Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari 4 Kesalahan Saat Memakai Krim Mata

KOMPAS.com - Memakai krim mata sangat penting jika kita ingin menunda timbulnya tanda-tanda penuaan.

Sebab, kulit di sekitar mata kita cenderung lebih rapuh dan rentan terhadap kekeringan dibandingkan dengan bagian wajah lainnya. Ini berarti area tersebut akan menunjukkan tanda-tanda penuaan lebih cepat.

"Krim mata diformulasikan secara khusus untuk kulit yang lebih tipis dan halus di sekitar mata kita," terang dokter kulit bersertifikat Stacy Chimento, MD.

"Selain itu, krim mata juga mengandung lebih banyak minyak daripada krim wajah [dan sering menampilkan] bahan aktif yang menargetkan masalah tertentu," sambung dia.

Meski begitu, memakai krim mata juga perlu hati-hati karena jika terjadi kesalahan maka krim mata dapat menyabotase tujuan anti-penuaan.

Berikut adalah sejumlah kesalahan dalam cara kita memakai krim mata yang justru dapat memperlihatkan tanda-tanda penuaan, seperti yang dilansir dari laman Real Simple berikut ini.

1. Mengaplikasikannya terlalu banyak

Seperti yang kita tahu, krim mata selalu dikemas dalam wadah yang lebih kecil dan jarang sekali ada yang memiliki ukuran besar.

Alasan di balik itu adalah supaya kita dapat mengaplikasikannya sedikit saja sesuai dengan yang kita butuhkan. Memakainya terlalu banyak sebenarnya bisa menjadi bumerang.

"Beberapa orang percaya bahwa semakin banyak produk yang digunakan, maka akan semakin efektif hasilnya. Namun, untuk area di bawah mata, lebih sedikit itu lebih baik," terang Dr Chimento.

"Memakai terlalu banyak produk dapat menyumbat pori-pori kita dan bahkan menyusup ke mata, serta mengiritasinya," ujar dia.

2. Tidak membiarkan produk menyerap

Chimento menyarankan kita untuk memastikan agar kita membiarkan produk apa pun itu, termasuk krim mata meresap ke kulit.

"Pastikan kita memberikannya beberapa menit untuk mengendap di kulit untuk merasakan efeknya," jelasnya.

Itu berarti kita tidak boleh melapisi terlalu banyak produk (perawatan kulit, riasan atau tabir surya yang kita gunakan di atas krim mata terlalu cepat. Demikian pula halnya sebelum tidur, biarkan krim mata menyerap dengan baik sebelum kita berbaring.

3. Mengoleskannya terlalu dekat dengan mata

Kita tidak boleh mengoleskan krim mata ke kelopak mata atau terlalu dekat dengan garis bulu mata agar tidak ada krim yang masuk untuk mencegah iritasi. Fokuslah pada area bawah mata.

4. Menginginkan hasil yang instan

Sementara beberapa krim mata dapat secara instan membuat dan meminimalkan tampilan kerutan, namun ada juga yang butuh waktu lebih lama.

Jadi, kita harus tetap memakai krim mata sesuai dengan prosesnya untuk menuai hasil yang maksimal.

Ahli kecantikan dan pendiri Glow Skincare LA, Kasey Boone pun merekomendasikan kita untuk secara rutin memakai krim mata setidaknya 30-60 hari untuk melihat hasilnya.

"Ingatlah juga bahwa krim mata bukanlah operasi plastik, jadi jangan mengharapkan perubahan yang drastis," terangnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/21/102700120/hindari-4-kesalahan-saat-memakai-krim-mata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke