Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Memakai Serum Wajah agar Hasilnya Maksimal

KOMPAS.com - Penting untuk mengetahui cara memakai serum wajah yang benar agar hasilnya maksimal.

Meski terdengar sepele, bisa saja selama ini kita memakai serum wajah dengan cara yang salah.

Menurut Into The Gloss, serum wajah adalah produk skincare yang diaplikasikan setelah membersihkan wajah, tetapi sebelum menggunakan pelembap.

Serum memiliki bahan aktif kuat yang bisa memberikan manfaat untuk kulit.

Serum terdiri dari molekul yang lebih kecil yang dapat menembus masuk jauh ke dalam kulit dan memberikan konsentrasi bahan aktif yang sangat tinggi.

Ini menjadikan serum sebagai alat yang hebat untuk menargetkan masalah perawatan kulit tertentu, seperti kerutan.

Selain mengetahui cara memakai serum wajah yang benar, penting pula untuk memilih produk yang tepat sehingga dapat mengatasi masalah kulit yang kita hadapi.

Menurut Healthline, serum wajah dibagi menjadi beberapa kategori, yakni serum anti penuaan, serum pencerah kulit, serum pelembap, serum penangkal radikal bebas, serum kulit berjerawat dan sensitif, serta serum perbaikan tekstur wajah.

Serum kerap dianggap sama dengan essence, namun keduanya berbeda.

Serum dan essence memang digunakan setelah wajah dibersihkan dan sebelum pelembap, serta keduanya sama-sama menawarkan perawatan kulit tertentu selain menghidrasi wajah.

Namun, serum dan essence punya tekstur yang berbeda. Serum cenderung lebih lengket dan terkonsentrasi, sementara essence lebih encer.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai rangkaian dari cara memakai serum wajah agar hasilnya optimal:

  • Dipakai sebagai base

Dokter kulit tersertifikasi badan dari SkinSafe Dermatology and Skin care, Dr Tsippora Shainhouse, FAAD, menjelaskan bahwa cara memakai serum wajah yang terbaik adalah sebagai base atau dasar dari lapisan produk-produk yang lebih berat, seperti pelembap, tabir surya, dan riasan wajah.

Meskipun kulit orang yang lebih muda umumnya tidak membutuhkan lebih dari sekadar pembersih lembut dan tabir surya setiap hari, akan sangat membantu untuk mulai menggunakan rejimen perawatan kulit yang sehat sebagai bentuk preventif atau pencegahan.

Memakai serum dapat membantu mencegah perubahan warna, kerusakan oksidatif, dehidrasi, serta penuaan kulit dini dan kerutan.

  • Frekuensi penggunaan

Memakai serum wajah dapat dilakukan satu atau dua kali sehari, setelah membersihkan wajah dan mengaplikasikan toner.

Anggap saja memakai serum dilakukan ketika sulit wajah sudah dalam kradaan bersih.

Seberapa sering menggunakannya tergantung pada target kita.

Dokter kulit terseetifikasi dari Art of Skin, Dr Melanie Palm mengatakan, serum anti-pigmentasi dan antioksidan bekerja paling baik ketika diterapkan di pagi hari.

Keduanya membantu melindungi kulit Anda dari serangan lingkungan dan produksi radikal bebas yang dihasilkan oleh cahaya, termasuk ultraviolet dan cahaya tampak berenergi tinggi.

Kemudian, serum anti-penuaan seringkali paling cocok untuk diaplikasikan malam hari. Hal ini memungkinkan bahan untuk bekerja dengan ritme sirkadian tubuh untuk perbaikan dan pergantian kulit.

Sementara serum hidrasi untuk kulit kering dapat diterapkan dua kali sehari untuk membantu menjaga kulit tetap lembap.

  • Aplikasikan dengan urutan yang benar

Agar hasilnya maksimal, aplikasikan serum sebagai lapis pertama dan terkontak langsung dengan kulit setelah kita membersihkan wajah.

Jika bahan aktifnya terlalu mengiritasi atau membuat kering, aplikasikan serum di atas produk lain untuk memberi efek penyangga.

Memilih serum wajah yang tepat menjadi tantangan bagi sebagian besar orang.

Ketika mencari cara memilih serum wajah, penting untuk diingat bahwa kita perlu mencari serum sesuai masalah kulit yang dihadapi.

Berikut cara memilih serum wajah sesuai masalah kulit:

  • Kulit rawan jerawat: cari produk dengan vitamin C (untuk meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan proses perbaikan kulit, dan mengurangi peradangan), retinol (antioksidan dan mengurangi peradangan), seng (menenangkan iritasi dan mengatur produksi minyak), serta asam salisilat (membuka pori-pori).
  • Kulit kering: cari produk dengan vitamin E (antioksidan, melindungi sel dari kerusakan oksidatif), niacinamide (meningkatkan elastisitas kulit dan meningkatkan kadar ceramide di kulit), asam glikolat (mengelupas kulit secara lembut dan mencerahkan perubahan warna), serta asam hialuronat (mempertahankan kelembapan).
  • Kulit kusam: cari antioksidan seperti ekstrak teh hijau, resveratrol, asam ferulic (untuk memerangi radikal bebas, meningkatkan efektivitas tabir surya di siang hari, dan mempromosikan perbaikan dan penyembuhan sel di malam hari).

Penting untuk diingat bahwa karena serum sangat kuat, menggunakan lebih banyak tidak selalu lebih baik. Berhati-hatilah sebelum menumpuknya. Bahan-bahan yang kuat dapat mengiritasi kulit sensitif.

Selalu lakukan uji tempel sebelum mengaplikasikan di area wajah yang lebih luas.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/03/205955120/cara-memakai-serum-wajah-agar-hasilnya-maksimal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke