Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terlihat Lebih Cantik dalam Foto, Begini Tipsnya

KOMPAS.com – Foto adalah salah satu benda penting dalam hidup yang dapat mendokumentasikan momen-momen indah. Apalagi, sekarang kamera sudah semakin canggih dan mudah dibawa, membuat kita begitu mudah mengambil gambar

Namun sayangnya, tidak semua orang memahami cara agar terlihat lebih cantik atau ganteng dalam foto, sehingga kerap kecewa dengan hasi jepretannya.

Tapi tenang saja, jika kamu ingin terlihat lebih keren dalam foto, berikut tipsnya, seperti dilansir dari Top Trends Guide.

Agar terlihat cantik dalam foto

Ada beberapa tips agar kamu terlihat lebih cantik dalam foto, berikut tipsnya.

Pelajari foto sendiri

Mempelajari foto diri adalah salah satu cara terbaik agar terlihat cantik dalam foto. Jika kamu memiliki foto yang kamu sukai, lihat apa yang membuat foto itu istimewa. Dengan cara yang sama, ambil beberapa foto buruk dan tentukan apa yang tidak kamu sukai darinya.

Belajar dari pengalaman adalah kunci untuk mengambil foto-foto imut dan fotogenik. Jadi, luangkan waktu untuk mempelajari foto-foto lama dan tiru mana yang berhasil.

Angle wajah atau penataan rambut juga dapat mengubah nuansa foto, jadi ingatlah ini saat menilai pose. Lalu, sebaiknya jaga agar lehermu tetap terlihat panjang dan dagu sedikit terangkat untuk mendapatkan gaya yang elegan.

Jika kamu merasa tidak nyaman di depan kamera atau terus-menerus berkedip, tutup mata tepat sebelum shutter berbunyi klik. Menurut para fotografer, hal ini menenangkan wajah dan menghasilkan bidikan yang lebih alami.

Terakhir, jangan lupa untuk berlatih membuat ekspresi yang tepat agar terlihat fotogenik.

Terus latihan

Berpose dengan baik sangat penting jika ingin mendapat foto yang sempurna. Jadi, setelah mengetahui pose dan ekspresi terbaik, kamu harus mengingatnya.

Jadi, jangan malu untuk meluangkan waktu di depan cermin setelah memahami berbagai pose dan ekspresi terbaik. Dengan persiapan yang tepat, kamu akan tahu apa yang harus dilakukan untuk menciptakan kembali foto yang bagus, menghasilkan foto diri cantik dan dapat dipamerkan.

Saat berlatih, cobalah beberapa angle dan senyum. Sebab, bagi sebagian orang, senyum cheesy terlihat bagus. Lalu jika ingin tampil seksi, cobalah agak cemberut dengan mulut sedikit terbuka atau membuat ekspresi seakan-akan ingin mencium yang klasik.

Jangan lupa untuk memperhatikan mata di cermin; karena senyum lebar yang tidak mencapai mata bisa terlihat aneh. Menggunakan tripod dengan timer atau clicker juga dapat membantu saat ingin menemukan angle dan ekspresi yang pas di kamera.

Pencahayaan yang tepat

Di siang hari, hindari mengambil foto saat matahari sedang terik, karena wajah bisa kurang pencahayan atau berbayang. Lebih baik, berfoto pada hari berawan karena cahaya yang tersebar lebih merata.

Saat berada di dalam ruangan, sebaiknya hindari pencahayaan di atas kepala yang membuat fitur tampak cekung dan kasar. Pencahayaan alami juga akan menghasilkan foto dengan cahaya lembut dan halus, jadi cobalah untuk berfoto di depan jendela.

Jika pergi ke kota, bawalah gadget kesayanganmu. Sebab, jika memiliki casing ponsel selfie, benda ini akan menjadi sumber cahaya ideal untuk situasi cahaya redup dan dapat meningkatkan bidikan di malam hari. Penambahan ring light mini untuk ponsel juga bisa meniru cahaya siang yang lebih alami lho.

Gunakan aplikasi photo editing di ponsel

Jika tidak terbiasa dengan pengaturan kamera ponsel, cobalah aplikasi seperti Camera+ 2 untuk mengoptimalkan gambar. Aplikasi ini akan memastikan kualitas optik yang jernih, kontrol kecepatan shutter yang tepat, dan menawarkan tingkat kedalaman yang sulit dikalahkan.

Untuk mengedit foto, gunakan FaceTune untuk retouch (memperbaiki) foto. Aplikasi seperti Lightroom, Photofox, dan Adobe Photoshop Express mungkin lebih kompleks, namun jika mencari fitur dan filter tambahan, aplikasi tersebut layak untuk diunduh.

Jika sering mengambil foto di luar ruangan, aplikasi pengedit foto juga bisa membantu menghilangkan gambar latar belakang yang mengganggu.

Lalu, ingatlah untuk menjaga suntingan tetap halus karena foto yang terlalu banyak diedit dapat terlihat palsu.

Pakaian cantik akan membangun kepercayaan diri, jadi pilihlah pakaian menarik yang sesuai dengan tipe tubuhmu.

Lalu saat berfoto untuk suatu acara, pastikan untuk mengenakan pakaian modis yang melengkapi penampilan dan gaya yang kamu inginkan.

Jika memiliki pinggang kecil atau ingin membuat terlihat ramping, tarik perhatian dengan ikat pinggang stylish atau flare skirt yang pas. Jika memiliki mata berwarna indah, kenakan eyeshadow yang menarik perhatian dan membuat warnanya menonjol.

Meski warna terang terlihat bagus di kamera, kamu juga bisa mengenakan warna lembut seperti hitam, biru tua, atau krem jika ingin menonjolkan riasan dan aksesori yang dikenakan.

Lalu, jangan lupa memikirkan pola dan desain yang dapat mengganggu atau warna yang tidak “matching” dengan riasan atau lokasi foto.

Umumnya, pola ramai tidak terlihat baik di kamera dan sebaiknya dihindari. Jadi, jika ingin “main aman” pilihlah desain sederhana dan warna blok, sehingga fokus tetap ada padamu.

Jika tahu di mana lokasi pemotretan selanjutnya, pilih pakaian yang serasi dengan latar belakang. Merah menyala dan hijau yang earthy adalah pilihan yang cocok dengan hampir semua latar belakang.

Untuk foto close-up, perhiasan sederhana dapat menambah sentuhan elegan. Untuk membuat statement, kenakan fedora klasik atau kalung custom guna menarik perhatian.

Lalu, saat memilih sepatu, coba kenakan stiletto stylish, sepatu bot suede setinggi lutut yang imut, atau sepatu hak seksi. Heels dapat menambah tinggi badan, memanjangkan kaki, dan menciptakan tampilan yang ramping lho.

Pakai makeup yang sesuai

Makeup yang sesuai dapat mengubah foto kusam menjadi mahakarya. Sebab, pengaturan kamera akan mengubah tampilan makeup, sehingga alas bedak atau concealer apa pun yang tidak cocok dengan kulit akan terlihat jelas.

Untuk menghindari flashback yang dapat membuat foto terlihat putih dan bernoda, gunakan produk bedak, pelembap, dan tabir surya tanpa SPF. Lalu, jaga kulit tetap matte dengan bedak padat atau bedak tabur.

Untuk tampilan doe-eyed yang imut, lentikkan bulu mata dan lapisan maskara yang tebal. Sejumlah kecil eyeliner putih di area waterline juga akan membantu membuat mata terlihat lebih besar.

Jangan lupa untuk menggunakan pensil alis yang lebih gelap untuk mempertegas alis agar membuat wajah terlihat cerah. Alis juga untuk membentuk wajah, jadi jangan dibiarkan seadanya.

Kontur merupakan keharusan, karena fitur alami wajah dapat terlihat dua dimensi di kamera. Untuk memberi tampilan chiseled, gunakan bedak kontur untuk menegaskan tulang pipi dan tambahkan semburat perona pipi guna membuat tampilan wajah yang lebih segar.

Namun, hindari mengaplikasikan shimmer pada wajah. Lebih baik, pakailah sparkling powder di sepanjang tulang selangka agar terlihat cantik di depan kamera.

Tata rambut dengan produk yang tepat

Karena rambut dapat membuat foto terlihat makin cantik atau buruk, tatalah rambut dengan baik.

