Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selain Mendorong Tinggi Badan, Ini 10 Manfaat Olahraga Renang

KOMPAS.com – Banyak orang menyarankan untuk mencoba olahraga berenang bagi mereka yang ingin tumbuh lebih tinggi.

Walau tinggi badan seseorang sebagian besar dipengaruhi oleh faktor genetik, namun saran tersebut ada benarnya.

Hampir semua jenis olahraga pada dasarnya akan menyehatkan sehingga mempengaruhi perkembangan tubuh seseorang, termasuk tinggi badannya.

Namun tidak hanya itu, ternyata olahraga air yang satu ini punya manfaat lain bagi fisik dan mental yang belum banyak diketahui, lho!

Untuk kamu yang penasaran apa saja manfaat berenang bagi tubuh, ada baiknya mengenali olahraga ini dengan baik.

Dengan mengetahui teknik dan peralatan yang benar, kamu bisa bergerak di air secara efektif dan terbebas dari risiko cedera.

Apa itu berenang?

Berenang adalah latihan kardiovaskular. Olahraga ini melibatkan banyak otot besar yang bekerja bersama secara bersamaan dan terus menerus.

Ketika berenang, seseorang harus menggerakan seluruh bagian tubuhnya. Oleh karena itu, jantung bekerja keras untuk memompa oksigen ke seluruh tubuh.

Berenang juga menggabungkan latihan ketahanan otot, sebab untuk berenang dari satu titik ke titik lainnya membutuhkan kerja otot untuk jangka waktu yang lama.

Seperti olahraga sprint, dalam beberapa keadaan berenang bisa berfungsi sebagai latihan kekuatan dan ketahanan. Tapi, berenang tetaplah latihan kardiovaskular.

Tracy Doherty, seorang pelatih renang AS untuk level 1, menyarankan para pemula untuk belajar renang dari pelatih renang yang tersertifikasi sebagai instruktur keselamatan air

Lebih baik lagi jika mereka memiliki pengalaman renang yang kompetitif dan latar belakang anatomi dan fisiologi.

Pelatih renang bersertifikat lainnya, Roger Montenegro, C.S.C.S menambahkan apabila para pemula kesulitan mencari pelatih renang, mereka bisa menanyakannya kepada pengelola kolam renang untuk memastikan apakah ada pelatih internal atau tidak.

Jika para pemula tidak mampu membayar jasa pelatih renang atau tidak memiliki pelatih yang cocok, mereka bisa belajar teori renang secara online lalu mempraktekkannya di kolam yang aman atau dangkal.

Perlengkapan renang yang dibutuhkan

Olahraga apa pun tentu membutuhkan peralatan yang aman dan sudah tersertifikas agar saat berolahraga tetap aman dan terhindar dari risiko cedera.

Dalam hal ini, peralatan renang yang dibutuhkan salah satunya adalah baju renang.

Carilah baju renang yang terasa nyaman dan aman sehingga kamu tidak perlu khawatir merasa berat saat berenang.

Bagi perempuan, setelan baju renang one-piece biasanya lebih nyaman dan mudah digunakan daripada setelan baju renang two-piece.

Peralatan lain yang dibutuhkan untuk berenang adalah kacamata renang. Doherty mengatakan, kacamata renang dibutuhkan agar seseorang bisa melihat saat berenang.

“Anda harus bisa melihat ketika berenang. Jika buram, dan kamu tidak tahu arah, maka kamu bisa menabrak orang lain," ujar Doherty.

Untuk itu, ia merekomendasikan agar orang-orang membeli kacamata dengan potongan hidung yang sesuai dengan wajah agar tidak bocor saat berenang.

Banyak ahli juga merekomendasikan topi renang agar rambut tetap terjaga dan tidak menghalangi saat berenang.

Topi renang silikon cenderung terasa lebih nyaman daripada lateks dan lebih efektif daripada topi kain untuk menahan air dan mengurangi hambatan.

Dan, yang tak boleh dilupakan adalah membawa sandal jepit untuk dipakai di sekitar kolam renang dan ruang ganti untuk mencegah kutu air.

Dohery menyampaikan, berenang membutuhkan banyak tenaga. Jadi, tak perlu berkecil hati apabila tidak bisa berenang untuk jangka waktu yang lama.

Ia menyarakan agar orang-orang belajar berenang dengan waktu 20 hingga 30 menit, dan berenang secara perlahan-lahan.

Dari durasi waktu yang ia sarankan, mereka dapat meningkatkannya secara perlahan-lahan dan dapat dilakukan secara konsisten.

“Frekuensi di dalam air mungkin adalah hal terpenting bagi kita untuk menjadi lebih mahir,” ujar Andrew Stasinos, pelatih renang triathlon bersertifikat.

Walau hanya berenang selama 10 menit sehari, durasi renang seseorang bisa bertambah.

Jika kamu hanya dapat berenang secara konsisten sebanyak tiga kali seminggu, kamu akan merasakan peningkatan dalam waktu sekitar enam minggu.

Hal terpenting yang tidak boleh dilupakan ketika berenang adalah jangan ragu untuk mencoba berbagai gaya.

“Kebanyakan orang yang berenang hanya ingin berenang bolak-balik, dan kemudian mereka bosan,” kata Doherty.

Sebaiknya, lakukanlah hal-hal menarik saat berenang dengan mengikuti pelajaran renang kelompok, kelas, atau latihan.

Jika kamu lebih suka melakukannya sendiri, tambahkan variasi dengan menggabungkan berbagai gerakan dan latihan.

1. Olahraga yang bisa dilakukan seumur hidup

Stasinos mengatakan, berenang adalah olahraga yang dapat dilakukan sepanjang hidup.

Berbeda dengan olahraga berlari atau melompat, berenang adalah aktivitas tanpa beban yang lembut bagi sistem kerangka tubuh

Oleh sebab itu, berenang menjadi pilihan yang tepat untuk olahragawan dari segala usia dan tingkat kemampuan.

Karena hal ini, orang dengan rasa sakit, cedera, atau keterbatasan yang menghalangi mereka dalam olahraga lain, sering kali menjadikan berenang sebagai alternatif.

Kecuali jika mereka memiliki riwayat cedera atau nyeri yang serius, maka bisa ditanyakan kepada dokter sebelum mulai berenang untuk memastikan berenang aman atau tidak bagi tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru

Seperti yang disebutkan, berenang adalah olahraga kardiovaskular yang punya manfaat luar biasa.

Jadi, tidak mengherankan apabila olahraga ini bagus untuk jantung dan paru-paru. Sebuah studi pada tahun 2013 yang melibatkan anak-anak dengan asma menemukan bahwa berenang secara teratur meningkatkan kebugaran kardiopulmoner.

Tidak hanya itu, studi lainnya pada tahun yang sama dari International Educational E-Journal yang melibatkan siswa sehat antara usia 17 dan 22, menyimpulkan bahwa berenang selama delapan minggu bisa meningkatkan fungsi paru-paru manusia secara signifikan.

3. Seluruh bagian tubuh bergerak

Untuk bisa bergerak menyusur air, tubuh memerlukan pergerakan dan tenaga yang besar.

Stasinos menjelaskan bahwa posisi tubuh saat berenang akan meggerakkan otot-otot di kaki, dada, lengan, bahu, trisep, perut, paha depan, dan betis.

Apabila kamu menguasai teknik berenang yang tepat, kamu bisa meningkatkan kekuatan dan membangun massa otot dengan menggunakan alat resistensi, seperti dayung yang ditempelkan di tangan atau parasut yang diikatkan di pinggang.

4. Melatih pernapasan

Salah satu alasan berenang bisa terasa sangat sulit adalah karena seseorang tidak bisa mengatur pernapasannya.

“Kita benar-benar harus merasa nyaman memasukkan wajah ke dalam air dan mengetahui cara mengontrol napas,” kata Montenegro.

Jika tidak mengetahui cara bernapas yang benar saat berenang, dikhawatirkan air yang mengandung klorin di kolam renang akan masuk ke mulut atau hidung.

Kunci untuk bernapas dengan benar saat berenang adalah dengan terus-menerus menghembuskan napas melalui hidung saat wajah berada di bawah air, lalu tarik napas melalui mulut saat wajah keluar dari air.

Dengan berenang secara konsisten, kamu dapat melatih pernapasan, yang tentunya bermanfaat bagi kehidupan.

Misalnya, mengetahui cara mengontrol napas dapat berguna saat melakukan latihan lain, seperti lari atau angkat besi maupun ketika meditasi dan latihan pernapasan.

5. Latihan koordinasi

Salah satu hal yang harus dicapai dalam latihan kebugaran adalah koordinasi antarbagian tubuh.

Ketika berenang, seseorang diharuskan menggerakkan semua bagian tubuhnya, mulai dari lengan, kaki, dan badan ketika menyusuri kolam.

Misalnya ketika kamu berenang dengan gaya bebas, maka kaki harus terus-menerus menendang sementara tubuh berputar dan lengan melakukan tarikan secara bergantian.

Dengan waktu dan konsistensi, perenang baru dapat meningkatkan kemampuan koordinasi mereka.

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, Health, and Aging menyimpulkan bahwa berenang secara teratur dapat meningkatkan koordinasi tangan-mata.

Dan koordinasi tangan-mata penting dalam sejumlah kegiatan, mulai dari bermain tangkap tangan dengan anak-anak hingga saat latihan Zumba.

6. Peningkatan kekuatan inti

Walau berenang lebih banyak melibatkan pergerakan tangan dan kaki, dengan teknik yang benar akan membuat tubuh inti juga ikut bergerak.

Hal ini membuat kita bisa bergerak dengan benar saat melakukan gaya bebas maupun gaya punggung dan mendorong tubuh saat berenang dengan gaya kupu-kupu.

7. Melatih keseimbangan

Selain yoga dan pilates, melatih keseimbangan tubuh juga dapat dilakukan dengan berenang. Memiliki inti tubuh yang kuat adalah bagian penting dari keseimbangan

Sebabnya, inti yang menjadi pusat keseimbangan tubuh, memungkinkan seseorang untuk mengontrol posisi tubuhnya dan mempertahankan posisi tegak.

Tidak hanya itu, melatih keseimbangan juga bisa membantu seseorang ketika menjalani kehidupan sehari-hari agar tidak mudah jatuh atau mengurangi risiko cedera.

1. Memberi rasa damai

Montenegro menerangkan, berenang punya sifat meditatif karena olahraga ini adalah aktivitas yang berirama dan berulang yang membuat seseorang tidak mendengar, melihat, atau mencium ketika wajah berada di dalam air.

“Sangat damai untuk berenang sendiri. Kamu benar-benar bisa fokus dan merasakan gerakan," ucapnya.

Sementara itu, Stasinos merasa dengan berenang ia bisa mengabaikan dunia sementara waktu.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Berenang bukanlah olahraga yang paling mudah. Olahraga ini kadang-kadang bisa membuat seseorang frustrasi.

Meski demikian, jika kamu bisa berenang dengan baik maka akan timbul rasa kepuasan dalam diri sendiri.

Lagi pula, sulit untuk tidak merasa puas ketika kamu akhirnya berhasil menguasai gaya dada atau gaya kupu-kupu satu putaran untuk pertama kalinya.

3. Meningkatkan suasana hati

Berenang bisa meningkatkan perasaan hati seseorang. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Psychosomatic Medicine.

Mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini merasa ketegangan, depresi, kemarahan, dan kebingungannya menurun usai berenang.

Sementara itu, sebuah studi lainnya yang hanya melibatkan wanita dan diterbitkan dalam Journal of Psychology, mendapati temuan bahwa suasana hati membaik setelah berenang.

Jadi, meskipun tidak ada bentuk olahraga yang secara khusus bisa memperbaiki suasana hati, penelitian ini tampaknya menunjukkan bahwa berenang berguna agar perasaan seseorang menjadi lebih baik.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/07/081623620/selain-mendorong-tinggi-badan-ini-10-manfaat-olahraga-renang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke