Salin Artikel

Kemerahan pada Kulit Wajah, Apa Penyebab dan Solusinya?

KOMPAS.com - Memiliki wajah mulus tentu menjadi impian kebanyakan orang, terutama perempuan.

Sayangnya, beberapa orang sulit mendapatkan wajah mulus karena kondisi kulit yang kemerahan dan mengganggu penampilan. Belum lagi, jika kemerahan pada kulit ini menyebabkan rasa tak nyaman seperti gatal-gatal, rasanya makin kesal saja.

Nah, sebenarnya apa penyebab dan bagaimana cara menangani kemerahan di kulit ini? Berikut paparannya.

Apa penyebab kemerahan di kulit?

Ada berbagai faktor penyebabnya, mulai dari gaya hidup, tidak cocok dengan produk perawatan kulit, hingga masalah kesehatan.

“Rosacea, bawaan genetik, alergi terhadap bahan perawatan kulit, panas, paparan sinar matahari, alkohol, makanan pedas, jerawat, kekeringan, atau eksfoliasi kulit berlebihan, semua dapat menyebabkan kemerahan," kata Dendy Engelman, M.D., dokter kulit di New York.

Untuk mengetahui penyebab pastinya, tentu kita perlu mengunjungi dokter kulit agar masalah terpecahkan dengan penanganan yang sesuai.

Bagaimana cara menanganinya?

Sebelum menanganinya, tentu perlu mengidentifikasi penyebabnya. Nah, berikut adalah beberapa alasan umum mengapa kulit wajah mendadak memerah.

Jerawat

Jika masalahnya adalah jerawat, gunakan masker dengan kandungan asam salisilat atau asam glikolat untuk membantu mendorong pergantian sel guna menghilangkan lapisan atas kulit.

Lalu setelah noda jerawat menghilang, pastikan menggunakan krim pelembap bebas minyak untuk melindungi kulit yang rentan jerawat dari kekeringan tanpa menyebabkan lebih banyak jerawat.

Kulit kering

Kulit kering kerap mengalami kerusakan, membuatnya menjadi rentan terhadap infeksi dari mikroorganisme, yang mengarah ke sensitivitas dan kemerahan.

Untuk itu, cobalah mengurangi frekuensi eksfoliasi dan melindungi kulit dengan kelembapan. Jangan lupa, carilah pelembap wajah dengan bahan menghidrasi yang diformulasikan khusus untuk kulit kering.

Rosacea

Rosacea merupakan kondisi kulit inflamasi kronis yang membuat wajah tampak memerah.

Jika didiagnosa dengan penyakit ini, Dr. Engelman merekomendasikan untuk mencoba Rhofade, agonis adrenoseptor alfa1A pertama dan satu-satunya yang disetujui untuk eritema wajah yang terkait dengan rosacea pada orang dewasa.

Kendati demikian, perlu konsultasi dengan dokter sebelum memakainya, ya. Lalu, untuk menghilangkan rosacea OTC, Dr. Engelman merekomendasikan produk Cetaphil's Redness Relieving.

Seborrheic dermatitis

Menurut Michelle Henry, M.D., pendiri Bedah Kulit & Estetika Manhattan, kondisi kulit yang disebabkan oleh Malassezia ini dapat diobati dengan beberapa cara.

Misalnya, dengan membersihkan area kulit terdampak menggunakan sabun lembut yang bebas pewangi.

Dia juga menambahkan bahwa dokter kulit mungkin meresepkan obat oles antijamur untuk mengurangi Malassezia, atau salep kortikosteroid ringan untuk mengurangi peradangan, atau  obat topikal yang mengandung zinc pyrithione.

Selain itu, Dr Henry juga menyarankan krim dengan Shea butter untuk mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh kondisi ini.

Dermatitis kontak

"Dermatitis kontak terjadi ketika sesuatu yang menyentuh kulit mengiritasi atau menyebabkan reaksi alergi kulit," kata Dr Henry.

Jika penyebabnya tak diketahui, biasanya gejala dermatitis kontak akan sulit ditangani. Jadi, jaga diri dari benda yang berpotensi memicunya, seperti wewangian dan pewarna.

Menggunakan krim, sabun, dan deterjen hipoalergenik, pun dapat membantu. Lalu, dalam kasus yang parah, terkadang penderita dermatitis kontak perlu obat khusus yang diresepkan.

Dermatitis atopik atau eksim

Kondisi kulit kronis ini biasa disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan.
Karena itu, perawatan terbaik untuk kulit kemerahan yang disebabkan oleh dermatitis atopik adalah dengan mengurangi kontak dengan alergen, sementara dokter kulit dapat meresepkan pelembap atau steroid topikal.

Menurut Dr. Henry, pelembap yang mengandung ceramide, asam hialuronat, dan gliserin adalah cara yang bagus untuk menenangkan kulit.

Lalu, ia berpendapat bahwa jika obat yang dijual bebas tidak menghentikan iritasi, kemungkinan dokter kulit akan meresepkan antibiotik, antihistamin, atau agen imunosupresif.

Obat rumahan untuk wajah kemerahan

Tak hanya obat-obatan kimia, ada beberapa obat alami dan rumahan yang dapat mengobati kemerahan pada kulit. Berikut di antaranya:

Teh chamomile

Buatlah kompres dengan merendam sebuah kain bersih dalam teh chamomile guna mendinginkan wajah.

Chamomile memang dikenal akan fungsinya yang menenangkan, dan kompres dingin juga dapat meredakan kulit bengkak.

Masker timun

"Buatlah masker sederhana dari puree timun dan yogurt untuk menenangkan kulit,” kata ahli estetika dan pemilik spa Tammy Fender. Keduanya dapat membantu untuk meredakan kulit yang “marah.”

Sheet masks

Hanya dengan memakainya, akan membuat kulit kemerahan kita mendapat efek dingin dan menenangkan.

Produk perawatan kulit yang menghidrasi

"Carilah produk pelembap yang mengandung niacinamide untuk meredakan peradangan," kata Dr. Zeichner.

Menurutnya, niacinamide adalah multitasker utama dalam perawatan kulit, karena mampu menenangkan peradangan, meratakan warna kulit, dan membantu memperkuat kulit dalam saat yang sama.

Selain itu, asam hialuronat juga dapat digunakan untuk membuat kulit serasa lebih kenyal dan melembapkan lho.

Pakai petroleum jelly

Jika memiliki area yang perlu eksfoliasi, cobalah untuk mengoleskan petroleum jelly ke area tersebut untuk memperbaiki kulit.

Bagaimana mencegah kulit kemerahan?

Apapun penyebabnya, kemerahan kronis adalah peradangan, yang dapat menyebabkan pembuluh darah kecil melebar dan mendorong kulit. Seiring waktu, kapiler bisa tetap melebar dan menyebabkan kemerahan permanen.

Tidak ingin ini terjadi? Berikut cara mencegahnya.

Cari tahu situasi lingkungan apa yang berdampak negatif pada kulit

Sinar matahari dan aktivitas berat dapat mengiritasi kulit dan memicu peradangan lho. Jadi, berhati-hatilah.

Selain itu beberapa orang sensitif terhadap debu dan partikel kecil yang bisa membuat kulitnya gatal dan kemerahan.

Hindari makanan pedas, alkohol, dan kopi

Perhatikan bagaimana kulit bereaksi ketika mengkonsumsi makanan pemicu umum ini. Bila kulit ternyata menjadi merah dan gatal, sebaiknya hindari makanan tersebut.

Meminalisir paparan alergen

Dr. Engelman merekomendasikan untuk menghindari produk yang mengandung peppermint, wewangian, paraben, trikolsan, formaldehida, ftalat, sulfat, alkohol, atau witch hazel, karena dapat mengiritasi dan mengeringkan, terutama pada kulit sensitif.

Sebaliknya, cari bahan-bahan yang menghidrasi yang akan melindungi kulit serta memberikan ‘perisai’ dari stres lingkungan.”

Menurut dr. Engelman, peptida, ceramide, dan asam hialuronat akan membantu membangun pelindung bagi kulit. Lalu, produk dengan sifat menenangkan seperti niacinamide, minyak mawar, lidah buaya, dan oatmeal juga akan membantu.

Gunakan tabir surya

Dr. Engelman merekomendasikan untuk memulai setiap pagi dengan memakai pelembap dengan SPF

“Tidak hanya akan menetralisir munculnya kemerahan, tetapi juga akan mengurangi flaring yang berasal dari paparan sinar matahari,” katanya.

Lalu, Dr. Zeichner merekomendasikan kita untuk memakai tabir surya yang mengandung seng.

"Seng menghalangi sinar UV dan melindungi kulit: Inilah sebabnya mengapa pasta seng digunakan pada pantat bayi untuk mencegah dan mengobati ruam popok,” ujarnya.

Apakah bisa ditutupi?

Meskipun menerapkan rangkaian perawatan kulit yang disesuaikan adalah cara yang bagus untuk mengobati kemerahan dalam jangka panjang, terkadang, kita membutuhkan sesuatu yang bekerja sedikit lebih cepat. Berikut caranya.

Pakailah makeup hijau

Produk dengan nuansa kehijauan dapat membantu menyamarkan kemerahan, membuat kulit yang “marah” itu nampak netral.

Jadi, aplikasikan primer dengan nuansa hijau sebelum memakai makeup, dan pilihlah produk dengan cica untuk membantu menenangkan kulit dan meredakan kemerahan.

Aplikasikan produk dengan lembut

Cara merias wajah dan merawat kulit hampir sama pentingnya dengan produk yang kita gunakan.

“Saya menekankan menepuk – bukan menggosok – riasan Anda, karena gesekan yang ditimbulkan saat menggosok dapat meningkatkan kemerahan,” kata Dr. Engelman.

Mengganti brush makeup dengan spons lembut

Jika kulit mengalami kemerahan, hindari kuas rias karena bulu-bulunya dapat menusuk kulit dan membuat kulit yang sudah sensitif teriritasi.

Sebaliknya, cobalah beauty blender lembap untuk mengaplikasikan produk makeup guna menyamarkan kemerahan.

Kapan perlu menghubungi dokter?

Jika kemerahan tetap terjadi selama lebih dari satu hingga dua minggu, hubungi dokter kulit.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/08/063948920/kemerahan-pada-kulit-wajah-apa-penyebab-dan-solusinya

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.