Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tanaman dalam Ruangan yang Baik untuk Kesehatan

KOMPAS.com - Menaruh tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan, seperti golden pothos, English ivy, dan lidah mertua di sudut rumah dapat membantu menjernihkan udara, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.

Polutan udara, baik di rumah maupun tempat kerja, berkaitan dengan masalah kesehatan, seperti asma, mengi, konjungtivitis, dan eksim.

Melansir BBC, polutan udara paling mengkhawatirkan yang telah diteliti oleh para peneliti adalah volatile organic compounds (VOC) yang dapat ditemukan dalam semprotan aerosol dan produk pembersih.

Salah satu senyawa tersebut adalah limonene. Meski aroma jeruknya terasa menyenangkan, tetapi mudah bereaksi dengan ozon di udara untuk membentuk formaldehida kimia yang berpotensi membahayakan.

Bahan kimia di udara lainnya yang dapat menyebabkan masalah kesehatan adalah karbon dioksida.

Konsentrasi karbon dioksida tinggi berkaitan dengan konsentrasi dan pengambilan keputusan yang buruk.

Menyediakan ventilasi yang baik di rumah bisa membantu memurnikan udara. Namun jika itu tidak memungkinkan, tanaman hias juga baik sebagai pemurni udara.

Selain manfaat secara fisik, tanaman hias juga baik untuk pikiran.

Studi menunjukkan bahwa tanaman dapat meningkatkan kesejahteraan, yang mengarah pada peningkatan suasana hati, memori, dan produktivitas.

Satu studi bahkan menemukan bahwa ketika karyawan bisa melihat tanaman dari mejanya, mereka tampil lebih baik dalam tes konsentrasi tertentu hingga sebesar 19 persen.

Tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan

Berikut beberapa pilihan tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan:

Menurut NASA, Golden pothos adalah salah satu tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan karena dapat membantu menghilangkan bahan kimia seperti benzena dan triklorometil dari udara.

Meskipun, tanaman ini tidak cukup baik untuk menghilangkan formaldehida.

Benzena ada dalam produk seperti lem, cat, dan deterjen.

Selain manfaatnya untuk membantu menjernihkan udara, golden pothos juga cukup bandel, serta mentoleransi kondisi cahaya rendah dan penyiraman tidak teratur sehingga dapat dijadikan pilihan bagi para pemula.

Melansir Insider, peace lily dapat membantu menghilangkan benzena, formaldehida, dan bahan kimia lain yang keluar dari produk pembersih yang keras.

Itulah mengapa peace lily dapat dijadikan pilihan tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan.

Tanaman ini adalah satu dari segelintir tanaman yang bisa mekar di dalam ruangan.

Tempatkan peace lily di area dengan cahaya tidak langsung di dekat jendela dan siram hanya ketika tanahnya sudah kering. Hindari penyiraman berlebih.

English ivy adalah tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan lainnya.

Tanaman ini diketahui mampu menyaring formaldehida dan menjadi tanaman rumah penyaring udara nomor satu.

English ivy sangat baik untuk orang yang sensitif terhadap asap.

Jika ingin memeliharanya, tempatkan English ivy di area dengan cahaya tidak langsung, dan hindari membiarkan tanaman mengering.

Pakis juga merupakan salah satu tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan dengan membantu meningkatkan kelembapan udara.

Peningkatan kelembapan ini dapat membantu memastikan udara dan kulit tidak terlalu kering.

Tanah tanaman pakis harus basah tetapi tidak terlalu becek. Selai itu, agar tumbuh subur, tempatkan pakis pada area dengan cahaya tidak langsung.

Lidah mertua juga termasuk pilihan tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan.

Tanaman ini sangat cocok untuk kamar tidur.

Tidak hanya membantu menghilangkan benzena dan formaldehida, lidah mertua juga menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen di malam hari.

Jika ingin memeliharanya, kita harus membiarkan tanah tanaman mengering di antara waktu penyiraman dan menempatkan tanaman ini pada area dengan cahaya tidak langsung.

Spider plant sangat baik dalam memerangi polutan. Maka tak heran jika ini menjadi salah satu tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan.

Salah satu jenis spider plant, Chlorophytum comosum, secara khusus dapat menyerap 90 persen formaldehida dan karbon monoksida, dua bahan kimia yang ditemukan dalam asap rokok.

Tanaman ini membutuhkan akses ke cahaya tidak langsung dan hanya perlu disiram seminggu sekali.

Salah satu tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan juga termasuk bambu keberuntungan.

Tanaman ini dapat membantu menghilangkan formaldehida, benzena, karbon monoksida, xilena, dan kloroform dari udara.

Tanaman ini dapat tumbuh paling baik dengan sinar matahari tidak langsung, namun masih bisa tumbuh lambat pada area dengan cahaya yang sedikit lebih terang.

Tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan lainnya adalah gerbera daisy.

Menurut One Green Planet, gerbera ditemukan oleh NASA sebagai tanaman paling efektif dalam menghilangkan benzena dari udara.

Mirip dengan lidah mertua, gerbera daisy dikenal karena kemampuannya menyerap senyawa di udara dan menghasilkan oksigen di malam hari, yang dapat membantu individu dengan sleep apnea.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/08/090405820/8-tanaman-dalam-ruangan-yang-baik-untuk-kesehatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke