Salin Artikel

Minum Air Putih Bantu Mencerahkan Wajah, Benarkah?

Meskipun kita semua tahu air putih memiliki banyak manfaat kesehatan, apakah efeknya juga bisa kita rasakan untuk kulit yang sehat?

Melansir Everyday Health, sebuah penelitian kecil yang diterbitkan pada 2015 di Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology menunjukkan adanya hubungan antara hidrasi dan kesehatan kulit.

Para peneliti menemukan meningkatkan asupan air dapat memberi efek positif pada penampilan kulit dan membantu menjaga tingkat hidrasi kulit.

Meskipun, penelitian tersebut mencatat, jika tingkat hidrasi seseorang sudah baik, minum lebih banyak dari itu mungkin tidak akan memberi dampak tambahan terhadap kulit.

Selain itu, dokter kulit bersertifikasi dari New York City, Debra Jaliman, MD mengatakan, minum cukup air dapat meningkatkan aliran darah di kulit dan tubuh.

Sel dan jaringan tubuh sebagian besar terdiri dari air. Untuk itu, minum air putih dalam jumlah cukup membantu sel dan jaringan tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Meski minum air putih untuk mencerahkan kulit mungkin bisa dilakukan, namun penelitian terkait hal ini ternyata masih sangat kurang.

Dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah Mohs dari Schweiger Dermatology Group di Hackensack, New Jersey, Margarita Lolis, MD mengatakan kepada Byrdie, minum air putih memang diperlukan untuk membantu organ tubuh berfungsi secara optimal, termasuk membantu nutrisi mencapai kulit melalui aliran darah.

Namun, air tidak secara otomatis masuk ke kulit. Air menghidrasi sel setelah diserap ke dalam aliran darah dan disaring oleh ginjal.

Jadi, pada tingkat sel, minum air putih sangat bagus karena dapat menyiram sistem dan menghidrasi tubuh secara keseluruhan.

Daripada mengandalkan minum air putih untuk mencerahkan kulit, lebih baik mengombinasikannya dengan praktik pola hidup sehat secara keseluruhan dan melakukan perawatan kulit, termasuk menggunakan produk secara topikal.

Beberapa kebiasaan positif yang dapat dilakukan untuk mencerahkan kulit seperti rajin menggunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan, menghindari mandi air panas terlalu sering, mengaplikasikan losion setiap setelah mandi, dan lainnya.

Lalu, berapa banyak harus minum agar cukul terhidrasi?

Untuk mendapatkan cairan yang cukup, Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional AS menyarankan konsumsi sekitar 13 gelas air untuk pria dan sembilan gelas air untuk wanita.

Minum jus buah segar tanpa pemanis tambahan juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk menghidrasi kulit dari dalam sekaligus memberikan manfaat vitamin dan mineral dari buahnya.

Ulasan lebih lanjut mengenai cara mencerahkan kulit juga bisa dibaca melalui tautan ini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/01/144839620/minum-air-putih-bantu-mencerahkan-wajah-benarkah

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.