Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips untuk Mencegah Pencurian Paket

KOMPAS.com - Di media sosial sedang viral video yang memperlihatkan aksi pencurian paket dari dalam rumah seorang warga.

Dalam video tersebut, terlihat seorang pria berusaha meraih paket dari dalam rumah dengan pagar terkunci dengan menyelipkan semacam tongkat ke sela-sela pagar dan berusaha menggapai paket.

Tentu saja hal ini membuat para pembeli resah dan kesal karena paket yang telah ditunggu-tunggu malah digasak pencuri sebelum sampai ke tangan kita.

Untuk menghindarinya lakukan beberapa langkah pencegahan berikut ini:

Selalu pantau pengiriman

Salah satu cara termudah untuk menghindari pencurian adalah dengan langsung mengambil paket segera setelah sampai. Mayoritas layanan pengiriman memang menawarkan informasi tracking atau pemantauan yang membuat kita dapat melacak proses pengiriman paket hingga tiba.

Bahkan, beberapa layanan pengiriman memiliki “delivery alerts” yang akan mengingatkan kita jika kendaraan kurir telah berada di alamat tujuan.

Jadi, sebisa mungkin tetaplah di rumah saat paket dijadwalkan sampai untuk membatasi waktu paket ditinggalkan di luar rumah. Lalu jika kita terpaksa meninggalkan rumah, mintalah tetangga yang dipercaya untuk mengawasi datangnya paket dan mengambilnya saat tiba.

Pilih opsi "signature required" saat melakukan checkout.

Mayoritas kurir memang akan menaruh paket di dekat pintu depan rumah. Namun, jika khawatir, kita bisa memilih opsi “signature required (butuh tanda tangan penerima) saat pengiriman, jika tersedia.

Dengan begitu, paket tak akan dikirmkan kecuali kita bisa menerimanya secara langsung.

Kendati demikian, opsi ini tidak praktis bagi yang menerima banyak paket. Pasalnya, ini bisa mengakibatkan gagalnya banyak pengiriman jika kita tak ada di rumah.

Namun, jika kita menunggu barang yang berharga, opsi ini akan sangat berguna untuk memastikan paket sampai dengan aman.

Gunakan kotak penyimpanan paket yang dapat dikunci

Pertimbangkan untuk membeli sebuah kotak penyimpanan paket guna memastikan agar paket kita tidak dibiarkan begitu saja saat tiba.

Kotak yang dapat dikunci dan ditutup ini dapat menampung banyak paket dan menawarkan perlindungan dari pencuri serta cuaca buruk.

Masukkan informasi pengiriman saat checkout belanjaan, dengan mengisi bagian "petunjuk pengiriman" agar kurir dapat mengetahui lokasi kotak dan cara mengoperasikannya.

Pasang kamera pengawas

Kamera pengawas, baik yang dapat dipasang di dekat pintu masuk atau bersatu dengan bel pintu, merupakan salah satu benda paling berguna untuk mencegah pencurian paket. Tak hanya dapat mengingatkan kita saat ada kiriman, kamera pengawas juga dapat menciduk aksi pencuri paket.

Banyak kamera pengawas yang telah dilengkapi dengan sensor gerakan dan sistem notifikasi saat seseorang ada di depan pintu tumah kita. Bahkan. Ada kamera pengawas yang memiliki kemampuan audio dua arah.

Lalu jika paket kita benar-benar dicuri, kita akan memiliki rekaman tentang insiden tersebut dan bisa menjadi bukti bagi pihak berwajib.

Bekerja sama dengan tetangga

Tetangga kita bisa menjadi perlindungan terbaik untuk melawan pencuri paket. Kita bisa bekerja sama dengan tetangga di sekitar rumah untuk saling menjaga paket masing-masing.

Grup chat antar tetangga di aplikasi chatting seperti Whatsapp atau Line dapat membantu kita untuk berkomunikasi dengan tetangga.

Jika merasa nyaman, kita juga bisa menitipkan paket pada tetangga jika kita harus berada di luar rumah, atau mintalah tetangga untuk mengambil paket dari depan pintu rumah kita jika kita tidak bisa mengambilnya langsung.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/21/121528220/5-tips-untuk-mencegah-pencurian-paket

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke