Salin Artikel

Diungkap, Manfaat Latihan Golf untuk Penderita Parkinson

Namun, temuan yang satu ini mungkin belum banyak diketahui publik. Ya, golf disebut amat berguna bagi penderita parkinson.

Studi terbaru menemukan, bermain golf dapat membantu keseimbangan dan mobilitas pada orang-orang yang memiliki penyakit parkinson.

Bermain golf bahkan lebih membantu penderita parkinson berlatih keseimbangan dan mobilitas ketimbang mereka melakukan tai chi—seni bela diri dan senam kesehatan dari China.

Studi ini dipresentasikan pada Annual Meeting American Academy of Neurology yang ke-73.

Tim peneliti memantau 20 orang dengan gejala parkinson sedang, di mana mereka bermain golf atau berlatih tai chi selama kurun waktu 10 minggu.

Para peneliti mengatur waktu peserta saat melakukan aksi bangun dari kursi, berjalan sejauh tiga meter, lalu kembali ke kursi dan duduk.

"Kita mengetahui orang dengan penyakit parkinson mendapatkan manfaat dari berolahraga, tetapi tidak begitu banyak penderita parkinson yang mendapatkan olahraga dalam jumlah mencukupi sebagai terapi."

Demikian dikatakan penulis studi Anne-Marie Wills, dokter di Massachusetts General Hospital di Boston, AS, dalam sebuah pernyataan.

"Golf adalah olahraga paling populer bagi orang berusia di atas 55 tahun, di mana hal itu kemungkinan mendorong orang untuk mencoba dan terus bermain golf."

"Kami membandingkan golf dengan tai chi dalam penelitian kami karena tai chi adalah standar untuk keseimbangan dan mencegah terjatuh pada penderita parkinson," imbuh dia.

Tim peneliti menemukan, pada akhir masa studi, peserta yang mengayunkan tongkat golf di driving range menjadi lebih cepat dan lebih gesit.

"Hasil dari peserta yang bermain golf terlihat mengejutkan, tetapi penting untuk diingat bahwa jumlah peserta dalam penelitian kami sedikit," catat Wills.

"Periode waktu kami memantau peserta juga relatif singkat."

Menurut Wills, dibutuhkan studi lebih lanjut dengan peserta yang lebih banyak dan jangka waktu yang lebih lama untuk memperoleh hasil lebih akurat terkait manfaat golf bagi penderita parkinson.

Temuan lain studi ini adalah, sebanyak 86 persen pegolf berencana untuk terus berolahraga, sedangkan 33 persen peserta ingin kembali berlatih tai chi.

"Temuan kami yang memperlihatkan pegolf lebih mungkin untuk melanjutkan olahraga ini menarik, karena tidak peduli seberapa besar manfaat latihan jika kita tidak benar-benar melakukannya," kata Wills.

"Jadi, jika mengayunkan tongkat golf lebih menarik daripada berlatih tai chi, pergilah ke driving range dan memukul bola selama satu jam."

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/14/090000920/diungkap-manfaat-latihan-golf-untuk-penderita-parkinson

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.