Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sepuluh Jenis Pohon Palem Ini Bisa Ditanam di dalam Ruangan

KOMPAS.com – Palem merupakan pohon yang cocok digunakan untuk mempercantik interior ruangan. Selain mudah dirawat, pohon ini banyak digemari karena membuat suasana tropis dalam ruangan semakin hidup dan bisa menjaga kelembapan.

Pohon palem yang berasal dari famili Arecaceae, biasa hidup di wilayah iklim tropis dan subtropis. Oleh sebab itu, pohon palem cocok dengan suhu hangat, kelembaban rata-rata, dan cahaya sedang dalam ruangan.

Meski begitu, kamu tidak bisa sembarangan membeli pohon palem untuk ditempatkan di dalam ruangan. Sebab, tumbuhan ini punya bentuk pertumbuhan yang bervariasi. Ada pohon palem yang bisa tumbuh menjulang tinggi dan ada juga yang pendek.

Nah, supaya kamu tidak salah membeli, yuk ketahui jenis pohon palem apa saja yang bisa ditempatkan di dalam ruangan. 

Palem parlor yang punya nama ilmiah Chamaedorea elegans bisa menjadi tanaman hias yang menarik karena pertumbuhannya yang kompak dan menggumpal, menyerupai batang bambu.

Karena bentuknya yang apik, tak mengeherankan jika palem parlor menjadi tumbuhan  populer untuk ditempatkan di dalam ruangan dan telah dibudidayakan sebagai tanaman hias selama 50 tahun.

Di habitat aslinya, palem parlor bisa tumbuh pada ketinggian 3 hingga 3,5 meter. Tapi, jika pohon ini ditempatkan di dalam ruangan, ketinggiannya hanya berkisar 0,5 hingga 1,8 meter.

Untuk perawatan palem parlor terbilang mudah. Pohon ini bisa mentolerir kondisi rendah cahaya, tapi jika sampai kekurangan pancaran sinar matahari maka pertumbuhannya akan melambat.

Pohon ini bisa ditanam di pot berukuran besar di taman dan bisa tumbuh hingga 1,5 meter. Sedangkan, pada kondisi mendapat sinar matahari tidak langsung yang cerah, palem kuning bisa tumbuh hingga ketinggian 2,4 meter.

Apabila ingin palem kuning terawat, jangan siram pohon ini dengan banyak air. Sebaliknya, tanah yang digunakan sebagai media tanam palem kuning harus dijaga dalam kondisi kering.

Palem phoenix yang berasal dari Cina selatan ini, memiliki daun yang rapat dan berbulu dengan warna hijau mengkilap, hijau keperakan, atau hijau tua. Pada umumnya, palem phoenix toleran terhadap kekeringan.

Meski begitu, jenis palem yang satu ini juga cocok untuk menghias ruangan berukuran besar karena bisa tumbuh hingga ketinggian 4,5 meter.

Ciri khas paling nampak dari palem kipas cina atau Livistona chinensis adalah daunnya yang berbentuk bintang. Jika palem kipas cina hendak ditempatkan di dalam ruangan, sebaiknya taruh pohon ini di kondisi cahaya terang yang tidak langsung.

Palem majesty tumbuh relatif cepat dan dapat mencapai ketinggian hingga 4,5 meter saat berusia matang. Pohon ini bisa tumbuh secara maksimal dalam kondisi cahaya terang yang tidak langsung.

Berbeda dengan jenis pohon palem lain yang bisa hidup di kondisi tanah kering, palem majesty ini justru suka tanahnya dalam kondisi lembap, namun tidak tergenang air.

Meskipun batangnya padat, palem cascade atau Chamaedorea cataractarum dapat tumbuh hingga ketinggian 1,8 meter. Kendati demikian, jenis palem ini bisa ditanam dalam ukuran kecil asalkan media tanamnya juga berukuran kecil.

Palem cascade yang merupakan tumbuhan asli dataran rendah basah Amerika Tengah, membutuhkan tanah yang lembab dan tidak basah untuk proses pertumbuhannya

Jenis palem ini bisa tumbuh secara maksimal jika ditaruh di kondisi cahaya terang yang tidak langsung.

Palem nolina yang masih berkerabat dengan Asparagaceae, punya batang yang kokoh sebagai tempat menyimpan cadangan air. Hal ini tentunya membuat palem nolina tahan terhadap kekeringan.

Agar palem nolina bisa tumbuh subur, tempatkan di kondisi cahaya terang yang tidak langsung namun tetap ditanam di dalam pot.

Palem sagu yang berasal dari Jepang selatan, adalah tanaman yang tumbuh lambat dan bisa mencapai ketinggian 0,9 meter.

Palem sagu membutuhkan kelembaban yang teratur dan konsisten, serta sinar matahari cerah yang tidak langsung untuk tumbuh.

Alasannya, palem yucca bisa tumbuh hingga ketinggian 1,5 meter, tahan kering, dan cukup ditaruh di bawah sinar matahari cerah tidak langsung selama berada di ruangan.

Kamu bisa mengenali palem yucca ini dari batangnya yang mirip tebu dan dedaunan yang tajam seperti pedang.

Palem kentia cocok ditempatkan di dalam ruangan karena tahan hawa dingin, mudah dirawat, dan tidak memerlukan banyak ruang.

Agar tampilan ruangan menjadi semakin tropikal, sebaiknya tempatkan tiga atau lebih pohon palem kentia.

Cara menanam pohon palem di dalam ruangan

Meskipun beberapa jenis punya kondisi pertumbuhan yang berbeda, kebanyakan pohon palem bisa tumbuh subur dengan perawatan yang tidak jauh berbeda.

Berikut ini cara umum yang biasa dilakukaan untuk merawat pohon palem di dalam ruangan:

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/25/113650320/sepuluh-jenis-pohon-palem-ini-bisa-ditanam-di-dalam-ruangan

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.