Salin Artikel

Tips agar Tubuh Tetap Bertenaga Kerja di Sore Hari

KOMPAS.com - Rasa kantuk, lelah, dan sering menguap kerap kita alami saat bekerja. Kondisi ini terutama terjadi setelah jam makan siang atau sore hari. Fokus dan konsentrasi kerja pun tentu terganggu. 

Rasa kantuk di siang hari juga bisa disebabkan oleh menurunnya produksi hormon kortisol, alias hormon stres.

Selain itu, hormon ini juga mampu menjaga gula darah dan tekanan darah agar tetap di ambang normal.

Tubuh banyak memproduksi kortisol saat pagi hari dan mulai menurun ketika sore hari. Inilah yang membuat seseorang merasa semakin mengantuk ketika hendak tidur di malam hari.

Ada banyak tips untuk mengatasi kantuk di sore hari, seperti makan makanan sehat tanpa permen, banyak minum air putih, mendengarkan musik, dan menggunakan aromaterapi.

Tetapi salah satu cara paling efektif untuk tetap konsentrasi agar dapat bekerja dengan baik adalah dengan bergerak.

Hal ini diungkapkan langsung oleh praktisi terapi nutrisi fungsional dan pendiri pelatihan beU Complete di Lititz, Pennsylvania, Tansy Rodgers.

"Perasaan lelah ketika sore biasanya terjadi antara jam 1 dan 3 sore," kata Rodgers.

Ia mengatakan, bergerak sehabis makan siang membantu tubuh mencerna makanan, menstabilkan gula darah, dan melepaskan hormon epinefrin dan norepinefrin yang dapat mengurangi kantuk.

"Ditambah lagi, ketika seseorang berolahraga sebelum mereka terlalu lelah, mereka akan lebih bugar dan benar-benar melakukan latihan, daripada menggunakan alasan terlalu lelah untuk berusaha," ujar Rodgers.

Walau banyak orang bingung dengan bentuk gerakan yang yang harus dilakukan ketika bekerja, berjalan kaki secara singkat atau sedikit gerakan sepanjang hari bisa menjadi solusinya.

Sementara itu, pelatih kebugaran bersertifikat yang berbasis di Santa Monica, California, Chris Lee menyampaikan bahwa kebanyakan orang mengantuk dua kali sehari, yaitu ketika malam hingga larut pagi dan menjelang sore hari.

Karena hal itu, Chris lantas membuat metode latihan bernama HAU 2 FIT yang mampu meningkatkan ketahanan, kelenturan, dan fokus seseorang ketika bekerja.

Hal ini dijelaskan langsung oleh Chris dalam video di kanal Youtube "HAU 2 FIT".

Tantangan 9x9 HAU 2 FIT mengajak orang untuk berdiri sekali setiap jam selama hari kerja, kemudian bergerak selama 90 detik atau melakukan sembilan pengulangan latihan tertentu, seperti push-up di dinding.

"Gerakan mana yang Anda lakukan tidak sepenting membuat gerakan apa pun, karena metabolisme Anda akan meningkat sepanjang hari dan Anda tidak akan menjadi korban duduk terlalu lama," jelasnya.

Berikut panduan HAU 2 FIT dari Chris:

1. Peregangan

Peregangan sederhana akan membantu darah tetap mengalir dan memberi sedikit energi.

Cobalah untuk melakukan gerakan memompa kaki, melingkarkan lengan, memutar leher, dan memutar tulang belakang sambil duduk meskipun walau sedang menggunakan telepon atau mengetik.

Namun, jika seseorang punya waktu dan ruang untuk sedikit bergerak, sebaiknya lakukan peregangan untuk melatih otot bokong, paha depan, paha belakang, punggung bawah, dan banyak lagi.

Gerakan-gerakan ini tidak hanya baik untuk membuat tubuh di sore hari tetap bertenaga, tapi juga menjaga mobilitas dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Bergerak di sekitar meja atau tempat kerja

Agar duduk yang terlalu lama tidak mengganggu kesehatan seseorang imbangi dengan bergerak di sekitar meja atau area kerja.

Banyak ahli menyarankan untuk berdiri di tempat kerja sekitar 15 menit setiap jam untuk mengurangi bahaya kesehata karena terlalu lama duduk.

Tetapi, penelitian dari University of Waterloo, di Ontario, Kanada, menunjukkan bahwa seseorang perlu berdiri lebih dari 30 menit untuk merasakan manfaatnya.

Namun, untuk menghindari penurunan tenaga di sore hari, berdiri di meja selama beberapa menit dapat membantu.

3. Pergi ke luar

Bahwa berada di luar ruangan baik untuk kesehatan tubuh, meningkatkan suasana hati, dan membuat kita lebih berenergi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/15/072533320/tips-agar-tubuh-tetap-bertenaga-kerja-di-sore-hari

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.