Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari Kalimat Ini Saat Menghibur Orang yang Kehilangan Hewan Peliharaan

KOMPAS.com - Hewan peliharaan yang dirawat dan diperhatikan dengan baik akan menunjukkan kasih sayang yang besar kepada kita.

Ikatan antara hewan peliharaan dan pemiliknya akan terjalin kuat. Karena kekuatan ikatan itulah, hati kita seolah-olah tersayat apabila hewan peliharaan kesayangan sakit atau mati.

"Setiap hari, saya mendengar orang mengatakan kehilangan hewan peliharaan terasa lebih dalam daripada kehilangan sesama manusia di hidup mereka."

Demikian dikatakan Christina Disla, pendamping kesedihan dan pelatih kehilangan hewan peliharaan di Lap of Love.

"Banyak yang berkaitan dengan fakta bahwa hewan peliharaan benar-benar menjadi bagian dari identitas diri kita dan rutinitas kita sehari-hari."

Saat teman atau kerabat baru saja kehilangan hewan peliharaan, kita mungkin berniat untuk menghibur mereka. Namun, perhatikan kata-kata yang akan diucapkan.

Jangan menghibur seseorang yang berduka atas kehilangan "sahabat setia" mereka dengan kata-kata berikut:

1. "Itu hanya seekor kucing" atau "Itu cuma seekor anjing"

Bagi banyak orang, hewan peliharaan adalah anggota keluarga, dan kehilangan hewan peliharaan bisa dirasakan lebih dalam daripada kehilangan manusia.

"Ini benar-benar tindakan meremehkan untuk meminimalkan kerugian sebagai 'kurang dari' atau tidak valid," kata Jennifer Breslow, psikoterapis yang berbasis di New York.

2. "Kamu memberikan kehidupan yang baik bagi hewan itu"

"Kalimat ini terdengar bagus, dan pernyataan semacam ini sering diucapkan dengan maksud untuk mencoba menghilangkan rasa sakit seseorang," kata Breslow.

"Faktanya tidak ada cara untuk menghindari perasaan kehilangan yang menyakitkan."

Apa yang paling dibutuhkan pemilik hewan peliharaan yang berduka adalah ruang untuk merasakan perasaan mereka dan membuat orang-orang di sekitar mereka berempati.

3. "Kamu bisa mendapatkan hewan peliharaan lain"

Disla mengatakan kalimat ini adalah salah satu jenis komentar umum yang dipercaya dapat menghibur.

Namun, bagi orang yang kehilangan hewan peliharaan, kalimat ini sangat menusuk perasaan mereka karena hewan peliharaan baru tidak akan menggantikan rasa sedih akibat ditinggalkan hewan peliharaan yang lama.

4. "Sudah waktunya move on" atau "hanya butuh waktu"

Kebanyakan orang mempertanyakan waktu yang dibutuhkan seseorang untuk berduka karena kehilangan hewan peliharaan. Padahal, setiap orang butuh waktu untuk bisa merelakan kepergian anabul kesayangannya.

5. "Kamu beruntung memiliki hewan itu selama sekian tahun"

Membuat pernyataan tentang sisi positif dari kematian tragis hewan peliharaan tidaklah baik ketika pemilik hewan sedang berduka.

"Mengatakan seseorang beruntung sudah bertahun-tahun bersama hewan peliharaan mereka menyiratkan bahwa kesedihan dan rasa sakit seseorang lebih valid jika mereka memiliki hewan peliharaan untuk waktu lebih lama," kata Breslow.

6. "Mungkin kamu seharusnya..."

Ketika hewan peliharaan mengalami musibah saat kabur dari rumah, pemilik hewan seringkali merasa bersalah dan ragu-ragu karena membiarkan jendela atau pintu tidak terkunci.

Rasa bersalah itu bisa terjadi saat kita memikirkan beberapa pertanyaan seperti mengapa saya tidak mengunci pintu? Mengapa saya tidak memegang tali hewan itu dengan kencang?

Jangan membuat pemilik hewan peliharaan merasa lebih buruk dengan mengatakan apa yang sebaiknya mereka lakukan.

Sebaliknya, lanjut Disla, akui saja bahwa musibah sudah terjadi. Tunjukkan bahwa jika ada sesuatu yang dapat dilakukan dalam situasi tersebut untuk membuat perbedaan, mereka akan melakukannya.

Anne Cattarello, psikoterapis di Florida yang juga menangani orang-orang yang kehilangan hewan peliharaan sependapat dengan Disla.

Menurutnya, menghakimi pemilik hewan peliharaan yang berduka adalah tindakan yang egois karena kita hanya memikirkan diri sendiri.

7. "Setidaknya hewan itu tidak menderita lagi"

Breslow mengatakan kalimat ini adalah pernyataan yang tampaknya positif. Namun kalimat ini menyiratkan bahwa hewan peliharaan sudah tidak lagi menderita, jadi kita harus mengurangi kesedihan dan rasa sakit.

Breslow menyarankan kalimat seperti:

"Saya harap saya bisa mengatakan sesuatu untuk menghilangkan rasa sakitmu, tetapi saya tidak bisa. Sangat sulit mengucapkan selamat tinggal pada hewan peliharaan. Saya di sini untukmu," kata dia.

"Adalah naluri alami untuk menghilangkan rasa sakit, tetapi dalam semua jenis kehilangan, perasaan sulit dan memiliki izin untuk merasakan kesedihan adalah satu-satunya cara untuk mencapai penerimaan dan penyembuhan."

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/17/104317320/hindari-kalimat-ini-saat-menghibur-orang-yang-kehilangan-hewan-peliharaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke