Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Valerie Thomas Pilih Bralette ketimbang Bra, Apa Perbedaannya?

KOMPAS.com - Valerie Thomas mengaku lebih suka mengenakan bralette dalam kesehariannya dibandingkan bra biasa.

Ia tidak pernah membawa bra ketika bepergian, bahkan tidak pernah memilikinya dalam koleksi pakaiannya.

Putri bungsu aktor Jeremy Thomas ini mengatakan, kebiasaan tersebut ditirunya dari ibunya.

Belakangan, kebanyakan wanita memang lebih suka mengenakan bralette dibandingkan pakaian dalam lainnya. Alasannya, pelindung payudara jenis ini jauh lebih nyaman dan ringan dikenakan sehari-hari.

Bralette umumnya terbuat dari material yang ringan, seperti katun, renda, atau sutra. Pemilihan bahannya membuat bralette terasa mewah dan tetap cantik dikenakan.

Selain itu, bralette tidak memiliki kawat sehingga tidak ada risiko tertusuk kawat ketika sedang memakainya. Selama ini, banyak wanita merasa tersiksa mengenakan bra karena kawat di bagian dalamnya terasa sesak dan menusuk kulit.

Bralette, pakaian dalam wanita yang nyaman dan indah

Beberapa tahun belakangan, bralette mulai banyak dilirik dan dikenakan oleh sejumlah pesohor. Misalnya saja supermodel Kendall Jenner atau Bella Hadid yang langsung meningkatkan popularitasnya.

Sejumlah brand pakaian dalam ternama juga mulai lebih banyak memproduksi bralette dibandingkan jenis bra lainnya, termasuk push up bra yang sebelumnya jadi favorit wanita.

“Bralette adalah bra yang tidak terstruktur. Biasanya tidak bergaris, tidak berlapis, bebas kawat, ” jelas Cora Harrington, yang mendirikan dan menjalankan situs web Lingerie Addict selama delapan tahun.

Bra tanpa kawat sebenarnya bukan hal yang baru, bahkan sudah mulai diproduksi sejak tahun 1920an. Harrington mengatakan, bralette yang saat ini menjadi tren banyak dikenakan di era 1930an.

Hanya saja, bra tanpa kawat selama ini dianggap tidak fashionable dan tidak bisa membuat bentuk payudara terlihat indah.

Harrington menilai popularitas bralette berkaitan dengan tren body positivity dan women empowerment yang sedang merebak. Wanita kini merasa lebih bebas dan percaya diri untuk mengenakan apapun yang nyaman dan disukai, tanpa memperdulikan pandangan orang.

"Victoria's Secret telah memiliki bralette sejak lama namun perusahaan tidak mempromosikannya sebanyak promosi bra push-up mereka," katanya lagi.

Bralette memiliki kelebihan terasa nyaman dan kasual. Namun, fungsinya juga bisa dekoratif dengan penggunaan renda maupun desain yang rumit sehingga terlihat lebih feminin.

Banyak pengguna bralette menyukainya karena pakaian dalam ini membuat mereka merasa lebih seksi namun tetap nyaman. Berbeda dengan jenis push up bra atau lainnya yang mengorbankan kenyamanan penggunanya untuk terlihat seksi.

Perbedaan bralette dan bra biasa

Bralette memang nyaman dan bentuknya indah sekaligus seksi, tetapi ukurannya biasanya terbatas.

Bra konvensional, baik tanpa kawat, dengan kawat atau push up bra, biasanya memiliki ukuran yang bervariasi baik tali, maupun cup-nya. Bra yang biasa kita kenal ini juga memiliki ukuran kecil sampai besar seperti size 40 dan cup DD.

Sedangkan bralette biasanya hanya memiliki satu ukuran, all size atau ukuran dasar saja. Hal ini memang menguntungkan untuk produsen bralette, tetapi menyulitkan pengguna.

"Tidak membutuhkan banyak modal atau pengetahun desain untuk memproduksi bralette, berbeda dengan bra underwire," tambah Harrington.

Hal ini membuat bralette lebih cocok dan nyaman digunakan oleh wanita bertubuh ramping atau memiliki payudara yang kecil. Kita bahkan bisa mengenakannya setiap hari tanpa perlu khawatir merasa sakit punggung atau bahu tanpa adanya penopang payudara yang kokoh.

Sementara itu, wanita dengan tubuh curvy atau berisi tidak disarankan untuk selalu mengenakan bralette. Pasalnya, bralette tidak mampu menopang payudara seperti bra konvensional lainnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/25/150600420/valerie-thomas-pilih-bralette-ketimbang-bra-apa-perbedaannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke