Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Cara Menghentikan Kebiasaan "Overthinking"

KOMPAS.com - Ada berbagai cara agar tidak overthinking yang dapat dicoba, termasuk fokus menyelesaikan masalah, praktik mindfulness, dan mencari pengalihan.

Terlalu banyak berpikir atau overthinking adalah kondisi yang banyak dialami. Namun, jika dibiarkan berkepanjangan, overthinking dapat mengganggu kesejahteraan diri kita.

Menurut Forbes, memikirkan kekurangan atau kesalahan yang sama terus-menerus dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan mental.

Ketika kesehatan mental menurun, kita cenderung semakin banyak berpikir dan pada akhirnya masuk ke dalam lingkaran setan yang sulit diputus.

Tak hanya itu, studi juga menunjukkan bahwa overthinking biaa menyebabkan tekanan emosional yang serius.

Untuk menghindari tekanan itu, banyak orang menggunakan strategi pengalihan yang tidak sehat, misalnya minum alkohol atau makan makanan tidak sehat. Kebiasaan buruk ini sebaiknya dihindari, dan lebih luas lagi, kita perlu mencari tahu cara agar tidak overthinking yang paling efektif bagi diri kita sendiri.

Cara agar tidak overthinking

Berikut sejumlah cara agar tidak overthinking yang dapat kita praktikkan:

Psikoterapis, pembicara, dan penulis 13 Things Mentally Strong People Don’t Do, Amy Morin menulis di laman Forbes bahwa kesadaran adalah langkah penting pertama jika mencari cara agar tidak overthinking.

Ketika menyadari bahwa kita terus-menerus memutar ulang peristiwa di pikiran atau mengkhawatirkan hal yang sama padahal tidak bisa kita kendalikan, akui bahwa itu adalah pikiran yang tidak produktif.

2. Melawan pikiran kita

Sangat mudah terbawa dengan pikiran-pikiran buruk. Jadi, sebelum hal buruk lainny terjadi karena overthinking yang mengganggu aktivitas harian kita, pahami bahwa kebiasaan overthinking akan memberi dampak buruk buat kita.

Sebagai salah satu cara agar tidak overthinking, pastikan kita menyadari pikiran dan cobalah melawannya sebelum pikiran-pikiran itu benar-benar mengganggu kita.

Overthinking sangatlah tidak berguna jika kita tidak memikirkan solusinya.

Jadi, cara agar tidak overthinking adalah menanyakan pada diri sendiri apa yang bisa kita pelajari dari masalah di masa lalu atau menghindari masalah yang sama di kemudian hari.

Alih-alih terus menanyakan mengapa situasi itu bisa terjadi, lebih baik fokus pada penyelesaian dengan memikirkan apa yang bisa kita lakukan.

4. Meluangkan waktu untuk refleksi

Overthinking tentang suatu masalah pada periode waktu yang lama adalah sesuatu yang tidak produktif. Namun, merefleksikan masalah di masa lalu adalah sesuatu yang dapat membantu.

Misalnya, memikirkan bagaimana kita bisa menjalani sesuatu dengan cara yang berbeda atau menemukan potensi batu sandungan terhadap masalah kita adalah sesuatu yang bisa menolong kita di masa depan.

Cobalah meluangkan sekitar 20 menit waktu untuk berpikir setiap harinya.

Di waktu tersebut, biarkan diri kita merasakan kekhawatiran atau merenungkan hal apapun yang diinginkan.

Kemudian, jika waktunya sudah habis, lakukan sesuatu yang lebih produktif.

Jadi, ketika suatu waktu kita mulai overthinking lagi, ingatlah bahwa kita punya waktu yang diluangkan khusus untuk memikirkan itu nanti.

Salah satu cara agar tidak overthinking adalah dengan menemukan pengalihan atau distraksi. Carilah aktivitas yang kita sukai.

Ini bisa seperti mempelajari skill memasak, pergi ke kelas olahraga favorit, mencoba hobi baru, dan lainnya.

6. Mengambil napas dalam

Meski terdengar sepele, namun mengambil napas dalam cukup efektif sebagai cara agar tidak overthinking.

Ketika pikiran sudah mulai dipenuhi kekhawatiran-kekhawatiran, cobalah menutup mata dan bernapas dalam-dalam.

Untuk melakukannya, temukan tempat nyman untuk duduk dan mengistirahatkan leher dan bahu.

Letakkan salah satu tangan di atas dada dan satu lagi di atas perut.

Bernapaslah melalui hidung dan pusatkan perhatian pada dada dan perut selama bernapas.

Lakukan latihan ini tiga kali sehari selama lima menit, atau kapan pun mulai merasa overthinking.

Cara agar tidak overthinking lainnya adalah dengan melihat gambaran jangka panjang. Apakah masalah itu akan berdampak pada pikiran kita dalam lima hingga 10 tahun ke depan?

Jangan biarkan masalah-masalah kecil berubah jadi masalah besar yang signifikan di tahun-tahun mendatang jika kita terlalu banyak memikirkannya.

8. Membantu orang lain

Mencoba meringankan beban orang lain dapat membantu kita menempatkan segala sesuatunya dalam perspektif.

Pikirkan bagaimana kita bisa membantu orang lain yang sedang mengalami masa sulit. Meski sepele, hal ini bisa membantu sebagai cara agar tidak overthinking.

Ini bisa berupa hal sederhana, seperti apakah teman kita yang sedang dalam proses perceraian butuh dibantu dalam pengasuhan anak? Bisakah kita membatu mengirim bahan makanan untuk tetangga yang sakit?

Menyadari bahwa kita punya kekuatan untuk membuat hari seseorang menjadi lebih baik dapat mencegah pikiran negatif mengambil alih.

Ini juga memberi kita kesempatan untuk melakukan sesuatu yang produktif alih-alih terus memikirkan kekhawatiran-kekhawatiran yang tidak pernah berakhir.

Terus memikirkan masalah di masa lalu tidak akan membuat masalah itu pergi.

Daripada fokus menyalahkan diri sendiri atas sesuatu yang kita lakukan di waktu lalu, cobalah fokus dengan rasa syukur.

Sebagai salah satu cara agar tidak overthinking, mulailah dengan memikirkan pikiran yang membuat kita stres. Kemudian, perhatikan emosi dan respons tubuh yang muncul.

Akui bahwa perasaan kita benar-benar ada. Dalam hati, ungkapkan frasa-frasa seperti “bolehkah saya menerima diri saya apa adanya” atau “kehidupan saya sudah cukup."

10. Meminta bantuan

Jika semua cara agar tidak overthinking sudah dicoba namun tak berhasil. Ingatlah bahwa kita tak perlu menanganinya sendiri.

Mintalah bantuan profesional untuk membantu kita mengatasi masalah overthinking yang memengaruhi performa harian kita. Mereka memiliki alat-alat untuk membantu kita mengubah pola pikir dan menyelesaikan masalah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/23/130803820/10-cara-menghentikan-kebiasaan-overthinking

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke