Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Kaktus Natal Berbahaya bagi Hewan Peliharaan?

KOMPAS.com - Selain pohon cemara, tanaman kaktus natal atau christmas cactus juga kerap dipilih sebagai dekorasi Natal untuk mempercantik ruangan di rumah.

Kaktus natal atau schlumbergera bridgesii berasal dari hutan Brasil, dan dapat hidup dalam waktu lama jika dirawat dengan benar.

Tetapi bagi mereka yang memiliki hewan peliharaan mungkin bertanya-tanya, apakah kaktus natal berbahaya atau bahkan beracun bagi anjing dan kucing?

American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) menyatakan, baik kaktus maupun bunga pada kaktus natal tidaklah beracun untuk anjing dan kucing.

Akan tetapi, tidak berarti tanaman yang kerap disebut wijaya kusuma kepiting tersebut tidak berbahaya bagi hewan peliharaan, menurut dokter hewan Margot Vahrenwald.

"Meski tidak beracun, dosis besar tanaman bisa mengganggu perut dan menyebabkan muntah dan diare," sebut Vahrenwald.

Apabila kita menyadari kucing atau anjing peliharaan menggigit tanaman kaktus natal, perhatikan apakah ada tanda-tanda iritasi saluran pencernaan usus atau tidak pada hewan tersebut.

Gejala iritasi bisa beragam, dari yang ringan hingga berat, sehingga disarankan untuk membawa hewan peliharaan ke dokter hewan apabila terjadi masalah usai menggigit atau mengunyah kaktus natal.

Menangani hewan peliharaan yang mengunyah kaktus natal

Vahrenwald menganjurkan pemilik hewan agar segera menghubungi dokter hewan dan membawa hewan peliharaan untuk diperiksa.

Ia mengatakan, lebih baik mengambil tindakan awal demi kesehatan hewan peliharaan sebelum kita menyesal di kemudian hari.

"Intervensi dini untuk mengurangi atau mengobati gejala klinis lebih baik daripada membiarkan gejala memburuk," jelas pemilik Park Hill Veterinary Medical Center di Denver, AS itu.

Dekorasi Natal yang beracun bagi anjing dan kucing

Kaktus natal memang tidak beracun bagi hewan peliharaan, namun beberapa tanaman hias lain yang sering dijadikan dekorasi Natal sangat beracun.

Tanaman Natal yang perlu dijauhkan dari jangkauan hewan peliharaan mencakup:

  • Duri dan air dari pohon natal
  • Mistletoe
  • Amarilis
  • Poinsettia atau kastuba merah
  • Holly
  • Bunga lili

Demi memastikan hewan peliharaan kesayangan tidak terkena racun dari tanaman, Independent Veterinary Practitioners Association (IVPA) menyarankan kita berbagai hal.

Bersihkan debu atau kotoran dari pohon natal dengan mesin penyedot debu, dan jauhkan tanaman dari lantai dan jangkauan hewan peliharaan.

Apabila kita menggunakan pohon natal asli (bukan pohon artifisial), IVPA menyarankan untuk menutup tampungan air di pohon supaya hewan peliharaan tidak mencoba meminum air dari tempat tersebut.

Atau, pasanglah kurungan pohon natal (christmas tree pet gate) guna membatasi akses anjing atau kucing yang penasaran dan ingin bermain-main dengan pohon itu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/14/075345920/apakah-kaktus-natal-berbahaya-bagi-hewan-peliharaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke