan agar darah tetap mengalir dengan lancar.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/22/111151320/8-tips-awet-muda-wanita-jepang-mudah-ditiru

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.