Gunakan serum atau semprotan anti-frizz guna menjinakkan rambut yang sulit diatur. Untuk sentuhan yang lebih ringan, oleskan minyak semprot atau hairspray ringan ke telapak tangan dan tepuk-tepuk rambut, sehingga tampak sehat dan alami.

Jika menghadiri acara penting, manjakan diri untuk melakukan perwatan profesional. Hasilnya akan bertahan hingga tiga hari jika rambut tidak dicuci. Lalu, agar rambut tampak lebih indah, semprot dengan shiny spray sebagai finishing.

Produk penambah volume sebaiknya dihindari saat mengambil foto karena rambut tipis dapat terlihat tidak bernyawa saat terbebani, bahkan, jika kamu mencoba melakukan teasing pada rambut, cahaya akan menembus celah di rambut dan membuatnya terlihat rata.

Rambut yang bergerak dengan baik adalah kunci untuk bidikan yang bagus, jadi jangan takut untuk membiarkan rambut alami bersinar.

Jika masih ingin membuat volume, gunakan sampo dan kondisioner penambah volume. Lalu saat mengambil foto, pertimbangkan untuk menyisir rambut dengan tangan.

Pilih angle dan posisi dengan hati-hati

Untuk menentukan angle terbaik, coba cari foto yang menginspirasi kita. Misalnya, foto selebritas di atas karpet merah dan perhatikan bagaimana mereka memposisikan lengan, bahu, dan tangannya.

Agar terlihat lebih ramping, miringkan tubuh ke samping dan putar bahu ke belakang untuk meredakan ketegangan dan membuka dada.

Cobalah bereksperimen dengan angle. Terlepas dari sisi kanan atau kiri, memiringkan tubuh ke arah kamera akan menghasilkan bidikan yang indah. Jadi jangan takut meminta teman untuk beralih sisi saat berfoto bersama

“Bersihkan” latar belakang

Jangan biarkan latar belakang mengganggu fotomu. Jika mengambil foto dalam ruangan, temukan dinding sederhana untuk berdiri.

Jangan lupa periksa kembali apakah latar belakang sudah bersih dari kekacauan sebelum mengambil foto untuk menjaga fokus. Lalu, biasanya, berdiri dengan latar belakang polos akan menghasilkan citra yang lebih kuat.

Cara tersenyum lebih baik dalam foto

Sama seperti tips untuk membuatmu terlihat lebih fotogenik, membuat senyum yang indah dalam gambar artinya harus sealami mungkin.

Jika merasa gugup, pertimbangkan untuk memejamkan mata, menarik napas dalam-dalam, dan memikirkan momen bahagia atau lucu.

Memejamkan mata sampai foto diambil juga akan membantumu menjadi lebih tenang, mengendurkan otot-otot wajah dan rahang, serta tersenyum lebih alami.

Jangan lupa untuk berlatih tersenyum di rumah untuk menemukan tampilan yang paling menarik. Beberapa orang mungkin terlihat lebih baik tersenyum tanpa gigi untuk kesan seksi, sementara yang lain mungkin ingin menunjukkan ekspresi imut dan bahagia dengan gigi.

Bagaimana cara menjadi fotogenik?

Intinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar menjadi fotogenik. Pertama, luangkan waktu untuk mempelajari dan menganalisis apa yang perlu ditingkatkan. Lalu agar bisa tersenyum lebih baik dalam foto, minta fotografer menceritakan lelucon atau memikirkan sesuatu yang lucu.

Saat menggunakan makeup, pastikan untuk mencocokkan alas bedak dengan warna kulit. Jangan lupa mengeritingkan bulu mata, mengaplikasikan maskara, menggunakan lipstik, menggunakan blush on dan merapikan alis,

Ingatlah untuk membuat rambut terlihat alami dan berkilau. Jadi, gunakan produk perawatan yang tepat.

Lalu jika ingin terlihat imut, selalu pikirkan tentang angle dan posisi yang ada pada foto terbaikmu.

Terakhir, latar belakang dan pencahayaan yang tepat dapat memengaruhi penampilan secara drastis dalam foto, jadi pilihlah latar belakang berwarna terang yang akan mencerahkan wajah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/01/130838420/terlihat-lebih-cantik-dalam-foto-begini-tipsnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke