Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Katy Perry Minum Pembilas Niacin Tiap Pagi, Apa Manfaatnya?

Maka tak heran, usaha menjaga kesehatan dilakukan oleh setiap orang dengan cara mereka masing-masing, termasuk oleh para pesohor dunia.

Hal serupa juga dilakukan oleh ratu pop, Katy Perry. Penyanyi berusia 37 tahun tersebut ternyata mempunyai kebiasaan meminum "ramuan khusus" setiap pagi hari.

Dalam wawancaranya bersama salah satu media AS, "ramuan khusus" yang disebutnya sebagai pembilas niacin. Ini menjadi minuman pendamping sebelum ia menikmati secangkir kopi.

"Saya minum pembilas niacin, yang membuat darah bergerak. Terkadang saya akan minum jus seledri, itu akan membuat darah lancar dan saya melakukan segalayang bisa dilakukan,” kata dia.

Meski rutin meminum pembilas niacin, dia mengaku kebiasaan paginya tak berbeda jauh dengan orang kebanyakan.

Ia tetap memprioritaskan sarapan bersama tunangannya, Orlando Bloom, dan putrinya yang masih berusia satu tahun, Daisy Dove.

Apa itu niacin?

Mungkin, masih banyak orang asing dengan minuman pembilas niacin. Publik sering mempertanyakan manfaat minuman ini.

Menurut dokter penyakit dalam yang berbasis di Chicago, AS, Vivek Cherian, pembilas niacin adalah minuman yang kaya vitamin.

“Niacin adalah bentuk vitamin B, khususnya Vitamin B3, dan itu adalah vitamin yang larut dalam air,” kata Dr. Cherian.

Ia menjelaskan, berbagai vitamin dalam pembilas niacin bisa langsung diserap ke dalam aliran darah selama proses pencernaan.

Hal ini tentu membedakannya dengan vitamin lain yang berjalan melalui usus kecil dan didistribusikan ke seluruh tubuh dalam aliran darah melalui sel-sel lemak.

Karena vitamin yang larut dalam air tidak disimpan di dalam tubuh, minuman ini bisa memberikan cukup vitamin melalui diet sehat yang beragam, sehingga tubuh dapat berfungsi secara normal.

Dr. Cherian mengatakan, niacin –seperti halnya vitamin B– punya peran penting dalam mengubah makanan menjadi energi bagi tubuh.

Ini bisa ditemukan dalam banyak makanan, baik nabati dan hewani, termasuk unggas, ikan, beras merah, kacang-kacangan dan biji-bijian, dan pisang.

Menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health, jika makanan-makanan itu terus diasup, maka seseorang akan jarang kekurangan niacin.

Untuk perempuan dewasa membutuhkan 14 mg niacin sehari agar fungsi tubuhnya berjalan dengan baik.

Sedangkan, perempuan membutuhkan 18 mg niacin apabila sedang mengandung.

Selain itu, apabila seseorang mengonsumsi dada ayam seberat 85 gram, akan memberi tambahan niacin sebesar 10,3 mg.

Sedangkan, jika seseorang memakan nasi merah, ia akan mendapat 5,2 mg niacin.

Karena makanan yang memberi asupan niacin mudah didapatkan, maka tidak ada alasan untuk tidak mengasupnya tiap hari.

“Niacin tersedia sebagai suplemen dalam bentuk asam nikotinat atau nikotinamida, dan biasanya berbentuk bubuk yang dapat Anda campur dengan air,” kata Dr. Cherian.

Meski begitu, menurut sebuah penelitian pada tahun 2011 yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, niacin yang ada di asam nikotinat tidak memberikan manfaat yang cukup bagi pasien dengan kolesterol tinggi.

"Niacin juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan otak, dan membantu mencegah kanker kulit tertentu," kata Dr. Cherian.

"Tetapi penelitian dan data bercampur. Artinya, tidak ada hubungan ilmiah yang jelas antara niacin dan manfaat tersebut," tambah dia.

Minuman pembilas niacin

Setelah mengetahui apa itu niacin beserta manfaatnya, kita sebaiknya juga mengetahui manfaat pembilas niacin bagi tubuh.

Seperti yang sudah disebutkan, ketika niacin diubah dalam bentuk bubuk dan dicampur ke dalam air, niacin bisa menjadi suplemen yang dapat diminum.

Meski begitu, Dr. Cherian mengingatkan, wajah akan kemerahan apabila seseorang meminum pembilas niacin.

"Pembilas niacin sebenarnya adalah efek samping yang cukup umum jika dikonsumsi dalam dosis tinggi,” kata dia.

Hal ini dapat terjadi karena niacin menyebabkan pembuluh darah kecil di kulit melebar sehingga meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit.

"Ini biasanya akan mulai sekitar 15 menit setelah mengonsumsi suplemen dan mulai berkurang sekitar satu jam," imbuh Dr. Cherian.

“Area yang sering terkena termasuk tubuh bagian atas dan wajah. Kita mungkin mengalami kesemutan atau sensasi terbakar serta kemerahan pada kulit yang hampir tampak seperti terbakar sinar matahari."

"Kulit kita mungkin juga terasa hangat saat disentuh," lanjut dia.

Meski terlihat menyeramkan, Dr. Cherian mengatakan, efek samping meminum pembilas niacin tidak berbahaya.

Jika merasakan beberapa efek samping niacin, ini hanya akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Apakah niasin aman untuk diminum?

Perry tidak menjelaskan secara pasti mengapa ia dan Bloom rutin meminum pembilas niacin.

Namun, jika seseorang ingin meningkatkan niacin atau vitamin B akan lebih aman untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin, seperti sayuran berdaun hijau gelap, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, roti, dan sereal.

"Saya tidak tahu apakah itu efektif, tetapi saya akan berhati-hati terhadap overdosis yang tidak disengaja," kata Dr. Cherian.

Ia menyarankan agar orang-orang yang ingin meminum pembilas niacin harus dibarengi dengan resep atau anjuran dokter.

“Beberapa gejala overdosis niasin termasuk sakit perut, mual dan muntah, dan detak jantung yang cepat."

"Yang lebih memprihatinkan niacin telah dikaitkan dengan stroke dan kerusakan hati, jadi kita harus berhati-hati mengonsumsi niasin dalam jumlah tinggi untuk alasan apa pun," ujar dia.

"Dosis lebih dari 500mg per hari dapat menyebabkan efek samping yang tidak mengenakan," sambung dia.

Sedangkan dosis 1.000mg per hari dapat menyebabkan efek samping yang parah, termasuk tekanan darah rendah yang berbahaya, pengelihatan kabur atau gangguan, mual, mulas, dan sakit perut.

Suplemen dengan 30mg atau lebih asam nikotinat dapat menyebabkan kemerahan.

Perlu diingat juga apabila beberapa suplemen niacin mengandung hingga 1.000-2.000mg niasin. Takaran ini tentu memiliki risiko.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/10/170005220/katy-perry-minum-pembilas-niacin-tiap-pagi-apa-manfaatnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke