Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perhatikan Tanda Kulkas Sudah Harus "Pensiun"

KOMPAS.com - Setiap peralatan elektronik memiliki batas waktu penggunaan alias masa "pensiun". Sama halnya dengan kulkas.

Biasanya, kita mengetahui tanda-tanda kulkas sudah bermasalah dan perlu diganti, seperti kulkas yang tidak lagi terasa dingin, atau makanan yang justru membusuk saat disimpan di dalam kulkas.

Tapi kita cenderung mengabaikan masalah-masalah tersebut, sampai akhirnya kulkas tidak dapat dipakai lagi dan kita bingung menyimpan makanan dan minuman di mana.

Sebelum terlambat, perhatikan enam tanda yang menunjukkan kulkas di rumah sudah bermasalah dan wajib diganti.

1. Makanan tidak lagi terasa dingin

Jika susu yang baru dibeli beberapa hari lalu sudah berbau aneh, ada kemungkinan kulkas tidak lagi mampu memertahankan suhu dingin.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menyatakan, suhu kulkas yang ideal harus berada di bawah empat derajat celsius. Sedangkan suhu freezer yang ideal berada di angka -17 derajat celsius.

2. Terdapat suara berdengung yang parah

"Suara berdengung ini sebenarnya normal. Suara ini berasal dari bukaan katup air untuk mengisi pembuat es," jelas Rebeccah Buurstra, brand manager Maytag.

Tetapi ketika suara kulkas lebih seperti getaran, bisa jadi kulkas sudah tidak stabil.

Guna mengatasi masalah ini, Buurstra menyarankan untuk menyesuaikan sekrup leveling dan menurunkan kaki leveling ke lantai.

3. Reparasi kulkas yang memakan banyak biaya

Jika kita sudah sering memanggil tukang reparasi kulkas untuk memperbaiki kulkas, cobalah berhemat dengan membeli kulkas yang baru. Consumer Reports melaporkan, kulkas standar biasanya dapat dipakai sekitar 10 tahun.

4. Banyak bunga es di dalam freezer

Kulkas selalu menghasilkan embun beku atau bunga es. Namun, jika bunga es sudah terlalu banyak dan menutupi makanan atau minuman yang disimpan, tandanya kulkasmu bermasalah.

"Beberapa lemari es memiliki mode pencairan dan suhu udara akan naik jika makanan kehilangan kelembapan selama proses ini, dan beberapa kristal es akan terbentuk," sebut Buurstra.

Menyimpan makanan di dalam freezer saat masih hangat bisa menjadi penyebab munculnya bunga es.

Jika makanan memiliki kondensasi di bagian atas, uap air dapat membeku dan membentuk kristal es.

"Untuk mencegah pembentukan kristal es berlebih, gunakan wadah yang aman dan pembungkus freezer yang tahan uap dan tahan lembap," tambahnya.

"Pembungkus ini akan membantu mencegah hilangnya kelembapan selama siklus pencairan."

5. Pintu kulkas dan freezer tidak menutup rapat

"Kulkas yang tidak rata dapat menyebabkan pintu menutup dengan tidak benar, membiarkan kelembapan masuk," terang Buurstra.

Masalah akan timbul ketika kulkas tidak dipasang dengan benar, atau lantai tempat meletakkan kulkas tidak rata, sehingga kulkas berdiri miring.

Buurstra menyarankan untuk menggunakan level guna mengukur bagian depan dan belakang, serta sisi-sisi kulkas, lalu menyesuaikan kaki leveling.

6. Bagian belakang kulkas terasa sangat panas

Motor atau mesin kulkas berada di bagian belakang, itu sebabnya jika bagian tersebut terasa lebih panas ketimbang sisi lain kulkas.

Namun, panas berlebih bisa menandakan bahwa motor kulkas terlalu panas. Penggantian motor ini tidaklah murah.

Jika kulkas kita sudah berusia hampir 10 tahun atau lebih, sebaiknya belilah kulkas yang baru ketimbang mereparasi kulkas tua.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/10/072434920/perhatikan-tanda-kulkas-sudah-harus-pensiun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke