Salin Artikel

Kenai Gejala Pradiabetes, Lakukan Pencegahan Sebelum Jadi Diabetes

KOMPAS.com - Pradiabetes merupakan kondisi ketika kadar gula darah seseorang sudah melebihi batas normal namun belum bisa dikategorikan sebagai diabetes tipe 2.

Agar tidak meningkat menjadi diabetes, pradiabetes dapat diatasi dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti melakukan diet rendah karbohidrat dan berolahraga secara teratur.

Konsultan Senior Penyakit Dalam di Rumah Sakit Fortis, Dr. Aditya S. Chowti mengatakan diabetes tidak hanya menyerang orang yang kegemukan atau punya faktor genetik diabetes, melainkan bisa diderita oleh kelompok usia muda.

"Kebiasaan makan yang tidak sehat seperti waktu makan yang tidak tepat waktu, asupan makanan berkalori tinggi, minuman berkarbonasi, dan asupan makanan yang tinggi lemak trans merupakan faktor yang dapat mengarahkan pasien ke tepi diabetes mellitus," ujar Chowti.

Ia menerangkan, pencegahan diabetes sebenarnya bisa dilakukan ketika seseorang masih kanak-kanak dengan menerapkan gaya hidup sehat.

"Kita harus sadar bahwa kondisi ini dapat dicegah, karena kita semua tahu mencegah lebih baik daripada mengobati. Olahraga dan diet adalah dua strategi pencegahan utama dan harus ditanggapi dengan serius,” imbuh Dr. Chowti.

Berapa kisaran gula darah pradiabetes?

Meski kadar gula darahnya tak setinggi penderita diabetes tipe 2, penderita pradiabetes sebaiknya tetap memahami berapa batas kadar gula darah yang normal.

Untuk kisaran kadar gula darah yang harus dijaga simak yang berikut ini:

Apa saja gejala pradiabetes?

Setiap penyakit tentu memiliki gejala tertentu yang bisa diwaspadai. Sayangnya, kebanyakan pasien diabetes tidak merasakan gejalanya.

Walau demikian, ada sejumlah tanda yang bisa diwaspadai orang agar terhindari dari risiko terkena diabetes, diantaranya:

• Sering buang air kecil
• Berat badan bertambah
• Kelelahan
• Rasa lapar yang berlebihan
• Rasa haus yang berlebihan.

Cara terakurat untuk mengetahui apakah gula darah kita normal atau tidak adalah dengan melakukan pemeriksaan gula darah puasa di laboratorium.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/09/154247920/kenai-gejala-pradiabetes-lakukan-pencegahan-sebelum-jadi-diabetes

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.