Salin Artikel

Daun Pandan untuk Mengusir Kecoa, Efektifkah?

Laman Home Decor menjelaskan, serangga seperti kecoa bernapas melalui trakea yang melekat pada bukaan spirakel di semua segmen tubuhnya.

Artinya, serangga ini bernapas melalui "kulit" dan tidak dapat mentoleransi partikel wewangian yang bisa menyumbat kulitnya.

Mengisi udara dengan wewangian, seperti pandan, bisa "mencekik" kecoa dan membuatnya tidak betah berada di ruangan tersebut.

Sementara itu, ahli entomologi medis dari Rentokil Initial Singapura, Dr Chan, mengatakan daun pandan segar bukanlah solusi mengendalikan kecoa apalagi mengendalikan serangan kecoa.

Serangga itu memang akan menghindari daun pandan, namun tidak akan membunuhnya. Apalagi jika daun pandan sudah mengering. Daun pandan yang sudah mengering malah bisa menjadi sumber makanan bagi kecoa dan hama lainnya.

Selain itu, menempatkan daun pandan di satu titik saja hanya akan mengusir kecoa dari area tersebut dan mungkin berpindah ke area lain.

Jika ingin menggunakan daun pandan untuk mengusir kecoa, penting untuk menggunakan daun pandan segar dan memastikan daun ini selalu ada di rumah.

Kita perlu menggantinya secara rutin. Sebab, daun pandan yang disimpan di lemari selama lebih dari sebulan, misalnya, mungkin sudah tidak bisa memberikan manfaat yang maksimal.

Selain itu, daun pandan untuk mengusir kecoa juga bisa dipraktikkan dengan membuat semprotan semprotan daun pandan.

Menurut DrHealthBenefits, cobalah menambahkan ekstrak daun pandan ke dalam air dan masukkan campurannya ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan campuran tersebut ke area-area yang biasa didatangi kecoa.

Jika menemukan serangan kecoa yang sulit dibasmi, cara mengusir kecoa yang dijelaskan pada tautan ini bisa dicoba.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/25/115019920/daun-pandan-untuk-mengusir-kecoa-efektifkah

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.