Salin Artikel

Ketiak Menghitam: Penyebab dan Cara Menanganinya

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, ketiak menghitam dapat menjadi hal memalukan, dan menghalangi seseorang untuk melakukan beberapa kegiatan, seperti berolahraga atau memakai baju tanpa lengan.

Perubahan warna pada ketiak ini bisa disebabkan oleh banyak sebab. Misalnya saja, dari iritasi kimia yang disebabkan oleh deodorant dan antiperspirant, bercukur, atau penumpukan sel kulit mati.

Tak hanya itu, Healthline juga menyebut bahwa gesekan karena pakaian ketat, dan hiperpigmentasi yang disebabkan oleh merokok juga dapat menyebabkan menghitamnya kulit ketiak.

Terkadang, kulit ketiak yang menghitam juga merupakan tanda beberapa kondisi kesehatan, seperti diabetes, obesitas, atau kadar hormon abnormal.

Lalu, infeksi bakteri (eritrasma). bercak hitam pada kulit (melasma), serta penyakit Addison atau rusaknya kelencari adrenal juga dapat membuat kulit ketiak menghitam.

Bagaimana menanganinya?

Respons prtama terhadap pertanyaan “bagaimana cara mencerahkan ketiak” adalah dengan menangani penyebab dasarnya.

Misalnya:

Mengganti deodorant/antiperspirant.

Beberapa orang beralih ke alternatif yang lebih alami seperti baking soda atau cuka apel. Ada pula yang berhenti menggunakan deodoran sama sekali.

Berhenti mencukur

Beberapa orang memilih untuk melakukan waxing atau mencabut rambut dengan laser.

Eksfoliasi

Biasanya, seseorang akan menggunakan body scrub atau facial exfoliator sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu,

Mengenakan pakaian longgar dan berhenti merokok pun dapat membantu.
Mencerahkan ketiak secara alami.

Menggunakan bahan alami

Banyak orang memilih pendekatan alami untuk mencerahkan ketiaknya. Ahli pengobatan alami menyarankan sejumlah agen pemutih alami, seperti berikut ini:

  • Kentang

Parut kentang, peras jus dari parutan kentang dan oleskan jus ke ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin.

  • Mentimun

Potong tebal irisan mentimun dan gosokkan irisan tersebut pada area gelap ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin.

  • Lemon

Potong tebal irisan lemon dan gosokkan irisan tersebut pada ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin, keringkan, dan oleskan pelembap.

  • Kulit jeruk

Campurkan 1 sendok makan susu dan 1 sendok makan air mawar dengan parutan kulit jeruk secukupnya untuk membuat pasta kental. Gosok ketiak dengan lembut menggunakan pasta tersebut dan biarkan selama sekitar 15 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Ulangi dua hingga tiga kali per minggu.

  • Kunyit

Dalam mangkuk kecil, campurkan 2 sendok makan jus lemon segar dengan kunyit secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan secara merata ke ketiak, dan setelah 30 menit, bersihkan.

  • Minyak kelapa

Lakukan pijatan dengan beberapa tetes minyak kelapa pada ketiak. Setelah 15 menit, cuci ketiak dengan air hangat dan sabun lembut. Ulangi langkah ini dua hingga tiga kali sehari.

  • Tea tree oil

Campurkan 5 tetes tea tree oil dengan air dalam botol semprot kecil. Semprotkan ini pada ketiak, dan biarkan mengering secara alami. Lakukan setiap hari setelah mengering setelah mandi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/19/081249620/ketiak-menghitam-penyebab-dan-cara-menanganinya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.