Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

17 Cara "Membunuh" Rasa Kesepian, Bisa Dicoba...

Meski kesepian umumnya hanya melibatkan kondisi psikologis, perasaan ini akan mengganggu kondisi kesehatan apabila terjadi secara terus menerus.

Kesepian jangka panjang bisa mengakibatkan masalah tidur, perubahan berat badan, tekanan darah tinggi, perasaan insecure, gangguan pembuluh darah, jantung, hingga depresi.

Bahkan, menurut Kepala Petugas Medis untuk Kesehatan Perilaku Cigna Douglas Nemecek, MD kesepian memiliki dampak yang sama pada kematian seperti merokok 15 batang sehari.

Ia juga mengutarakan, dampak kesepian bahkan lebih berbahaya daripada obesitas.

Agar hal ini tidak terjadi, tentu rasa kesepian harus segera diatasi. Untuk kamu yang penasaran, simak cara-caranya yang berikut ini.

1. Kesepian bukanlah penyakit

Mengubah pola pikir bahwa kesepian bukanlah penyakit perlu dilakukan saat seseorang mengalami kesepian.

Hal ini dijelaskan langsung oleh Koordinator Program Layanan Kesehatan Mental di Providence Saint John Child and Family Development Center di Santa Monica, California, AS, Mayra Mendez, PhD, LMFT.

Mendez mengatakan, kesepian bukanlah suatu kondisi yang harus dirawat, melainkan merupakan bagian alami dari pengalaman manusia.

"Hal yang paling membantu untuk mengetahui tentang kesepian adalah bahwa itu bukan sesuatu yang terjadi pada diri kita, itu adalah sesuatu yang dapat kita kendalikan," kata Mendez

“Kadang-kadang kesepian tidak apa-apa, itu tidak berarti ada yang salah denganmu,” tambah dia.

2. Lakukan sedikit kebaikan

Melayani orang lain adalah salah satu cara terbaik untuk tidak merasa kesepian dan bisa menjalin pertemanan dengan orang lain.

Cara ini bisa dilakukan dengan menjadi sukarelawan di sekolah atau perpustakaan, merajut selimut untuk bayi di rumah sakit, maupun membawakan makanan untuk orangtua.

Ketika kamu berani melakukan hal ini, kamu akan merasakan dua hal penting dalam hidup, yaitu merasakan menjalani kehidupan yang penuh dan bahagia.

3. Hindari percakapan yang membosankan

Mendez memberikan tiga aturan sederhana saat memulai percakapan dengan orang lain.

Pertama, bicarakan pengalamanmu, baik saat sedang menunggu bus, mengantre di toko atau berolahraga di gym.

Kedua, jangan menceritakan semua kisah hidupmu kepada orang lain. Dan, yang ketiga adalah hindari bahasan berita dan politik.

4. Lakukan sesuatu yang membuat bersemangat

Mengusir rasa kesepian juga bisa dilakukan dengan menjalani sesuatu yang disukai. Pikirkanlah hal yang membuatmu bersemangat di pagi hari.

Atau pikirkanlah juga peristiwa apa yang membuatmu semakin bersemangat untuk menghadapi masa depan.

Hal apa pun yang memberi makna dan kebahagiaan dalam hidupmu adalah cara yang bagus supaya tetap terhubung dengan orang lain.

Bagi banyak orang, pekerjaan mereka adalah hasrat mereka. Meski begitu, menjalani hobi olahraga luar ruangan, kerajinan tangan, menyanyi, atau mobil juga bisa menjadi alternatif.

5. Tingkatkan spiritualitas

Agama bisa menjadi cara yang bagus untuk terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama dan menjadi bagian dari komunitas yang erat dan penuh kasih.

Mendez menatakan, meski seseorang tidak terlalu religius, ia masih bisa menjalin ikatan dengan orang lain dalam agamanya.

Dengan meningkatkan spiritualtas, cara ini bisa menggugah kesadaran bahwa kita semua sama sebagai manusia dan hidup di planet yang sama pula.

6. Jadilah teman yang baik

Mendez menyarankan agar orang-orang menerima kehadiran orang lain dalam hidup mereka supaya tidak mudah merasa kesepian.

Meski kamu harus menerima keberadaan teman lama atau anggota keluarga yang pernah melakukan kesalahan kepadamu, kembali menjadi teman yang baik bukanlah sesuatu yang salah.

Luangkanlah waktu untuk mencatat hal apa yang kamu sukai dari lingkungan pertemananmu saat ini dan pastikan untuk memberi tahu mereka juga.

7. Memberi pujian

Kamu juga bisa mengusir rasa kesepian dengan melayangkan pujian kepada orang lain. Dengan begitu, perasaan bahagia yang mereka rasakan juga bisa kamu alami.

8. Mengikuti kelas atau pelatihan

Kelas gratis yang murah tentang berbagai topik umumnya tersedia melalui komunitas atau perguruan tinggi.

Dengan mengikuti kelas yang tersedia, seseorang akan belajar sesuatu yang baru, sekaligus terkoneksi dengan orang lain.

9. Perawatan untuk masalah kesehatan mental

Kecemasan dan depresi sangatlah nyata dan mampu membuat seseorang merasa terasingkan.

Kesepian sendiri bukanlah penyakit, tetapi jika kamu terus-menerus merasa ditinggalkan dan sedih, ini bisa pertanda masalah mental yang lebih besar.

Agar perasaan sedih tidak berlarut-larut, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan dan jangan biarkan depresi, kecemasan, dan kesepian dapat berubah menjadi lingkaran setan.

Apabila hal ini terus terjadi, kamu akan terseret ke dalam pusaran keputusasaan.

10. Mengobrol dengan orang lain

Pernahkah kamu merasa kesepian walau berada di tengah kerumunan orang banyak?

Meski kamu merasa terasingkan dan sendirian, kamu bisa mengatasinya dengan mencoba mengobrol dengan orang lain.

Percakapan ringan bisa menjadi hal yang bagus untuk dilakukan, meski kamu bukanlah seorang ekstrovert.

Mengucapkan "halo" atau memberi senyuman kepada orang lain bisa membuatmu terhubung.

11. Memelihara hewan peliharaan

Mendez mengutarakan, hewan peliharaan terbukti membantu seseorang untuk mengatasi kesepian.

“Ini tentang memiliki sesuatu untuk diurus, yang membutuhkan kita, dan itu memberi kita cinta tanpa syarat sebagai balasannya,” imbuh Mendez.

Ia menambahkan, keberadaan hewan peliharaan di rumah akan sangat berarti bagi mereka yang sedang sakit atau punya kondisi tertentu yang membuatnya sulit keluar rumah.

12. Buang pikiran negatif

Mendez menjelaskan, pikiran merupakan alat yang ampuh untuk mengusir kesepian.

Ia menyarankan orang-orang agar tidak membandingkan dirinya dengan orang lain, baik di televisi maupun di kehidupan nyata.

“Sebaliknya, cobalah membingkai ulang pikiran negatif. Ubahlah pikiran semua orang di sini membenciku menjadi semua orang di sini tidak mengenal saya,” kata Mendez.

13. Gunakan media sosial

Media sosial bisa menjadi solusi bagi seseorang yang merasa kesepian.

Pasalnya, media sosial dibekali fitur yang bisa mengenali hobi para penggunanya, sehingga mereka dapat saling terhubung.

Ini adalah pilihan yang bagus untuk mereka yang tinggal di rumah atau tinggal di daerah yang sulit sulit menemukan kecocokan dengan orang di sekitarnya.

Meski bisa mendatangkan manfaat, Mendez tetap memeringatkan bahaya menggunakan media sosial, terutama menyangkut masalah informasi pribadi.

14. Mencari teman sekamar

Kalau kamu tinggal sendiri dan membutuhkan teman untuk menemanimu, hal ini bukanlah masalah. Cara ini dapat menjadi solusi untuk membantumu melawan kesepian.

Kendati beberapa merasa hidup sendiri selalu dipenuhi dengan rasa kesepian, sebagian lainnya justru menginginkan hidup seorang diri.

The Wall Street Journal melaporkan, orang yang berusia di atas 40 tahun adalah salah satu kelompok masyarakat yang didorong untuk bisa hidup bersama.

15. Fokuslah pada diri sendiri

Bagi Mendez, mengutamakan diri sendiri lebih penting. Cara ini bisa dilakukan dengan mencintai diri sendiri.

“Kita harus belajar menyukai diri sendiri terlebih dahulu. Orang-orang merasa nyaman dengan mereka yang merasa nyaman dengan diri mereka sendiri."

16. Lakukan relaksasi

Banyak orang terlalu khawatir untuk berinteraksi dengan orang lain di sekitarnya. Meski begitu, rasa khawatir yang timbul karena hal ini bisa diatasi dengan melakukan relaksasi.

Caranya, cukup bernapas dalam-dalam, meditasi, mengucapkan mantra, olahraga, dan teknik relaksasi lain yang terbukti dapat membantu seseorang belajar melepaskan rasa takut.

17. Lakukan sesuatu

Orang-orang terlalu terjebak dalam kekhawatiran akan kesepian sehingga mereka secara tidak sengaja menjebak diri mereka sendiri dalam lingkaran setan.

“Negatif melanggengkan negatif. Jangan murung, keluar saja dan lakukan sesuatu. Segala sesuatu selalu lebih baik daripada tidak sama sekali,” ujar Mendez.

Cara ini bisa dilakukan dengan berjalan-jalan di sekitar rumah untuk menghirup udara segar yang menyegarkan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/17/074217720/17-cara-membunuh-rasa-kesepian-bisa-dicoba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke