BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Prodia
Salin Artikel

6 Tips agar Olahraga Jadi Lebih Efektif untuk Turunkan Berat Badan

Maka dari itu, kita perlu mengombinasikannya dengan berolahraga.

Namun, meskipun berolahraga adalah cara terbaik untuk mencapai tujuan penurunan berat badan dan tetap bugar, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar menjadi jauh lebih efektif.

Nah, setidaknya ada enam tips mudah yang bisa dicoba agar olahraga yang kita lakukan menjadi lebih efektif untuk turunkan berat badan.

1. Memiliki rencana

Bagi kita yang baru saja memulai olahraga atau pergi ke gym, pastikan kita telah memiliki rencana/program.

Berolahraga tanpa bagan program yang tepat tidak hanya akan membuat olahraga menjadi kurang efisien, tetapi juga akan membuang banyak waktu dan kurang termotivasi.

Oleh sebab itu, fokuslah pada apa yang ingin kita lakukan, area tubuh mana yang ingin kita targetkan untuk dibentuk.

Selanjutnya, atur semuanya supaya kita bisa mencapai tujuan akhir penurunan berat badan yang lebih sehat.

2. Jauhkan diri dari gangguan

Hal pertama yang harus kita lakukan saat memasuki sesi latihan adalah menjauhkan diri dari segala bentuk gangguan.

Ini bisa berarti menempatkan ponsel pada mode pesawat atau mematikan pikiran negatif kita selama melakukan olahraga.

Intinya, apa pun yang kita lakukan sebisa mungkin dapat meningkatkan kinerja, dan memberikan hasil yang signifikan terhadap penurunan berat badan.

3. Menyetel musik yang memacu semangat

Cara terbaik mengisi rutinitas olahraga adalah dengan menyetel musik yang memacu semangat, atau sesuatu yang membuat kita tetap berdiri dan rileks.

Jika kita hanya fokus berolahraga dan menghindari semua kesenangan yang bisa didapatkan, kita mungkin akan bosan dan kehilangan minat.

Di sisi lain, hal ini juga dapat menghambat konsistensi kita pada rutinitas olahraga yang tentunya memengaruhi rencana penurunan berat badan.

4. Lakukan peregangan 

Sebelum memulai olahraga, ingatlah untuk melakukan peregangan.

Peregangan dapat membantu otot melakukan pemanasan untuk setiap olahraga yang akan diikuti.

Para ahli juga merekomendasikan untuk beralih ke gerakan peregangan dinamis melalui berbagai peregangan yang membuat kita tetap aktif, meningkatkan suhu tubuh, dan detak jantung.

Pada gilirannya, peregangan bisa membantu meningkatkan fleksibilitas, serta memungkinkan kita untuk menuai manfaat maksimal dari setiap olahraga.

5. Luangkan waktu untuk beristirahat

Baik itu seorang pemula atau profesional terlatih, istirahat di antara rutinitas olahraga adalah poin yang sangat penting.

Karena tanpa istirahat, kita mungkin akan merasa kelelahan dan kehilangan konsistensi.

Selain itu, kurang istirahat juga bisa membuat kita lebih rentan mengalami cedera, dan dapat berdampak buruk pada kesehatan secara keseluruhan.

Seperti yang lainnya, tubuh juga membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan perubahan tertentu dan membutuhkan waktu untuk pulih.

6. Beralih ke latihan gabungan

Apabila kita benar-benar ingin mulai melihat beberapa hasil yang efektif, gunakan gerakan majemuk atau latihan yang menargetkan dan melibatkan banyak kelompok otot, bukan hanya satu.

Ini dapat membantu kita mencapai lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.

Latihan gabungan tidak hanya meningkatkan massa otot secara keseluruhan, tetapi juga membantu kita membakar kalori maksimum yang bagus untuk menurunkan berat badan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/23/115957620/6-tips-agar-olahraga-jadi-lebih-efektif-untuk-turunkan-berat-badan

Bagikan artikel ini melalui
Oke