Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Agar Lemak Visceral Hilang, Begini Cara Mengatasinya

KOMPAS.com - Keberadaan lemak memang sangat penting bagi tubuh sebagai pelindung organ, pembangun hormon, dan sumber energi.

Meski begitu, kamu sebaiknya waspada terhadap beberapa jenis lemak yang yang berisiko mengganggu kesehatan jika dibiarkan menumpuk dalam tubuh.

Salah satu lemak tersebut adalah lemak visceral. Berbeda dengan lemak subkutan yang dapat terlihat dan membuat perut buncit, lemak visceral justru tidak nampak karena tersembunyi di rongga perut.

Lemak ini bersifat berbahaya dan bisa memengaruhi fungsi hormon, mengakibatkan serangan jantung, diabetes tipe 2, stroke, dan resistensi insulin.

Agar dapat terbebas dari lemak visceral, ada beberapa pola hidup sehat yang bisa kamu praktikkan. Untuk lebih jelasnya, simak yang berikut ini.

1. Fokus turunkan berat badan

Cara termudah untuk mengurangi lemak visceral adalah dengan menurunkan berat badan.

"Penurunan berat badan saja bisa secara efektif mengurangi lemak visceral," ujar spesialis pengobatan obesitas di Cleveland Clinic, W. Scott Butsch, MD.

"Dengan kehilangan 10 persen dari berat badan, kita mungkin kehilangan hingga 30 persen dari lemak tubuh," sambungnya.

2. Melakukan diet sehat

Pola makan yang tinggi gula tambahan dan karbohidrat dapat meningkatkan penambahan lemak di perut.

Oleh karena itu, kamu perlu mengurangi konsumsi makanan yang tinggi gula tambahan dan karbohidrat.

"Fruktosa atau gula menyebabkan sel-sel lemak matang lebih cepat, khususnya di lemak visceral," kata Klinik Cleveland.

"Diet yang diisi dengan soda atau minuman yang mengandung fruktosa tidak hanya meningkatkan asupan kalori, tetapi juga mempengaruhi bagaimana lemak perut berkembang."

Kamu juga dianjurkan untuk menerapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, serat, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Olahraga

Olahraga selalu menjadi solusi bagi orang-orang yang ingin membakar lemak di dalam tubuh.

Olahraga bisa membantu pengurangan lemak visceral sebab diet saja tidak akan mengurangi lemak perut.

"Olahraga menghilangkan lemak perut karena mengurangi kadar insulin yang beredar serta menyebabkan hati menggunakan asam lemak, terutama yang dekat dengan timbunan lemak visceral," terang Direktur Fisiologi Klinis dan Penelitian di Johns Hopkins Medicine, Kerry. Stewart, Ed.D.

Aktivitas fisik sedang yang dikombinasikan dengan latihan kekuatan dapat memberkan hasil paling baik untuk membakar lemak perut.

Jika kamu ingin berolahraga sebagai cara membakar lmak, ingatlah bahwa olahraga dengan intensitas lama lebih baik daripada olahraga keras.

4. Tingkatkan kualitas tidur

Tentu kamu sudah mengetahui manfaat tidur berkualitas bagi tubuh. Selain mengurangi stres dan tekanan darah tinggi, tidur juga bisa menghindarkanmu dari lemak visceral.

Para peneliti di Wake Forest University menemukan bahwa pelaku diet yang tidur lima jam atau kurang setiap malam memiliki lemak perut 2,5 kali lebih banyak daripada orang yang cukup tidur.

Para ahli termasuk dari National Sleep Foundation mengatakan seseorang harus tidur selama tujuh hingga sembilan jam semalam.

Durasi ini akan mengurangi lemak di perut dan risiko sejumlah penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, dan demensia.

5. Kontrol stres

Stres yang berlebihan menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol.

Hormon ini akan memberitahu tubuh untuk menahan lemak di sekitar perut untuk mengatasi ketegangan.

Untuk melawan hormon kortisol sebaiknya kamu mengatasinya dengan olahraga, melakukan relaksasi, memusatkan perhatian, dan berbicara dengan dokter jika kamu memerlukan bantuan lebih lanjut.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/13/120015320/agar-lemak-visceral-hilang-begini-cara-mengatasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke