Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menebak Karakter Berdasarkan Kopi Favorit, Bisakah?

KOMPAS.com – Rupanya secangkir kopi favoritmu bukan hanya membuat kita semangat dalam menjalani hari, namun juga dapat menggambarkam karakter yang meminumnya, bahkan, menunjukkan apa yang kita sukai dan tidak sukai.

Menariknya, ada beberapa studi yang memang menunjukkan kecenderungan tersebut.

Misalnya, sebuah studi yang diterbitkan di situs People, menyebutkan bahwa mereka yang menyukai kop dingin biasanya lebih suka Instagram (27 persen), sementara pecinta kopi panas lebih aktif di Facebook (35 persen).”

Studi yang sama juga mengemukakan bahwa “mereka yang menyukai minuman dingin dan kopi es lebih cenderung menyukai cuaca cerah (40%), menonton acara fiksi ilmiah (37%), dan lebih cenderung menjadi bagian dari Gen -Z (40%).”

Studi lain juga menyoroti banyak perilaku berdasar pilihan kopi kita. Misalnya, bagaimana kita bereaksi di bawah tekanan? Apakah kita santai atau lebih gampang gugup? Apakah kita sabar atau tidak? Lalu, apakah kita seorang introvert atau ekstrovert, dan seberapa baik kita sebagai pemimpin?

Karakter berdasarkan pilihan kopi

Nah, melansir Lifestyle Asia, ada barista berpengalaman yang mungkin dapat memberi tahu kita soal pilihan kopi seseorang dengan karakternya. Tertarik?

Si pecinta kopi hitam

Penyuka kopi hitam cenderung orang yang lugas dan suka menjaga hal-hal sederhana dan teratur.

Sama seperti kopi yang disukai, hitam, tanpa susu atau gula — mereka adalah orang yang terkadang keras kepala namun cenderung menghindari argumen dan konflik.

Lalu, meskipun sabar dan efisien, mereka juga bisa tahan terhadap perubahan.

Si penyuka ristretto

Jarang orang menyukai ristretto, yakni sejenis espresso yang sangat kuat dan pekat.

Dalam bahasa Italia, ristretto berarti dibatasi. Sementara menurut Starbucks, ristretto adalah "espresso short shot, yang berarti barista hanya mengambil bagian pertama dari espresso dengan full-length shot."

Para penyuka ristretto biasanya sadar diri dan jujur, dengan kepribadian yang unik seperti kopinya yang sedikit manis.

Si pecinta kopi instan

Sebagai orang yang suka menjalani hari apa adanya dan tidak terlalu banyak merencanakan sesuatu, biasanya penyuka kopi instan punya kebiasaan menunda-nunda, dan melihat sesuatu secara luas, bukan detail kecil.

Kamu yang menyukai kopi instan biasanya akan memperhatikan kehidupan saat ini dan memprioritaskan kebahagiaan yang datang secara alami. Multitasking dan belanja dengan bijak juga merupakan beberapa sifat penyuka kopi ini.

Lalu, sama seperti kopi kesukaannya, mereka lebih menyukai hasil yang cepat, menyukai kenyamanan, dan memiliki kepribadian yang optimis. Jika memiliki merek kopi sendiri, mungkin akan memiliki tagline: “Kopi instan, kenyamanan instan.”

Si pecinta kopi klasik, cappuccino

Jika secangkir cappuccino yang hangat, kaya dengan foam-nya yang khas adalah sesuatu yang mencerahkan harimu, maka kamu pasti menyukai hal-hal yang canggih dan cenderung halus.

Penyuka cappuccino akan menikmati berada di sekitar orang-orang dan selalu jujur dengan orang yang dicintai, meski terkadang tampak sedikit mendominasi.

Penyuka cappuccino juga suka membuat dirinya tetap termotivasi dan sangat kreatif. Seperti cappuccino yang hadir dalam berbagai rasa seperti karamel, hazelnut, moka, dan cokelat, mereka suka perubahan karena hidup monoton akan membuatnya bosan.

Espresso aficionado

Ada tiga karakter yang cocok menggambarkan si penyuka espresso aficionado, yaitu pekerja keras, percaya diri, dan terorganisir. Mereka adalah individu yang sangat sibuk dan mungkin tidak menemukan waktu untuk diri sendiri.

Kemampuan dan efisiensi multitasking yang mereka miliki membuatnya menjadi pemimpin yang luar biasa. Plus, mereka paham bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Sayangnya, karena begitu banyak pekerjaan yang harus dilakukan, orang-orang ini menjadi sedikit murung, meski tahu apa yang diinginkan dan tidak ada yang menghalanginya.

Pecinta es kopi atau Frappuccino

Jika menyukai kopi dingin yang berpadu dengan semua rasa manis karamel dan whipped cream, artinya kamu tidak takut menjadi trendsetter.

Kamu juga tidak pernah melewatkan melihat hal mencolok dari sesuatu dan berjiwa muda. Tak hanya itu, kamu juga suka mencoba hal-hal baru dan terkadang bisa sembrono.

Intinya, tidak ada momen yang membosankan di matamu. Lalu, imajinasi serta spontanitasmu akan membuat semua orang tersenyum.

Si pecinta flat-white

Orang yang menyukai jenis kopi ini biasanya tidak terganggu oleh apa yang orang lain pikirkan tentangnya dan cukup puas berada di sekitar keluarga dan teman-temannya.

Mereka yang lebih suka susu kedelai atau almond dalam kopi mereka mungkin suka berpetualang, sadar kesehatan atau mungkin keduanya.

Penggemar kopi filter

Kopi bubuk yang diseduh perlahan dengan takaran susu dan gula pas, menjadi favorit bagi mereka yang sabar dan dapat diandalkan.

Penggemar kopi filter kerap dicap sebagai "orang yang masuk akal" di antara teman-temannya, membuat orang-orang mendatangi mereka saat membutuhkan nasihat yang baik.

Singkatnya, mereka adalah sumber pertimbangan dan tidak mungkin melakukan sesuatu yang tidak praktis.

Si pecinta latte

Orang yang menyukai latte layaknya buku yang terbuka. Ia suka membuat orang senang dan kebanyakan menunjukkan sikap selalu bahagia. Mereka seperti susu yang dicampur untuk melunakkan pahitnya espresso.

Menyenangkan untuk berada di sekitar orang seperti ini karena kita dapat menjadi diri kita sendiri. Hari yang ideal bagi para pecinta latte adalah menghabiskannya di rumah dan menonton acara favorit.

Si penggemar affogato

Mirip dengan kopi pilihannya yang menyeimbangkan pahitnya espresso dengan beberapa sendok es krim, kepribadian mereka juga memiliki sisi manis yang menyenangkan.

Namun, mereka lebih suka melakukan hal-hal dengan cara dan kecepatan sendiri serta mencoba beberapa cara untuk menyelesaikan sesuatu.

Lalu, mereka adalah seorang night owl pecinta malam dan lebih suka minum kopi setelah makan malam, sebagai suguhan setelah makan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/28/141104820/menebak-karakter-berdasarkan-kopi-favorit-bisakah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke